Pengaruh Metode Bernyanyi Berbasis Sumbang Duo Baleh Terhadap Karakter Anak Usia 5-6 Tahun

Author


Mahdaleni Mahdaleni(1Mail), Hadiyanto Hadiyanto(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 220KB]  Language: id
Published : 2022-09-01
Copyright (c) 2022 Mahdaleni Mahdaleni, Hadiyanto Hadiyanto

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 48 times PDF Downloaded: 19 times

Abstract


Karakter yaitu perpaduan antara moral etika dan akhlak yang merupakan sifat yang ditunjukkan oleh masing-masing individu yang nyata dan berbeda. Berdasarkan observasi dan wawancara di TK Al Azhar ditemukan bahwa anak kurang terstimulasi dalam pembentukan sikap dan perilaku seperti dalam bertingkahlaku, berucap, bersikap sopan dan santun dalam kegiatan bermain dan belajar. Tujuan penelitian ini yaitu melihat pengaruh dari metode bernyanyi berbasis sumbang duo baleh terhadap pengembangan karakter anak usia 5-6 tahun. Metode yang dicobakan/treatment yaitu metode bernyanyi lagu berbasis Sumbang Duo Baleh. Jenis metode penelitian ini yaitu kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen, sebagai acuan cluster sampel dengan model total sampling, sampel penelitian ini  terdiri  dari kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing kelas berjumlah 22. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tes secara langsung, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen besar dibanding  pada kelas kontrol . Jadi terdapat kesimpulannya yaitu metode bernyanyi berbasis sumbang duo baleh berpengaruh terhadap karakter anak usia 5-6 tahun


Keywords


metode bernyanyi; sumbang duo baleh; karakter; anak usia 5-6 tahun

References


Ahmad Nizar Rangkuti. (2014). Metodologi penelitian. Citapustaka Media.

Aisyah. (2018). Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasinya). Prenadamedia Grup.

Amini, M., & Mariyati, M. (2021). Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini melalui Pemberian Penguatan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2101-2113. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1128

Fimansyah, W. (2021). Internalisasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Minangkabau Untuk Generasi Muda. Buddayah: Jurnal Pendidikan Antropologi, 2(2), 97-104.

Hadiyanto. (2015). Integrasi Pendidikan Karakter di SMP Pondok Pesantren Modern Nurul Ikhlas Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Ilmu Pendidikan, XIII(2), 62-66.
https://doi.org/10.24036/pedagogi.v15i2.5834

Hikmat, A. (2017). Nilai Pendidikan Karakter Pada Lirik Lagu Anak-Anak Tempo Dulu. Prosiding Seminar Antarbangsa Ke-5, 1.

Ibrahim, D. S. D. (2014). Tambo Alam Minangkabau Tatanan Adat Warisan Nenek Moyang Orang Minangkabau. Kristal Multimedia.

Jambak, F., & Eliza, D. (2020). The Model Development of Picture Story Books Sumbang Kurenah Through Minangkabau Culture Literacy for Early Childhood Character Building. Proceedings of the International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2019), 44(Icece 2019), 168-169. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.008

Lickona. (2013). The Character Matters.PT Bumi Aksara.

Mardiah, L. Y., & Ismet, S. (2021). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 402-408.

Mislikhah, S. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Lagu Anak. GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 60-74. https://doi.org/10.35719/gns.v2i1.39

Nahak, H. M. . (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65-76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(1), 464-468.

Prasanti, D., & Fitrianti, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, 2(1), 15. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2

Purwanto, S. (2019). Penanaman Nilai Karakter pada Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Berbasis Musik dan Lagu Model. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4663

Raharjo, Itot Bian, Warih Handayaningrum, A. A. A. (2021). Pengembangan dan Pemanfaatan Tema Pembelajaran dalam Penggubahan dan Penciptaan Lagu Anak Usia Dini. Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 4(1), 2622-0407). https://doi.org/10.26740/vt.v4n1.p58-69

Rifqiyati, C. (2012). Kurikulum, pedoman dan Model pembelajaran PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal. PP Aisyiyah: Jakkarta.

Riwanti, D. W., Hardika, H., & Dayati, U. (2017). Pemahaman Pendidik tentang Makna Lagu Anak-Anak sebagai Pembentuk Karakter Anak Usia Dini. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(2), 151-156. https://doi.org/10.17977/um027v2i22017p151

Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD). Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85-102. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-06

Salsabila, Aisyah, N. (2020). Pembentukan Karakter Bagi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Lagu-Lagu Anak Ditk It Bunga Harapan. Jurnal Warna : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini., 05(01). https://doi.org/10.24903/jw.v5i1.13

Saunders, N. R. H. M. . & D. K. M. (2011). Barrier mechanism in the brain. Clin Exp Pharmacol Physiol. 26, 11-19. https://doi.org/10.1046/j.1440-1681.1999.02986.x

Siswanto, S., Zaelansyah, Z., Susanti, E., & Fransiska, J. (2019). Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Generasi Unggul Dan Sukses. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 35-44. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1295

Sitompul, F. A. (2020). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 141-145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.295

Srianita, Y., Akbar, M., & Meilanie, S. M. (2019). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan Makan (Studi Kasus di Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 152. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.277

Suri, D. (2021). Penanaman Karakter Anak Usia Dini melalui Lagu Anak-anak Daerah Lampung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1035-1043. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1659

Suryana, D., Mayar, F., & Sari, R. E. (2021). Pengaruh Metode Sumbang Kurenah terhadap Perkembangan Karakter Anak Taman Kanak-kanak Kecamatan Rao. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 341-352. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1296

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192

Wahyuningsih, S. (2017). Lagu Anak sebagai Media dalam Mendidik Karakter Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 150. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2356

Yaswinda, Y., & Yulsyofriend, Y. (2018). Development Literacy Based on the Neuroscience Theory for Early Childhood in Digital Era. Proceedings of the 4th International Conference on Early Childhood Education. Semarang Early Childhood Research and Education Talks (SECRET 2018), 249(Secret), 209-212. https://doi.org/10.2991/secret-18.2018.34


Refbacks

  • There are currently no refbacks.