Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini

Ika Kurnia Sofiani(1), Titin Mufika(2Mail), Mufaro’ah Mufaro’ah(3),
(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, Indonesia
(2) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, Indonesia
(3) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 titin muf ika

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2019-10-09
Published : 2020-02-08

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bias gender orang tua terhadap anak usia dini dan dampaknya terhadap perkembangan anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Analisis data, dapat dilihat bahwa ada bias gender dalam pengasuhan anak usia dini yaitu 65,31%. Kemudian hasil analisis lebih lanjut bahwa terdapat perbedaan tingkat bias gender dalam pola asuh adalah pola asuh permisif 29,61%, pola asuh demokratis 22,01% dan pola asuh otoriter 55,14%. Dapat disimpulkan bahwa bias gender dalam pola asuh orang tua terhadap anak usia dini cenderung lebih dipraktikkan oleh orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter. Adapun dampak bias gender dalam merawat anak-anak pada perkembangan dan pertumbuhan anak ada kecemburuan pada anak-anak yang mengakibatkan anak-anak membandingkan diri mereka dengan saudara kandung, kurang percaya diri, cemburu, gangguan emosional (bad mood), menjadi anak yang pemberontak (sulit untuk mengatur), gangguan perilaku (agresif, hiperaktif)


Keywords


bias gender; pola asuh; anak usia dini

References


Abdul Gani Jamora Nasution. (2015). Bias Gender Dalam Pelajaran SKI Tingkat Madrasah Ibtidaiyah. In Tesis.

Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65. Retrieved from repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.3

Anisah. (2011). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 70–84.

Cossio, M. L. T., Giesen, L. F., Araya, G., Pérez-Cotapos, M. L. S., Vergara, R. L., Manca, M., … Héritier, F. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Uma Ética Para Quantos? https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Gonibala, O. R. (2007). Fenomena Bias Gender Dalam Pendidikan Islam. 4, 29–45.

Handayani, D. S., Sulastri, A., Mariha, T., & Nurhaeni, N. (2017). Penyimpangan Tumbuh Kembang Anak dengan Orang Tua Bekerja. Jurnal Keperawatan Indonesia. https://doi.org/10.7454/jki.v20i1.439

Hidayati, N. I. (2014). Pola Asuh Otoriter Orang Tua , Kecerdasan Emosi ,. Jurnal Psikologi Indonesia. https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.364.

Human Development Report 2015. (2016). In Human Development Report 2015. https://doi.org/10.18356/ea1ef3b1-en

Ismail, M., Sumarni, T., & Sofiani, I. K. (2019). Pengaruh Gawai Dalam Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini (Studi Kasus Orang Tua dari Anak Usia 5 Tahun di TKIT Ibu Harapan Kecamatan Bengkalis). AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 11(1), 96. https://doi.org/10.35445/alishlah.v11i1.104

Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2012). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.261

Maslamah, M., & Muzani, S. (2014). Konsep-Konsep Tentang Gender Perspektif Islam. Sawwa: Jurnal Studi Gender, Vol. 9, p. 275. https://doi.org/10.21580/sa.v9i2.636

Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan. https://doi.org/10.20527/dk.v5i1.3643

Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Intelektualita, 5(1), 1. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720

Pebriana, P. H. (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Pusat Bahasa Depertemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Retrieved from https://jurnal-oldi.or.id/public/kbbi.pdf

Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnalbimbingan Konseling Isla. https://doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037

Respati, W. S., Yulianto, A., & Widiana, N. (2006). Perbedaan Konsep Diri Antara Remaja Akhir Yang Mempersepsi Pola Asuh Orang Tua Authorian, Permissive dan Authoritative. Jurnal Psikologi. http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-4977-ibuwin.pdf.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suteja, J. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331

Tengah, J. (2015). Pendidikan Sensitif Gender dalam Islam : 8(2), 274–277.

Vega, A. De, Hapidin, H., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.227

Wulandari, R., Ichsan, B., & Romadhon, Y. A. (2017). Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia Dini Di Kecamatan Peterongan Jombang. Biomedika. https://doi.org/10.23917/biomedika.v8i1.2900


Article Metrics

 Abstract Views : 351 times
 PDF Downloaded : 126 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.