Problematika Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi Orang tua Pekerja Pabrik

Author


Wahyu Purwasih(1Mail), Ahmad Sahnan(2),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 350KB]

Published : 2023-01-10

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 318 times PDF Downloaded: 136 times

Abstract


Pandemi Covid 19 telah berimplikasi pada perubahan kebijakan pemerintah. Di sektor pendidikan, mengharuskan pembelajaran jarak jauh dari jenjang universitas hingga tingkat pendidikan dasar. Tulisan ini bermaksud menyajikan problematika yang dialami orang tua sebagai pekerja pabrik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap orang tua pekerja pabrik Desa Gombang, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan utama yang diperoleh ialah gaya pengasuhan, pemberian gadget kepada anak, strategi pembelajaran, pendampingan anak belajar, dan kurang meluangkan waktu bagi anak. Adapun cara orang tua memecahkan problematika ini ialah komunikasi antara orang tua dengan pengasuh pengganti supaya tidak terjadi kebingungan pada anak juga melatih disiplin anak kemandirian anak, orang tua membuat batasan dan aturan penggunaan gadget, mendaftarkan anak kepada bimbingan belajar atau mendatangkan guru ke rumah, dan berusaha meluangkan waktu untuk anak walaupun dalam kondisi sibuk dan lelah akibat bekerja di pabrik.   


Keywords


pembelajaran jarak jauh; orang tua pekerja pabrik; anak usia dini

References


Afrizal, A., & Ajizah, S. N. (2019). The Role of Parents in the Age of Information Technology for Early. Spektrum:Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 7(4), 472–475. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pnfi/article/view/109262

Agustina, M. R., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2146–2157. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1160

Ambarita, J., Yuniati,  Ester, & Purnamasari, I. (2021). Problematika Orang Tua dalam Menjalankan Perannya sebagai Guru Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1819–1833. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1358

Amini, I. (2006). Agar Tidak Salah Mendidik Anak. Al Huda.

Anggia, N. (2019). Dosa-dosa Orang Tua Terhadap Anak. Bitread Publishing.

Astriani, N. (2019). Pengaruh Ibu Bekerja dan Peran Ayah Terhadap Prestasi Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1), 44–51. https://doi.org/10.32832/jpls.v13i1.2778

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., Pahrul, Y., Anak Usia Dini, P., Negeri Yogyakarta, U., Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P., & Pahlawan Tuanku Tambusai, U. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. ttps://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Erika, E., Agrina, A., Novita, S., & Komariah, M. (2021). Tantangan Orang Tua Mendampingi Anak Usia 6-7 tahun Belajar di Rumah selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 252–260. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225

Febriliani, D. N., & M. R, A. (2019). Pola Asuh Orang Tua terhadap Remaja pada Keluarga Tenaga Kerja Indonesia (Studi Kasus pada Siswa-Siswi Kelas IX MTsN 5 Banyuwangi). JPPKn, 4(1), 20–25. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/669

Fitriana, I. W., Husin, A., & Tahyudin, D. (2019). Proses Pengasuhan Anak Balita pada Ibu Pekerja. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 131–138. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/view/34830

Graafland, J. H. (2018). New Technologies and 21st Century Children. OECD Education Working Papers, 179. https://doi.org/10.1787/e071a505-en

Handayani, D. S., Sulastri, A., Mariha, T., & Nurhaeni, N. (2017). Penyimpangan Tumbuh Kembang Anak dengan Orang Tua Bekerja. Jurnal Keperawatan Indonesia, 20(1), 48–55. https://doi.org/10.7454/jki.v20i1.439

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Horton, W. (2000). Designing Web-Based Training: How to Teach Anyone Anything Anywhere. Willy. https://www.researchgate.net/publication/314411149_Theory_Supporting_Design_Guidelines_for_Web-Based_Instruction

Hukkelberg, S., Keles, S., Ogden, T., & Hammerstrøm, K. (2019). The Relation between Behavioral Problems and Social Competence: A Correlational Meta-analysis. BMC Psychiatry, 19(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/s12888-019-2343-9

Irhamna, I. (2016). Analisis tentang Kendala-Kendala yang Dihadapi Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak dan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Darussalam Kota Bengkulu. Al-Bahtsu : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 56–65. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/albahtsu/article/view/355

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Meuwissen, A. S., & Englund, M. M. (2016). Executive Function in at-Risk Children : Importance of Father- Figure Support and Mother Parenting. Journal of Applied Developmental Psychology, 44, 72–80. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2016.04.002

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1993). Analisa Data Kualitatif. UI-Press.

Odame-Mensah, S., & Gyimah, E. K. (2018). The Role of Permissive and Neglectful Parenting Style in Determining the Academic Performance of Adolescents in the Senior High Schools in the Birim Municipality. Journal of Education and Practice, 9(4), 73–82. https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/41122

Riasih, T. (2018). Pola Dan Strategi Pengasuhan Anak Oleh Pekerja Migran Migran Di Kota Bandung. Pekerjaan Sosial, 17(1), 104–121. https://doi.org/10.31595/peksos.v17i1.132

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19: Problematika dan Solusi. QAWWAM, 14(1), 29–50. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/qawwam/article/view/2310

Sapta, A., Hamid, A., & Syahputra, E. (2018). Retracted: Assistance of Parents in the Learning at Home. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012020

Sari, D. A. (2016). Children’s Gross Motor: After-school Activities And Mother’s Role at Home (A Survey Study of Kindergarten Group A, at Pondok Aren District, Tangerang Selatan, Banten Province, Indonesia). Proceedings of the 3rd International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2016), 494–499. https://doi.org/10.2991/ICECE-16.2017.86

Sari, D. A., Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., Tarihoran, T. A., & Bahfen, M. (2021). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19, “Dirumah Saja.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 476–489. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.584

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Singhal, N., McMillan, D. D., Savich, R., Matovelo, D., Santorino, D., & Kamath-Rayne, B. D. (2020). Development and impact of helping babies breathe educational methodology. Pediatrics, 146(4). https://doi.org/10.1542/peds.2020-007294

Sugiono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Syahrul, & Nurhafizah. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Wingfield, B. (2011). Juggling The Demands of a Career and Motherhood: Perspectives of an Academic in Science. S Afr J Sci, 107(9), 865. https://doi.org/10.4102/sajs.v107i9/10.865

Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases (Covid 19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 180–192. https://doi.org/10.30604/well.95212020

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orang tua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127


Refbacks

  • There are currently no refbacks.