Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Buzz Group Discussion di TK

Author


Sartini Risky(1Mail), Erwin Azizi Jayadipraja(2), Lodes Hadju(3), Lisnawati Lisnawati(4),
Kesehatan Masyarakat,Universitas mandala Waluya, Indonesia(1)
Kesehatan Masyarakat,Universitas mandala Waluya, Indonesia(2)
Kesehatan Masyarakat,Universitas mandala Waluya, Indonesia(3)
Keperawatan, Universitas Mandala Waluya, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 209KB]  Language: en
Published : 2022-09-15
Copyright (c) 2022 Sartini Risky, erwin azizi jayadipraja, Lodes Hadju, Lisnawati Lisnawati

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 36 times PDF Downloaded: 10 times

Abstract


Mencuci tangan adalah salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada Siswa Taman Kanak-Kanak dimasa pembelajaran Tatap Muka sudah dilaksanakan. Pemberian edukan tentang mencucia tangan yang baik kepada Siswa TK dapat dilakukan dengan melakukan Pendidikan kesehatan dengan Metode Buzz Group Discussion.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode Buzz Group Discussion terhadap peningkatan pengetahuan Mencuci Tangan  padaSiswa di Taman Kanak-Kanak Negeri Idhata Kolaka. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan pra eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu One Groub Pre Test – Post Test Design dan diolah menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank. Hasil uji statistik diperoleh P-Value 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode Buzz Group Discussion terhadap tingkat pengetahuan tentang cuci tangan pada siswa di Taman Kanak-Kanak Negeri Idhata Kolaka. Buzz Group dapat meningkatkan konsentrasi para siswa dalam menerima materi serta dapat berdiskusi dan memberikan pengatahuan satu sama lainnya


Keywords


buzz group;pendidikan kesehatan; pengetahuan

References


Afifah, N. (2019). Buzz Group Technique to Promote Students Reading Comprehension. ETERNAL (English Teaching Journal), 10(1). https://doi.org/10.26877/eternal.v10i2.5128

Barkley, E., Cross, E. K. P., & Major, C. H. (2012). Collaborative Learning Techniques. Bandung: Penerbit Nusa Media.

BPS Provinsi Sultra. (2021). Kasus Kumulatif Covid-19 Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Tenggara, 2021. Retrieved July 3, 2022, https://sultra.bps.go.id/statictable/2022/04/18/3667/kasus-kumulatif-covid-19-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-sulawesi-tenggara-2021.html

Cardona, M. A. (2021). Supporting Child and Student Social, Emotional, Behavioral, and Mental Health Needs. U.S. Department of Education, 1–99. Retrieved from https://www2.ed.gov/documents/students/supporting-child-student-social-emotional-behavioral-mental-health.pdf

Dahlan, S. (2016). Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan (6th ed.). Jakarta: Epidemiologi Indonesia.

Hajbaghery, M., & Faraji, M. (2016). Comparison of effect between group discussion and educational booklet on Iranian nursing students’ attitude and practice toward patient privacy. J Educ Eval Health Prof., 13(29), 1–10. https://doi.org/10.3352/jeehp.2016.13.29

Irawan, D. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Pembelajaran Didaktif(Ceramah) Dan Sokratik (Buzz Group) Terhadap Tingkat Pengetahuan Mengenai Bahaya Perilaku Merokok Pada Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Sukawening. STIKES Bhakti Kencana. http://repository.bku.ac.id/xmlui/handle/123456789/1884

Kelvin, A. A., & Halperin, S. (2020). COVID-19 in children: the link in the transmission chain. The Lancet Infectious Diseases, 20(6), 633–634. https://doi.org/10.1016/S1473-3099(20)30236-X

Kemenkes RI. (2022). Data Ketersediaan Tempat Tidur RS COVID-19 Juli 2022. Retrieved July 2, 2022, https://www.kemkes.go.id/article/view/22070400001/Data-Ketersediaan-Tempat-Tidur-RS-COVID-19-Juli-2022.html

Larasanti, S. (2019). Using Buzz Group Technique in Writing Activity for EFL Students at Senior High School. Universitas Negeri Padang.

Nababan, S., Agushybana, F., & Suryoputro, A. (2018). Efektifitas Ceramah Booklet dan Buzz Group dalam Upaya Pencegahan Pneumonia pada Anak. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 14(1), 29. https://doi.org/10.14710/jpki.14.1.29-39

Nursalam. (2015). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Pangaribuan, T., & Manik, S. (2018). The Effect of Buzz Group Technique and Clustering Technique in Teaching Writing at the First Class of SMA HKBP I Tarutung. English Language Teaching, 11(1), 164–178. https://doi.org/10.5539/elt.v11n1p164

Sastroasmoro, S., & Ismael, S. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis.

Satria. (2021). Dampak Covid-19 terhadap Tumbuh Kembang Anak. Yogyakarta.

Siswanto, H. (2012). Pendidikan Kesehatan Unsur Utama Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Pendidikan, 5(2), 305–322. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1565

Varghese, L., Zachariah, P., Vargas, C., LaRussa, P., Demmer, R. T., Furuya, Y. E., … Saiman, L. (2018). Epidemiology and clinical features of human coronaviruses in the pediatric population. Journal of the Pediatric Infectious Diseases Society, 7(2), 151–158. https://doi.org/10.1093/jpids/pix027

Widyaningrum, E. A., Wika Admaja, W., Winduhani Astuti, L., & Masyriqoh, B. (2021). Pengaruh Usia dan Jenis Kelamin Terhadap Pengetahuan Serta Perilaku Penggunaan Suplemen di Masa Pandemi. Majalah Farmasetika, 6(Suppl 1), 49. https://doi.org/10.24198/mfarmasetika.v6i0.36675

Yulianingsih, Y., Hayati, T., Kurnia, A., & Nursihah, A. (2020). Pengenalan Covid-19 Pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita, UIN Sunan Gunung Djati. http://digilib.uinsgd.ac.id/30608


Refbacks

  • There are currently no refbacks.