Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang

Suriati Suriati(1), St Kuraedah(2), Erdiyanti Erdiyanti(3), La Ode Anhusadar(4Mail),
(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Kendari, Indonesia
(2) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Kendari, Indonesia
(3) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Kendari, Indonesia
(4) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Kendari, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Suriati Suriati, St Kuraedah, Erdiyanti Erdiyanti, La Ode Anhusadar

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-10-03
Published : 2019-11-07

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran motorik halus anak dan untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan mencetak. Metode penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan di TK Nurul Ilmi Desa Roko-Roko. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B pada TK Nurul Ilmi Desa Roko-Roko yang  berjumlah 15 orang. Teknik Pengumpulan data adalah teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah gambaran perkembangan motorik halus pada anak Kelompok B TK Nurul Ilmi pada kondisi awal menunjukan bahwa kemampuan motorik halus anak masih sangat rendah dikarenakan keterbatasan media pembelajaran. Peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan mencetak menggunakan pelepah  pisang pada anak kelompok B di TK Nurul Ilmi pada tes awal secara klasikal mencapai 40% atau 6 orang anak didik dari 15 orang anak didik berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Setelah tindakan siklus I keberhasilan secara klasikal menjadi 53,3% atau 8 orang anak didik dari 15 orang anak didik, 8 orang anak didik berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus II meningkat 93,3% yaitu 14 orang anak didik dari 15 orang anak didik berada pada Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 6 orang dan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) 8 orang


Keywords


motorik halus anak; mencetak; pelapah pisang

References


Alim, Melvi Lesmana. 2015. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Melambungkan Dan Menangkap Dengan Berbagai Media Anak Usia Dini Di TK Al- Fajar Pekanbaru.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(2):83–93.

Amriliyanto, Ainun. 2013. “Pembelajaran Chaning Bermedia Origami Pembelajaran Chaining Bermedia Origami Terhadap Kemempuan Motorik Halus Anak Tungarhita Sedang.” Pendidikan Luar Biasa 1:1–8.

Aquarisnawati, Puri. 2011. “Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Bender Gestalt.” INSAN 13(03):149–56.

Choiriyah, Nur Lailatul. 2009. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Kegiatan Mencetak Pada Anak Usia 3 – 4 Tahun.” Jurnal Mahasiswa Unesa 1(1):1–7.

Farida, Farida. 2018. “Upaya Mengoptimlkan Perkembangan Anak Usia Dini.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 2(1):1.

Fauziani, Nabila and Atin Fatimah. 2017. “Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mencetak Dengan Bahan Alam.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini 4(2):125.

Indraswari, Lolita. 2014. “Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam.” Pesona PAUD 1(1):1–13.

Juniari, Ni Wayan, Made Putra, and Ni Nyoman Ganing. 2016. “Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Mencetak Berbantuan Bahan Alam Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 4(2).

Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Bermain Sambil Belajar Dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.

Nurani, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

La Ode Anhusadar, Islamiyah. 2019. “Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Opportune Parks for Early Children in Kendari City.” Obsesi 3(1):102–9.

La Ode Anhusadar. 2016. “Jurnal Al-Ta’dib.” Al-Ta’dib 9(1):76–93.

Rakimahwati, Nora Agus Lestari, Sri Hartati. 2018. “Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak.” 2(1):102–10.

Remida Sagala, Kamtini. 2019. “Pengaruh Kegiatan Mencetak Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Di TK Assisi Medan Tahun Ajaran 2018 / 2019.” Usia Dini 5(2):29–38.

Ristiani, Desi and Badroeni Badroeni. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mencetak Dengan Menggunakan Bahan Alam.” Jurnal Pelita PAUD 2(1):104–17.

Saminanto. 2010. Ayo Praktek PTK. Semarang: Rasail Media Group.

Sari, Effi Kumala. 2014. “Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Dari Bahan Bekas Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Simpang IV Agam.” Pesona PAUD 1(1):1–11.

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Supriyenti, Adi. 2013. “Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Melalui Kegiatan Mencetak Dengan Bahan Alam Di PAUD Aisyiyah Lansano Pesisir Selatan.” Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS) 1(2):15–34.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Wahyuni, Ni Nyoman Rai, I. G. .. AGung Sri Asri, and Ni Wayan Suniarsih. 2014. “Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 2(1).

Wahyuni, Sri Esti. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineke Cipta.


Article Metrics

 Abstract Views : 155 times
 PDF Downloaded : 19 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.