Sarana dan Prasarana Lembaga dalam Menciptakan Potensi Pengembangan Seni Anak Usia Dini

Author


Erina Putri Anggraeni(1Mail), Joko Pamungkas(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 621KB]  Language: id
Published : 2023-01-05
Copyright (c) 2023 Erina Putri Anggraeni, Joko Pamungkas

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 61 times PDF Downloaded: 22 times

Abstract


Sehubungan dengan adanya sarana dan prasarana yang mendukung lembaga taman kanak-kanak. Terpenuhinya sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran seni di suatu lembaga maka akan menghasil prestasi untuk lembaga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana sarana dan prasarana Lembaga dalam menciptakan potensi pengembangan seni pada anak usia dini yang ada di TK ABA Mardi Putra dan TK Piri Nitikan. Jenis penelitian adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan: Teknik Observasi, Wawancara, serta Dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpenuhinya sarana dan prasarana dari lembaga yang mampu menciptakan potensi pengembangan seni anak usia dini di TK Piri Nitikan maupun TK ABA Mardi Putra. Secara umum sarana dan prasarana berada di kedua lembaga tersebut sudah memenuhi standar dan digunakan sesuai dengan kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran seni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua lembaga tersebut memiliki sarana prasarana yang mendukung pembelajaran seni.


Keywords


sarana dan prasarana; menciptakan potensi pengembangan seni; anak usia dini.

References


Ambariani, A., & Suryana, D. (2022). Hambatan Implementasi PAUD Berbasis Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5200–5208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1599

Astuti, R. D. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Outdoor Learning Untuk Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 20. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3378

Fauziah, W. P., & Fitriyah, N. (2020). Pembelajaran Seni Pertunjukkan untuk Anak Usia Dini di Masa Pandemi dengan Local Genius Knowledge. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 88–97. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.27036

Hardiyanti, W. E., & Alwi, N. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Guru PAUD pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3759–3770. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1657

Khafiyya, N., & Suyadi. (2022). Urgensi pembelajaran seni untuk optimalisasi pembelajaran anak usia dini: tinjauan neurosains. Generasi Emas Jurna Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 8–18. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/8865

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Belajar Anak Usia Dini. Pengembangan Media Belajar Anak Usia Dini. Gunung Samudera

Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178

Marlina, L., & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1018–1025. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/564

Mayar, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., Netriwinda, N., & Rupnidah, R. (2022). Analisis Pembelajaran Seni melalui Finger painting pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2795–2801. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1978

Neldawati, N., & Yaswinda, Y. (2022). Evaluasi CIPP Penerapan Permendikbud 137 dan 146 Tahun 2014 di Kecamatan Sijunjung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2954–2961. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2066

Ningsih, H.M. Chiar, W. (2005). Manajemen sarana dan prasarana tk negeri pembina sambas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5), 1–15. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/25510

Nurhasanah, N. (2019). Pengembangan sarana kegiatan dan sumber belajar di taman kanak-kanak. Didaktika, 12(1), 46. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.175

Nurwita, S. (2020). Meningkatkan perkembangan seni anak menggunakan media smart hafiz di paud aiza kabupaten kepahiang. Early Childhood Research and Practice, 1(01), 34–37. https://doi.org/10.33258/ecrp.v1i01.1070

Putri, N. E., & Ardipal, A. (2021). Pemanfaatan lagu anak-anak sebagai media pengembangan karakter pada pendidikan anak usia dini di paud cahaya hati kabupaten solok selatan. Imaji, 18(2), 5–24. https://doi.org/10.21831/imaji.v18i2.30037

Raharjo, I. B., & Yulianto, D. (2020). Pengelolaan Aktivitas Ekstrakurikuler Seni Musik di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 127–138. https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.15218

Romlah, R., & Sagala, R. (2021). Manajemen Sarana dan Prasarana Taman Penitipan Anak di Lampung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 231–238. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1207

Sartika, & Erni Munastiwi. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 35–50. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-04

Septiani, W. E., & Yeni, I. (2021). Stimulasi lagu dalam pengembangan seni anak usia dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 96. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.498

Shaleha, K., & Yus, A. (2020). Peranan bahan ajar dalam mengembangkan bahasa anak usia dini. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(3), 55–58. https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i3.7220

Sholeha, V., Wahyuningsih, S., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Dewi, N. K., & Nurjanah, N. E. (2021). Penerapan Literasi Sains Basis Kelas oleh Guru PAUD di Kota Surakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2013–2019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1237

Suryana, A. T. (2020). Pengelolaan Keuangan Pesantren. Al - Mujaddid: Jurnal Ilmu-Ilmu Agama, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.51482/almujaddid.v2i2.42

Wirdalena, S. Y., & Mayar, F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Berbasis Pendekatan Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7242–7252. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3618


Refbacks

  • There are currently no refbacks.