
Author
Wahyu Purwasih(1

Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia(2)

Article Analytic |
Published : 2023-01-10
Copyright (c) 2023 wahyu purwasih, ahmad sahnan
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 280 times
PDF Downloaded: 100 times
Abstract
Pandemi Covid 19 telah berimplikasi pada perubahan kebijakan pemerintah. Di sektor pendidikan, mengharuskan pembelajaran jarak jauh dari jenjang universitas hingga tingkat pendidikan dasar. Tulisan ini bermaksud menyajikan problematika yang dialami orang tua sebagai pekerja pabrik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap orang tua pekerja pabrik Desa Gombang, observasi, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan utama yang diperoleh ialah gaya pengasuhan, pemberian gadget kepada anak, strategi pembelajaran, pendampingan anak belajar, dan kurang meluangkan waktu bagi anak. Adapun cara orang tua memecahkan problematika ini ialah komunikasi antara orang tua dengan pengasuh pengganti supaya tidak terjadi kebingungan pada anak juga melatih disiplin anak kemandirian anak, orang tua membuat batasan dan aturan penggunaan gadget, mendaftarkan anak kepada bimbingan belajar atau mendatangkan guru ke rumah, dan berusaha meluangkan waktu untuk anak walaupun dalam kondisi sibuk dan lelah akibat bekerja di pabrik.
Keywords
References
Afrizal, A., & Ajizah, S. N. (2019). The Role of Parents in the Age of Information Technology for Early. Spektrum:Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 7(4), 472–475. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pnfi/article/view/109262
Agustina, M. R., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2146–2157. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1160
Ambarita, J., Yuniati, Ester, & Purnamasari, I. (2021). Problematika Orang Tua dalam Menjalankan Perannya sebagai Guru Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1819–1833. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1358
Amini, I. (2006). Agar Tidak Salah Mendidik Anak. Al Huda.
Anggia, N. (2019). Dosa-dosa Orang Tua Terhadap Anak. Bitread Publishing.
Astriani, N. (2019). Pengaruh Ibu Bekerja dan Peran Ayah Terhadap Prestasi Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1), 44–51. https://doi.org/10.32832/jpls.v13i1.2778
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., Pahrul, Y., Anak Usia Dini, P., Negeri Yogyakarta, U., Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P., & Pahlawan Tuanku Tambusai, U. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414–421. ttps://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Erika, E., Agrina, A., Novita, S., & Komariah, M. (2021). Tantangan Orang Tua Mendampingi Anak Usia 6-7 tahun Belajar di Rumah selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 252–260. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225
Febriliani, D. N., & M. R, A. (2019). Pola Asuh Orang Tua terhadap Remaja pada Keluarga Tenaga Kerja Indonesia (Studi Kasus pada Siswa-Siswi Kelas IX MTsN 5 Banyuwangi). JPPKn, 4(1), 20–25. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/669
Fitriana, I. W., Husin, A., & Tahyudin, D. (2019). Proses Pengasuhan Anak Balita pada Ibu Pekerja. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 131–138. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc/article/view/34830
Graafland, J. H. (2018). New Technologies and 21st Century Children. OECD Education Working Papers, 179. https://doi.org/10.1787/e071a505-en
Handayani, D. S., Sulastri, A., Mariha, T., & Nurhaeni, N. (2017). Penyimpangan Tumbuh Kembang Anak dengan Orang Tua Bekerja. Jurnal Keperawatan Indonesia, 20(1), 48–55. https://doi.org/10.7454/jki.v20i1.439
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Horton, W. (2000). Designing Web-Based Training: How to Teach Anyone Anything Anywhere. Willy. https://www.researchgate.net/publication/314411149_Theory_Supporting_Design_Guidelines_for_Web-Based_Instruction
Hukkelberg, S., Keles, S., Ogden, T., & Hammerstrøm, K. (2019). The Relation between Behavioral Problems and Social Competence: A Correlational Meta-analysis. BMC Psychiatry, 19(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/s12888-019-2343-9
Irhamna, I. (2016). Analisis tentang Kendala-Kendala yang Dihadapi Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak dan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Darussalam Kota Bengkulu. Al-Bahtsu : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 56–65. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/albahtsu/article/view/355
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Meuwissen, A. S., & Englund, M. M. (2016). Executive Function in at-Risk Children : Importance of Father- Figure Support and Mother Parenting. Journal of Applied Developmental Psychology, 44, 72–80. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2016.04.002
Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1993). Analisa Data Kualitatif. UI-Press.
Odame-Mensah, S., & Gyimah, E. K. (2018). The Role of Permissive and Neglectful Parenting Style in Determining the Academic Performance of Adolescents in the Senior High Schools in the Birim Municipality. Journal of Education and Practice, 9(4), 73–82. https://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/41122
Riasih, T. (2018). Pola Dan Strategi Pengasuhan Anak Oleh Pekerja Migran Migran Di Kota Bandung. Pekerjaan Sosial, 17(1), 104–121. https://doi.org/10.31595/peksos.v17i1.132
Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19: Problematika dan Solusi. QAWWAM, 14(1), 29–50. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/qawwam/article/view/2310
Sapta, A., Hamid, A., & Syahputra, E. (2018). Retracted: Assistance of Parents in the Learning at Home. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012020
Sari, D. A. (2016). Children’s Gross Motor: After-school Activities And Mother’s Role at Home (A Survey Study of Kindergarten Group A, at Pondok Aren District, Tangerang Selatan, Banten Province, Indonesia). Proceedings of the 3rd International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2016), 494–499. https://doi.org/10.2991/ICECE-16.2017.86
Sari, D. A., Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., Tarihoran, T. A., & Bahfen, M. (2021). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19, “Dirumah Saja.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 476–489. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.584
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Singhal, N., McMillan, D. D., Savich, R., Matovelo, D., Santorino, D., & Kamath-Rayne, B. D. (2020). Development and impact of helping babies breathe educational methodology. Pediatrics, 146(4). https://doi.org/10.1542/peds.2020-007294
Sugiono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Syahrul, & Nurhafizah. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Wingfield, B. (2011). Juggling The Demands of a Career and Motherhood: Perspectives of an Academic in Science. S Afr J Sci, 107(9), 865. https://doi.org/10.4102/sajs.v107i9/10.865
Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases (Covid 19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 180–192. https://doi.org/10.30604/well.95212020
Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orang tua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127
Refbacks
- There are currently no refbacks.