Media Terivestor Karakter Animasi untuk Mengoptimalkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Author


Avivah Dwi Indarini(1Mail), Rusnilawati Rusnilawati(2),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 423KB]  Language: id
Published : 2022-08-15
Copyright (c) 2022 Avivah Dwi Indarini

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 130 times PDF Downloaded: 44 times

Abstract


Matematika merupakan pembelajaran berupa angka dan rumus yang dapat membantu anak memiliki kemampuan berhitung. Masalahnya, banyak anak yang kehilangan minat dan motivasi dalam mempelajari matematika. Hal ini dikarenakan anggapan mereka terhadap pelajaran matematika sebagai materi ajar yang sukar untuk dipelajari. Untuk situasi ini, seorang pendidik harus mampu merancang pembelajaran dengan menarik. Tujuan pada artikel ini yaitu menganalisis dan mengungkapkan keefektifan model Problem Based Learning dengan media Terivestor dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap percaya diri anak. Penggunaan pendekatan kuantitatif dengan metode Experiment membantu jalannya penelitian. Siswa SD Negeri Gandu digunakan sebagai populasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan model PBL dengan media Terivestor menunjukkan dampak yang positif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap percaya diri anak. Hasil belajar dan minat anak terhadap pembelajaran matematika mengalami peningkatan dari sebelumnya. Penelitian ini memperoleh suatu media interaktif yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap percaya diri anak

Keywords


matematika; media; model; percaya diri

References


Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, dan Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37-52. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10736

Abidin, Z., Utomo, A. C., Pratiwi, V., & Farokhah, L. (2020). Project Based Learning Literacy n Improving Students' mathematical Reasoning Abilities In Elementary Schools. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(1), 39-52.
https://doi.org/10.32934/jmie.v4i1.170

Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Jurnal, 3(2), 78-90.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.

Asnawir, U. B. (2002). Media Pembelajaran. Ciputat Pers.

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 5(1), 23-32.
https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(01), 121-129.

Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 809-816.

Ibrokhimovich, F. J. (2022). Teaching Mathematics in Elementary School: Issues and Solutions. Eurasian Journal of Learning and Academic Teaching, 4, 84-87.

Kamil, N., & Jailani. (2018). Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing dengan Pendekatan Saintifik. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 155-166. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.6845

Kampmane, K., & Ozola, A. (2022). Primary School Students' Self-Concept in Mathematics and Science: Findings from TIMSS 2019. Latvia University of Life Sciences and Technologies, 15, 132-139. https://doi.org/10.22616/REEP.2022.15.016

Lin, Yii-nii dan Chen, Y. H. (2016). Primary School Teachers' Guidance Role and Competencies in Taiwan. International Journal of Education and Social Sciences, 3(9), 76-80.

Liu, Y., & Pasztor, A. (2022). Effects of Problem-Based Learning Instructional Intervention on Critical Thinking in Higher Education: A Meta Analysis. Thinking Skill and Creativity-Elsevier, 45. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101069

Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619-2625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081

Mufidah. (2022). Perkembangan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1133-1146. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1696

Nasution, S. R., & Mujib, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 40-48.

Ningsih, S. K., Amaliyah, A., & Rini, C. P. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44-48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen beserta Analisis Statistik dengan SPSS (I). DEEPUBLISH CV Budi Utama.

Rifmasari, Y., Zein, R., & Anggraini, V. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2777-2784. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1665

Salim. (2020). Media Medan Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 7(2), 107-115. https://doi.org/10.53717/idealmathedu.v7i2.213

Sapoetra, B. P., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1044-1051. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.503

Sari, S. A., & Fauziyah, P. Y. (2022). Pengaruh Permainan Konstruktif dan Percobaan Sains terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2453-2461. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1977

Sestiani, R. A., & Muhid, A. (2021). Pentingnya Dukungan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Penyintas Bullying: Literature Review. Jurnal Tematik, 3(2), 245-251.

Simamora, R. E., Sidabutar, D. R., & Surya, E. (2017). Improving Learning Activity and Students' Problem Solving Skill Through Problem Based Learning (PBL) in Junior High School. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 321-331.

Styowati, E., & Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2472-2482. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970

Syamsiyah, L., & Diana. (2022). Efektivitas Media Fuzzy Felt untuk Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2700-2710. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1421

Tohirin. (2009). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). PT RajaGrafindo Persada.

Virk, A., Mahajan, R., & Singh, T. (2022). Conceptualizing Problem Based Learning: An Overview. International Journal of Applied and Basic Medical Research, 12(1). https://doi.org/10.4103/ijabmr.ijabmr_827_21

Wahidin, D. (2021). Identifikasi Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VI Sekolah Dasar. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1), 40-46.

Widayanti, R., & Nur'aini, K. D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema Journal, 2(1), 12-23. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480


Refbacks

  • There are currently no refbacks.