Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang

Suriati Suriati(1), St Kuraedah(2), Erdiyanti Erdiyanti(3), La Ode Anhusadar(4Mail),
(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Kendari, Indonesia
(2) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Kendari, Indonesia
(3) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Kendari, Indonesia
(4) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Kendari, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Suriati Suriati, St Kuraedah, Erdiyanti Erdiyanti, La Ode Anhusadar

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299


Submitted : 2019-10-03
Published : 2019-11-07

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran motorik halus anak dan untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan mencetak. Metode penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan di TK Nurul Ilmi Desa Roko-Roko. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B pada TK Nurul Ilmi Desa Roko-Roko yang  berjumlah 15 orang. Teknik Pengumpulan data adalah teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah gambaran perkembangan motorik halus pada anak Kelompok B TK Nurul Ilmi pada kondisi awal menunjukan bahwa kemampuan motorik halus anak masih sangat rendah dikarenakan keterbatasan media pembelajaran. Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan mencetak menggunakan pelepah  pisang pada anak kelompok B di TK Nurul Ilmi pada tes awal secara klasikal mencapai 40% atau 6 orang anak didik dari 15 orang anak didik berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Setelah tindakan siklus I keberhasilan secara klasikal menjadi 53,3% atau 8 orang anak didik dari 15 orang anak didik, 8 orang anak didik berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus II meningkat 93,3% yaitu 14 orang anak didik dari 15 orang anak didik berada pada Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 6 orang dan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) 8 orang


Keywords


motorik halus anak; mencetak; pelapah pisang

Article Metrics

 Abstract Views : 92 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.