Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai Multikultural di Lingkungan Keluarga Siswa sekolah Dasar

Author


Ratna Hutagalung(1Mail), Zaka Hadikusuma Ramadan(2),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 226KB]  Language: id
Published : 2022-07-13
Copyright (c) 2022 Ratna Hutagalung

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 550 times PDF Downloaded: 111 times

Abstract


Keberagaman budaya dan agama selalu dikaitkan dengan konflik yang disebabkan oleh masih lemahnya peran lembaga pendidikan dan orang tua. Perlu cara mengatasi konflik tersebut, yaitu peran orang tua menanamkan nilai multikultural. Penelitian kualitatif dengan metode case study ini bertujuan menganalisis secara mendalam dan mendeskripsikan peran orang tua dalam menanamkan nilai multikultural di lingkungan keluarga siswa kelas II Sekolah Dasar 152993 Tapian Nauli 3A dengan 3 orang tua siswa sebagai responden penelitian yang ditetapkan dengan teknik purposif sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua memegang peran penting dalam menanamkan nilai multikultural kepada anak-anaknya. Peran orang tua dapat di lihat dari bagaimana orang tua membagi waktunya terhadap anak-anaknya. Pentingnya membangun komunikasi baik antara orang tua dan guru agar sama-sama mengetahui dan terbuka terhadap anak, bersosialisasi dengan lingkungan serta lebih memahami dan perduli bahwa pentingnya menanamkan nilai-nilai multikultural untuk mendidik sikap simpati, menghormati, menghargai serta menjadikan anak-anak yang mencintai keberagaman setiap budaya sejak dini.


Keywords


multikultural; peran orang tua; pendidikan karakter

References


Aeni, K., & Astuti, T. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Multikultural Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 178-186. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4479

Aisyatinnaba, N. (2015). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 03. Skripsi Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97-140. https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791

Dermawan, D. D., & Sumarni, W. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Selama Adanya Pandemic Covid 19. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/586/504 605-609

Dike, D. (2017). Pendidikan Multikultural Sekolah Dasar di Wilayah 3T. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 12. https://doi.org/10.29408/didika.v3i2.681

Fawaid, A., & Hasanah, U. (2020). Pesantren Dan Religious Authoritative Parenting: Studi Kasus Sistem Wali Asuh di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 19(1), 27. https://doi.org/10.18592/jiiu.v19i1.3484

Hakim, V. (2013). Analisis Efektifitas Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Tasikmalaya (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Kota Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi, Fakultas Ekonomi., 2012(1), 1-21.

Hasbi, W. (2012). Keluarga sebagai Basis Pendidikan Pertama dan Utama. Jurnal Ilmiah Didaktika, XII(2), 245-258.

Hendri, H. (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Konsep Diri Pada Anak. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 56. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6528

Hermanto, Marini, A., & Maksum, A. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Multikultural di SD Negeri Sangiang Pulau Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 142-154. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15205

Khairiyah, F. N. (2021). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Resiliensi Akademik Mahasiswa. Repository Universitas negeri Padang. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35991

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Marzali, A. (2014). Memajukan Kebudayaan Nasional Indonesia. Jurnal Humainora, 26(3). https://jurnal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/6183

Mulyadi, D. H. (2019). Peranan Lembaga Pendidikan Dalam Pemberdayaan Anak-Anak Jalanan. Dirasat: Jurnal Studi Islam & Peradaban, 14(1).

Muspawi, Mohamad. (2014). Manajemen Konflik (upaya Penyelesaian Konflik Dalam Organisasi). Journal of Chemical Information and Modeling, 16(2), 46-47.

Nurcahyono, O. H. (2018). Pendidikan Multikultural Di Indonesia: Analisis Sinkronis Dan Diakronis. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(1), 105. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i1.20404

Oliver, J. (2013). Peran Pendidikan Multikultural Dalam Membangun Budaya Dan Karakter Bangsa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.

Supriyono, Iskandar, H., & Gutama. (2015). Pendidikan Keluarga dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Repository Kemdikbud. http://repositori.kemdikbud.go.id/6173/1/PKPKB%20OK%20PRINT.pdf

Wahyu, M. (2020). Eksistensi nilai-nilai kebudayaan (studi fenomenologi masyarakat pulau barrang lompo kota makassar). https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/12596-Full_Text.pdf

Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus: Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya. UTM PRESS Bangkalan - Madura, 119.

Wiguna, I. B. A. A. & Sunariyadi, N. S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Penumbuhkembangan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 328-341. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.266

Wulandari, V. (2021). Pengaruh Minat Belajar Online dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesulitan Belajar Online Siswa yang Tinggal di Desa Sribit Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen. http://eprints.ums.ac.id/93310/1/Naspub%20%281%29.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.