Author
Yaswinda Yaswinda(1), Dona Mailinda Eka Putri(2), Irsakinah Irsakinah(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(3)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-01-05
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 1353 times PDF Downloaded: 612 timesAbstract
Keywords
References
Anggraini, W., Nasirun, M., & Yulidesni, Y. (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 31–39. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/8463
Arikunto, S., S., & Supardi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani (ed.)). PT.Bumi Aksara.
Asmah, A., & Mustaji, N. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Pasir Sebagai Sumber Belajar Terhadap Kemampuan Sains Dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 13. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n1.p13--36
Ayu, N. K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498
Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254
Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735
Hidayati, W. R., & Suryana, D. (2021). Peran Guru dalam Mengenalkan Sains pada Anak Usia Dini. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(1), 72–78. https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i1.168
Izzuddin, A. (2021). Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Sains. Edisi: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(3), 542–557. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1614
Izzuddin, A., Palapa, S., & Lombok, N. (2019). Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 353–365. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/714
Kasmini, L., & Purba, N. (2016). Pengaruh Eksperimen Sains pada Materi Mencampur Warna Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B2 Pada TK Pertiwi Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 3(1), 31–42. https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/541
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya. Perdana Publishing.
Kurniawati, R., & Mulyati, M. (2021). Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Sains. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5730–5736. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1859
Mesiono, M., Vanni, S. O., & Zairina, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dwi Utama Deli Serdang. Jurnal Raudhah, 8(1), 58–68. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/586
Mubarok, S. Al, Aly, A., & Amini, A. (2019). Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221
Mustika, Y., & Nurwidaningsih, L. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 91. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.12
Nafiqoh, H. (2018). Pembelajaran sains sederhana dalam rangka peningkatan motivasi belajar anak usia dini Di PAUD Tunas Siliwangi Cimahi Tengah. Jurnal Tunas Siliwangi, 4(2), 77–84. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1227
Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007
Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50
Nuraini, N., Ridhwan, M., & Azwir, A. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ajar Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Biology Education, 8(2), 74–81. https://doi.org/10.32672/jbe.v8i2.2367
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish Publisher.
Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. In PT Remaja Rosdakarya. PT Remaja Rosdkarya.
Rohita, R., Anisa, N., & Fitriah, S. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Area untuk Mendukung Kemampuan Kognitif Anak dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5233–5243. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1753
Sari, D. Y., & Maulani, S. (2019). Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sains anak usia dini. Jurnal Edu Child: Majalah Ilmiah Pendidikan, 3(1), 24–31. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/EDUCHILD/article/view/566
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana.
Suryana, D. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik di Taman Kanak-kanak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 67–82. https://doi.org/10.21009/jpud.111.05
Suzana, S., Karim, A., Amanah, A., & Munajim, A. (2021). Bermain Kognitif Matematika Anak Melalui Pemanfaatan Barang Bekas pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 158. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.34259
Tatminingsih, S. (2019). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939
Wahyuni, D., & Yuhasriati (2016). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Rancang Bangun Balok Di Paud It Al Fatih Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–10. https://jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/351
Yaffie. Evania, S. (2019). Pengembangan Kognitif (Sains Pada Anak Usia Dini). Universitas Negeri Malang.
Yaswinda, Y., Yulsyofriend, Y., & Mayar, F. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13–22. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/3744
Refbacks
- There are currently no refbacks.