Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini

Author


Maria Dwi Sari Wahyuningrum(1Mail), Sri Watini(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 537KB]  Language: id
Published : 2022-08-10
Copyright (c) 2022 Maria Dwi Sari Wahyuningrum

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 282 times PDF Downloaded: 100 times

Abstract


Guru hendaknya membuat perencanaan dalam pembelajaran dengan memperhatikan tingkat kematangan perkembangan anak didiknya dengan menyesuaikan permainan, alat bantu serta metode pembelajaran yang akan digunakan. Bermain plastisin menjadi sebuah strategi permainan efektif bagi anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan motorik halus. Tujuan penelitian adalah inovasi model ATIK guna meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia dini. Metode kualitatif deskriptif dengan tahap analisa data Miles dan Huberman digunakan dalam penelitian ini dimana subjek penelitian siswa-siswi kelompok A usia 4-5 tahun TK WB Bekasi. Teknik Observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini membuktikan bahwa motorik halus anak usia dini meningkat melalui inovasi model ATIK dengan permainan plastisin. Hal ini disebabkan dalam kegiatan Amati yang membutuhkan konsentrasi berpikir lebih fokus sehingga ketika anak harus meniru hasil tiruannya akan sama persis dengan apa yang diperhatikan saat konsentrasi terhadap suatu obyek yang akan dilakukan, pada akhirnya anak akan mengerjakan motorik halus dengan mudah dengan hasil yang optimal.


Keywords


model atik; motorik halus; permainan plastisin

References


Adawiyah, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 883-887. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.507

Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729-1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961

Arianty, A., & Watini, S. (2022). Implementasi "Reward Asyik" untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Kelompok B di TK Yapis II Baiturrahman. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 939-944. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.515

Asriani, & Setyaningsih, T. (2022). Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Bermain. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 111-118.

Darmiatun, S., & Mayar, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327

Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 23-31. https://doi.org/10.24903/jw.v5i1.427

Fitriyah, Q. F., Purnama, S., Febrianta, Y., Suismanto, S., & 'Aziz, H. (2021). Pengembangan Media Busy Book dalam Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 719-727. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.789

Hana, D., Fitri, A., & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1011-1017. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/563

Hasana, U., Marlina, L., & Muhtarom, M. (2022). Pemanfaatan Media Plastisin terhadap Peningkatan Motorik Halus Anak pada Kelompok B PAUD Harapan Bunda di Desa Riding Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten OKI. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6 SE-), 1625-1630. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.614

Hayati, S. N., & Khamim Zarkasih Putro. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Itqan, 7(1), 1-187.

Hidayati, T., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok A melalui kegiatan Menari di TK Anak Bangsa Rawajati Pancoran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 657-661. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.479

Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556-1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911

Italiana, F., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran di TK dalam Meningkatkan Kreativitas Guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 813-816. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.486

Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (1st ed.). Kencana.

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373-390.

Lestariningrum, A., Isfauzi Hadi Nugroho, & Agustia Budiarti. (2020). Kegiatan Meremas Koran Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 106-113. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1617

Maharani, D., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini TKIT AL Wildan Bekasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 662-667. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.480

Mahmudah, D., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Motorik Halus melalui Kegiatan Menggambar dengan Model Atik di TK Pertiwi VI. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 668-672. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.481

Meriyati, M., Kuswanto, C. W., Pratiwi, D. D., & Apriyanti, E. (2020). Kegiatan Menganyam dengan Bahan Alam untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 729. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.667

Mulyati, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 652-656. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.478

Ningsih, D. Y., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak dalam Kegiatan Menggambar Menggunakan Crayon di PAUD Saya Anak Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 646-651. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.477

Pahrul, Y., & Amalia, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Bermain Plastisin Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Penitipan Anak (TPA). Journal on Teacher Education, 3(2), 31-42. https://doi.org/10.31537/jecie.v4i1.494

Palupi, R., & Watini, S. (2022). Penerapan Model Atik untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Tata Balok di PAUD Rama Rama Tangerang Selatan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 621-627. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.466

Ramon, A., & Setyaningsih, T. S. A., et al. (2021). Perbandingan Efektivitas Bermain Plastisin Dengan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1), 25-33. https://doi.org/10.38215/jutek.v3i1.36

Riyani, R., & Sultan, M. A. (n.d.). Analisis Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 Pada tingkat Sekolah Dasar. Pinisi Journal of Education, 1(1), 231-238.

Rodiah, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Permainan Konstruktif dengan Model Atik untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Assyifa Johar Baru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 640-645. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.472

Rohmah, S. K., & Gading, I. K. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Bermain Plastisin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 144. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.15740

Rosmauli, C., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis dalam Kegiatan Menggambar di TK IT Insan Mulia Pancoran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 888-894. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.510

Zahra Rosyiddin, A. A., Johan, R. C., & Mulyadi, D. (2022). Inovasi Pembelajaran Sebagai Upaya Menyelesaikan Problematika Pendidikan Indonesia. Inovasi Kurikulum, 19(1), 44–53. https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.42679

Setyowati, J., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak melalui Model Bermain "Asyik"(Reward & Yel-Yel "Asyik") di Tk Mutiara Cemerlang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 2065-2072.

Suriati, S., Kuraedah, S., Erdiyanti, E., & Anhusadar, L. O. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299

Susanti, S. M., Henny, H., & Marwah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal melalui kegiatan Eco print di masa pandemic covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1987-1996.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.775

Suwika, I. P., & Saphira, D. (2022). Pengaruh Permainan Plastisin Terhadap Pengenalan Nilai Agama Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4255-4265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1804

Tadoranggi, H., Bastiana, & Ramlah. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Metode Bermain Menggunakan Media Plastisin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 145-151.
https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i3.27255

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161-179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Watini, S. (2020). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512-1520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.899

Watini, S., Aini, Q., Hardini, M., & Rahardja, U. (2020). Drawing Competency Development Using the Atik Model in Kindergarten (TK). Solid State Technology, 63(2s), 4519-4528. http://solidstatetechnology.us/index.php/JSST/article/view/3117

Wulandari, U., Lubis, L., & Munir, A. (2021). Pengaruh Permainan Pasir Dan Permainan Plastisin Terhadap Di Paud Cemerlang Deli Serdang Tabularasa : Jurnal Ilmiah Magister Psikologi. 3(1), 29-40. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v3i1.423


Refbacks

  • There are currently no refbacks.