Pengenalan Mitigasi Bencana Banjir untuk Anak Usia Dini melalui Media Digital Video Pembelajaran

Author


Yuliani Nurani(1Mail), Hapidin Hapidin(2), Catur Wulandari(3), Elas Sutihat(4),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 437KB]  Language: id
Published : 2022-09-14
Copyright (c) 2022 Yuliani Nurani, Catur Wulandari

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 53 times PDF Downloaded: 25 times

Abstract


Banjir merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Mitigasi bencana banjir perlu dilakukan sebagai langkah kesiapsiagaan sebelum bencana tersebut terjadi. Pengenalan mitigasi bencana banjir dapat diberikan mulai dari usia dini dengan cara yang mudah dipahami anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan mitigasi bencana banjir melalui pemanfaatan media digital video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif agar hasil penelitian dapat dideskripsikan secara faktual dan juga mendalam. Subjek penelitian ini adalah 10 anak TK B di salah satu kelas PAUD di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital dalam bentuk video dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk mengenalkan mitigasi bencana banjir pada anak usia dini. Anak semakin paham dengan bencana banjir dan faktor resikonya setelah melihat media digital video pembelajaran. Pengembangan program mitigasi bencana banjir dalam bentuk media digital video pembelajaran terbukti menumbuhkan pengetahuan dan juga sikap anak usia dini agar tanggap bencana sedari dini. Implementasi program mitigasi bencana melalui video pembelajaran memiliki beberapa manfaat diantaranya mudah diakses, mudah digunakan, bersifat general, dan dapat digunakan di banyak tempat


Keywords


anak usia dini; mitigasi; bencana banjir; media digital; video pembelajaran

References


Amri, A., Bird, D. K., Ronan, K., Haynes, K., & Towers, B. (2017). Disaster risk reduction education in Indonesia: Challenges and recommendations for scaling up. Natural Hazards and Earth System Sciences, 17(4), 595–612. https://doi.org/10.5194/nhess-17-595-2017

Cherrington, S., & Loveridge, J. (2014). Using video to promote early childhood teachers’ thinking and reflection. Teaching and Teacher Education, 41, 42–51. https://doi.org/10.1016/j.tate.2014.03.004

Fukkink, R. G., & Tavecchio, L. W. C. (2010). Effects of Video Interaction Guidance on early childhood teachers. Teaching and Teacher Education, 26(8), 1652–1659. https://doi.org/10.1016/j.tate.2010.06.016

Hapsari, R. I., & Zenurianto, M. (2016). View of Flood Disaster Management in Indonesia and the Key Solutions. American Journal of Engineering Research, 5(3), 140–151.

Khambali, K., Inten, D. N., Mulyani, D., Lichandra, F., & Tiwi, D. (2022). Peran Orang Tua terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini di Masa Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1881–1896. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1866

Kurniati, E., Adriany, V., Mirawati, M., El-Seira, R. M., & Winangsih, I. (2020). Identifikasi Kesiapsiagaan Guru PAUD sebagai Upaya Pengurangan Risiko Bencana Banjir di Bandung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 840–850. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.388

Maranatha, J. R., & Putri, D. I. H. (2022). Empati Anak Usia Dini: Pengaruh Penggunaan Video Animasi dan Big Book di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1991–1999. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1881

Mardhian Ningrum, A., Tri Sayekti, & Ratih Kusumawardani. (2021). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(4), 179–192. https://doi.org/10.14421/jga.2021.64-02

Mohamed, S., Ebenehi, I. Y., Adaji, A., Seow, T. W., Chan, N. W., Goh, K. C., & Abd Rahim, M. H. I. (2017). Impacts of flood on children and adults’ health and ways to sustainable development. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 271(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1757-899X/271/1/012025

Muntiani, T., Karim, M. B., & Nazarullail, F. (2021). Introducing Discipline to Children Aged 4-5 Years. Child Education Journal, 3(3), 162–168. https://doi.org/10.33086/cej.v3i3.2436

Proulx, K., & Aboud, F. (2019). Disaster risk reduction in early childhood education: Effects on preschool quality and child outcomes. International Journal of Educational Development, 66(October 2017), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2019.01.007

Purwani, A., & Nurfadilah, N. (2018). Kesiapsiagaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Bencana Banjir. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 23–39. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.564

Qurrotaini, L., & Nuryanto, N. (2020). Implementasi Pendidikan Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Dalam Pembelajaran IPS SD. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(01), 37–44. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i01.885

Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36–50. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519

Rosmiati, A., Kurniawan, R. A., Panindias, A. N., & Prilosadoso, B. H. (2020). Aspects of Visual Communication Design in Animated Learning Media for Early Childhood and Kindergarten. International Journal of Social Sciences, 3(1), 122–126.

Styowati, E., & Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2472–2482. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970

Taib, B., & Mahmud, N. (2022). Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1799–1810. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1842


Refbacks

  • There are currently no refbacks.