Implementasi Pengenalan Kosakata Bahasa Arab pada Anak Usia 5-6 Tahun

Author


Hafizhatul Munawwarah(1Mail), Hibana Hibana(2),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 553KB]  Language: id
Published : 2022-08-15
Copyright (c) 2022 Hafizhatul Munawwarah, Hibana Yusuf

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 449 times PDF Downloaded: 143 times

Abstract


Bahasa Arab memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan islam, pada era saat ini memiliki kemampuan berbahasa asing merupakan hal yang  mampu menambah kecakapan hidup seseorang. Mengimplementasikan pengenalan bahasa Arab sejak dini akan memberikan dampak yang baik untuk anak menuju jenjang pendidikan selanjutnya. Menggunakan metode kualitatif penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi bahasa Arab pada anak. Sumber data yang didapat dari wawancara, observasi dan dokumentasi, subjek penelitian pada penelitian ini adalah pendidik dan anak anak kelas B TK Tunas Bangsa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara pendidik dan dokumentasi foto, lalu dianalisis dengan model Miles and Hubermen. Dari penelitian ini didapatkan bahwa perencanaan, pelaksanaan dan penilaian merupakan hal yang berhubungan dalam implementasi pengenalan bahas Arab,  perencanaan dalam memilih kosakata dan metode yang akan digunakan dalam proses pelaksanaan setelah itu lalu dilakukan penilaian atas pelaksanaan yang telah dilakukan.


Keywords


implementasi; kosakata; bahasa arab

References


Ana Riskasari. (2017). Pembelajaran Mufradat Kosakata Bahasa Arab Dengan Menggunakan Media Word Wall. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Anggraini, W., & Kuswanto, C. (2019). Teknik Ceklist Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Di RA. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 61-70

Bawono, Y. (2017). Kemampuan Berbahasa Pada Anak Prasekolah: Sebuah Kajian Pustaka. Peran Psikologi Perkembangan Dalam Penumbuhan Humanitas Pada Era Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1(2017)

Burhan Bugin. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Persada].

Candra, S. (2018). Pelaksanaan Parenting Bagi Orang Tua Sibuk Dan Pengaruhnya Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 267. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3475

Caroline T. Linse . (2005). Practical English Language Teaching Young Learners. Mc. Graw-Hill Companies, Inc.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 7. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dika Yulia Sartika. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi Di Paud Madani Gampong Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(1).

Dimyati, J. (2014). Metotologi Penelitian: Pendekatan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.

Dimyati, Johni. (2013). Metodelogi Pendidikan & Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Kencana.

Durtam. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Berbasis Tema Pada Anak Usia Dini. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 8(1).

Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan :Kuantitatif & Kualitatif. Rajawali Pers.

Fitri, A. E. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Penelitian Deskriptif Kuantitatif Di Paud It Auladuna Kota Bengkulu). Jurnal Potensia, 2(1), 13.

Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2020). Tpr (Total Physical Response) Method On Teaching English To Early Childhood. Early Childhood Education And Development Journal, 2(1), 9. https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i1.45167

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal ashri Publishing.

Hartani, A. L. (2012). The Effectiveness Of Mime Game In Teaching English Grammar. Teaching English For Young Learners In Indonesia (Teylin).

Huda, K., & Munastiwi, E. (2020). Strategi Orang Tua Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2), 80. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i2.670

Jaeni, M. (2010). Pola Unik Bahasa Al-Qur'an. Religia: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(1), 15. https://doi.org/10.28918/religia.v13i1.174

Masganti. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. Kencana

Masitoh. (2007). Strategi Pembelajaran Tk. Universitas Terbuka.

Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nah, K.-O. (2014). Comparative Study Of Child Assessment Practices In English And Korean Preschools. European Early Childhood Education Research Journal, 22(5), 660-678. https://doi.org/10.1080/1350293X.2014.919780

Nurlaili. (2019). Implementasi Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini Di Ra Khairin Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 7(1).

Nurul Komariah. (2019). Penggunaan Metode Bercakap-Cakap Dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (3 Ed.). Prenadamedia Group.

Paz-Albo, J., & Rodríguez, M. De Las M. G.-A. (2016). English Teaching Methodologies For Early Childhood Education. Revista Internacional De Didáctica Y Organización Educativa.

Putra , N., & Dwilestari, N. (2013). Penelitian Kualitatif Paud. Rajagrafindo Persada.

Rina, G., & Karmila, M. (2020). Pendidikan Keterampilan Hidup (Life Skill) Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Keluarga. Tematik: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 53. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15473

Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal Pg-Paud Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 7.

Sühendan Er. (2013). Using Total Physical Response Method In Early Childhood Foreign Language Teaching Environments. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 93, 1766-1768. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.113

Suryaningsih. (2015). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Lembaga Paud Melati Ii Madiun Tahun Ajaran 2015/2016. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Windarsih, C. A., Jumiatin, D., Efrizal, E., Sumini, N., & Utami, L. O. (2017). Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Dikota Cimahi Jawa Barat. P2m Stkip Siliwangi, 4(2), 7. https://doi.org/10.22460/p2m.v4i2p7-11.636

Zukhaira, Z. (2011). Pengenalan Bahasa Arab Melalui Nyanyian Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk Islam "Mutiara Hati". Jurnal Abdimas, 14(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.