
Author
Hartono Hartono(1

Seni Drama Tari dan Musik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Seni Drama Tari dan Musik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Seni Rupa, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3)
Seni Drama Tari dan Musik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(4)

Article Analytic |
Published : 2022-08-16
Copyright (c) 2022 Hartono Hartono Hartono Hartono
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 1082 times
PDF Downloaded: 547 times
Abstract
Penanaman literasi budaya dan kreativitas melalui pembelajaran tari untuk lebih mencintai kebudayaannya sendiri bagi anak usia dini. Untuk itu, tujuan artikel ini, menjelaskan proses penanaman literasi tari dan kreativitas melalui pembelajaran tari pada anak usia dini. Motede penelitian ini kualitatif, pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan selama proses pengumpulan data dengan menarik kesimpulan dari fokus penelitian. Hasil yang ditemukan proses penananaman literasi tari melalui pembelajaran tari, anak menjadi lebih memahami berbagai gerak dan lagu-lagu daerah, menghargai berupa melakukan gerak dan menyanyikan lagu daerah lain, melakukan analisis terutama berkaitan dengan teknik, secara tidak disadari bagi anak telah menerapkan pengetahuan tentang kebudayaan dalam kehidupannya. Hasil penelitian berkaitan dengan kreativitas, bagi anak usia dini menjadi terampil dan lancar dalam menari, luwes, pengekspresian, dan keterampilan merinci urutan gerak, serta kemampuan berimajinasi
Keywords
References
Ahsani, L. F. (2021). Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Tengah Pandemi. Jurnal Ilmiah Hasil Penelotian Dan Pemikrian Kritis, 11, 7-16.
https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317
Asmawati, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145-164. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.10
Debeturu, B., & Wijayaningsih, E. L. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 233. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.180
Harlistyarintica, Y., Kuffa, R. N., Apriyanto, S., Susi, S., & Cholimah, N. (2018). Implementasi Program Literasi Budaya Melalui Sanggar Dongeng Anak Di Desa Mororejo Sleman. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 24-29. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24442
Hartini, Y. F. dan S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint Terhadap Perkembangan Kreatifitas Seni Anak Ditaman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1143-1155.
Hartono, Cahyono, A., & Kusumastuti, E. (2021). Warok dance: A medium of child aesthetic fulfillment. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(2), 242-249. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090212
Juniasih, I. (2015). Peningkatan Kreativitas Gerak Melalui Kegiatan Tari Pendikan Berbasis Cerita ( Tarita ). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 319.
Karwati, L. (2020). Upaya Pengelola Pkbm Dalam Meningkatkan Literasi Budaya Baca Melalui Taman Bacaan Masyarakat. Jendela PLS, 5(1), 51-58. https://doi.org/10.37058/jpls.v5i1.2674
Kusumawardani, R., Rosidah, L., Wardhani, R. D. K., & Raharja, R. M. (2018). Profil Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 11-16. https://doi.org/10.21009/JIV.1301.2
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Qualitative Data Analysis atau Analisis Data Kualitatif, terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. UI Press.
Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa'adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123
Moleong, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Muniroh, M. S., Khasanah, N., & Irsyad, M. (2020). Pengembangan Literasi Budaya dan Kewargaan Anak Usia Dini Di Sanggar Allegro Desa Podo Kec. Kedungwuni Kab. Pekalongan. Lentera Anak, 1(01), 81-91.
N, A. D. A., Putri, F. A., & Siregar, F. R. (2020). Literasi Budaya Melalui Take And Give Picture Menggunakan Anjungan Kearifan Lokal. SMP Swasta Putri Cahaya Medan.
Nofianti, R. (2019). Inovasi Media Pembelajaran Cerita Bergambar dalam upaya Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini PAUD Ummul Habibah Kelambir V Medan. Jurnal Iliah Abdi Ilmu, 12(2), 112-118. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v6i1.5366
Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65-80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066
Rohidi. (2011). Metodologi Penelitian Seni. Cipta Prima Nusantara.
Sandi, N. V. (2018). Pembelajaran Seni Tari Tradisional Di Sekolah Dasar. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, 8(2), 147-161.
Sari, D. A., & Supriyadi, S. (2021). Penguatan literasi budaya dan kewargaan berbasis sekolah di sekolah menengah pertama. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 13. https://doi.org/10.12928/citizenship.v4i1.19409
Sari, H. M., & Nofriyanti, Y. (2019). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Menganyam dengan Origami. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 146. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.247
Sari, M., Yetti, E., & Supena, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Kegiatan Tari Saman. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.240
Sutini, A. (2018). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10333
Sutopo, H. B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian (Qualitative Research Methodology: Theoretical Basis and Its Application in Research). Universitas Sebelas Maret Surakarta Press.
Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92-105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Triyono, T. (2019). Pentingnya Literasi Budaya di Desa Seni Jurang Blimbing. Anuva, 3(1), 77-85. https://doi.org/10.14710/anuva.3.1.77-85
Refbacks
- There are currently no refbacks.