Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card

Author


Syah Khalif Alam(1Mail), Ririn Hunafa Lestari(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi,
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 234KB]

Published : 2019-11-26

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 10657 times PDF Downloaded: 3215 times

Abstract


Pemerolehan bahasa pada anak usia dini dimulai melalui pendengaran yang anak dengar di sekitarnya yang disebut dengan bahasa reseptif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui media pembelajaran yang dapat mengembangka bahasa reseptif anak dalam memperkenalkan bahasa Inggris sebab anak yang hidup di zaman 21 dituntut untu menjadi generasi yang siap bersaing secara internasional. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus di salah satu sekolah di Cimahi. Setelah dilakukan penelitian, peneliti memperoleh hasil bahwa sekolah tersebut menggunakan flashcardsebagai media pembelajaran dalam mengembangkan bahasa reseptif yaitu mendengar dan membaca sebab anak-anak memperhatikan kosakata dan mengucapkan kembali kosa kata tersebut dengan proses membaca gambar flashcard. Maka dari itu,flashcarddiperlukan guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak khususnya dalam mengembangkan bahasa reseptif dalam memperkenalkan bahasa Inggris

Keywords


flash cards; bahasa reseptif; anak usia dini; bahasa inggris

References


Alam, S. K. (2018). Efforts To Increase The Teacher's Group Teacher Competency Through The Teacher Work Groups In Central Bakung Cimahi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 16. DOI: 10.22460/p2m.v5i2p106-113.1061

Asilestari, P. (2016). Komputer Interaktif Sebagai Media Pengajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal Paud Tambusai, 2(1), 5562. DOI: 10.31004/obsesi.v2i1.59

Astuti, W., & Habibah, U. (2015). Peningkatan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Pembelajaran Interaktif Di Kelompok A TK Pertiwi I Jirapan 2014/2015. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers, ISBN: 978-(2), 323332.

Azis, A. (2016). Pemanfaatan Komputer dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia.

Basheer Nomass, B. (2013). The Impact of Using Technology in Teaching English as a Second Language. English Language and Literature Studies, 3(1), 111116. https://doi.org/10.5539/ells.v3n1p111

Chang, S.-Y. (2012). Young Learner English Language Policy and Implementation: International Perspectives edited by Janet Enever, Jayne Moon and Uma Raman. World Englishes, 31(3), 406408. https://doi.org/10.1111/j.1467-971x.2012.01766.x

Creswell, J. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Dewi, E. K. (2016). Pemanfaatan Komputer dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuatitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Hancock, D. ., & Algozzine, R. (2006). Doing Case Study Research: A Pratical Guide for Beginning.

Hernawati, T. (2007). Pengembangan Kemampuan Berbahasa Dan Berbicara Anak Tunarungu. Juni, 7(1), 101110.

Jazuly, A. (2015). Peran bahasa inggris pada anak usia dini. Prosiding SimposiumNasional Riset Pendidikan II, (10).

Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178

Muoz, C. (2009). Input and long-term effects of early learning in a formal setting. The Age Factor and Early Language Learning, 141160. https://doi.org/10.1515/9783110218282.141

Nasution, S. (1996). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Penerbit Tarsito.

Scheffler, P. (2015). Introducing very young children to English as a foreign language. International Journal of Applied Linguistics (United Kingdom), 25(1), 122. https://doi.org/10.1111/ijal.12035

Shehadeh, I. I. A., & Farrah, M. A. A. (2016). The Effectiveness of Using Children s Songs in Developing Elementary Graders English Vocabulary and Pronunciation in Jerusalem , Palestine. Creative Practices in Language Learning and Teaching (CPLT), 4(2).

Sitompul, E. Y. (2013). Teaching Vocabulary Using Flashcard and Word List. Journal of English and Education, 1(1), 5258.

Sophya, I. V. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(2), 251. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i2.4639

Stakanova, E., & Tolstikhina, E. (2014). Different Approaches to Teaching English as a Foreign Language to Young Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 146, 456460. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.08.154

Taghizadeh, M., Street, H., Square, R., Vaezi, S., Street, H., Square, R., Square, R. (2015). Digital Games, Songs and Flashcards and their Effects on Vocabulary Knowledge of Iranian Preschoolers, 156171.

Tan, A., & Nicholson, T. (1997). Flashcards Revisited: Training Poor Readers to Read Words Faster Improves Their Comprehension of Text. Journal of Educational Psychology, 89(2), 276288. https://doi.org/10.1037/0022-0663.89.2.276

Tirtayani, L. A., Magta, M., & Lestari, N. G. A. M. Y. (2017). Teacher Friendly E-Flashcard: a Development of Bilingual Learning Media for Young Learners. Journal of Education Technology, 1(1), 18. https://doi.org/10.23887/jet.v1i1.10080

Wahyudin, U., & Agustin, M. (2011). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini Panduan Guru, Tutor, Fasilitator dan Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT. Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.