Pembelajaran Sains Berbasis Pemanfaatan Lingkungan untuk Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini

Author


Yaswinda Yaswinda(1Mail), Dona Mailinda Eka Putri(2), Irsakinah Irsakinah(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 448KB]  Language: id
Published : 2023-01-05
Copyright (c) 2023 Yaswinda Yaswinda

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 100 times PDF Downloaded: 51 times

Abstract


Keterampilan dalam proses sains dapat mengembangkan aspek kognif anak. Keterampilan proses sains di PAUD bertujuan untuk pengembangangan pembelajaran sains dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Penelitian yang dilakukan bermaksud untuk meningkatkan kecakapan kognitif melalui pembelajaran sains berbasis pemanfaatan lingkungan bagi anak usia dini. Pendekatan penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Aksi penelitian yakni peneliti membuat perencanaan, lalu perencaanan yang telah dibuat  dilaksanakan oleh guru serta didampingi oleh peneliti, pelaksanaan tersebut diobservasi, selanjutnya dilakukan refleksi terhadap hasil observasi. Subjek berjumlah 15 anak di kelas B TK Melati Kecamatan Tenayan Raya. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa pembelajaran sains berbasi pemanfaatan lingkungan meningkatkan kemampuan kognitif anak yaitu pada tingkat pencapaian pada pra siklus yaitu 33,5% di kategorikan Belum Berkembang, rata-rata siklus I yaitu 53% di kategorikan Mulai Berkembang  dan rata-rata siklus II kembali meningkat menjadi 80,83 % sudah berada dalam kategori Berkembang Sangat Baik

Keywords


perkembangan kognitif; perkembangan sains, pemanfaatan lingkungan

References


Anggraini, W., Nasirun, M., & Yulidesni, Y. (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 31–39. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/8463

Arikunto, S., S., & Supardi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani (ed.)). PT.Bumi Aksara.

Asmah, A., & Mustaji, N. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Pasir Sebagai Sumber Belajar Terhadap Kemampuan Sains Dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 13. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n1.p13--36

Ayu, N. K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Media Pembelajaran Zoolfabeth Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 194. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35498

Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254

Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735

Hidayati, W. R., & Suryana, D. (2021). Peran Guru dalam Mengenalkan Sains pada Anak Usia Dini. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5(1), 72–78. https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i1.168

Izzuddin, A. (2021). Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Sains. Edisi: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(3), 542–557. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1614

Izzuddin, A., Palapa, S., & Lombok, N. (2019). Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 353–365. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/714

Kasmini, L., & Purba, N. (2016). Pengaruh Eksperimen Sains pada Materi Mencampur Warna Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B2 Pada TK Pertiwi Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 3(1), 31–42. https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/541

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori dan Pengembangannya. Perdana Publishing.

Kurniawati, R., & Mulyati, M. (2021). Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Sains. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5730–5736. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1859

Mesiono, M., Vanni, S. O., & Zairina, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dwi Utama Deli Serdang. Jurnal Raudhah, 8(1), 58–68. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/586

Mubarok, S. Al, Aly, A., & Amini, A. (2019). Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221

Mustika, Y., & Nurwidaningsih, L. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 91. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.12

Nafiqoh, H. (2018). Pembelajaran sains sederhana dalam rangka peningkatan motivasi belajar anak usia dini Di PAUD Tunas Siliwangi Cimahi Tengah. Jurnal Tunas Siliwangi, 4(2), 77–84. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1227

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50

Nuraini, N., Ridhwan, M., & Azwir, A. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ajar Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Biology Education, 8(2), 74–81. https://doi.org/10.32672/jbe.v8i2.2367

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish Publisher.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. In PT Remaja Rosdakarya. PT Remaja Rosdkarya.

Rohita, R., Anisa, N., & Fitriah, S. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Area untuk Mendukung Kemampuan Kognitif Anak dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5233–5243. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1753

Sari, D. Y., & Maulani, S. (2019). Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sains anak usia dini. Jurnal Edu Child: Majalah Ilmiah Pendidikan, 3(1), 24–31. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/EDUCHILD/article/view/566

Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana.

Suryana, D. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik di Taman Kanak-kanak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 67–82. https://doi.org/10.21009/jpud.111.05

Suzana, S., Karim, A., Amanah, A., & Munajim, A. (2021). Bermain Kognitif Matematika Anak Melalui Pemanfaatan Barang Bekas pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 158. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.34259

Tatminingsih, S. (2019). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Wahyuni, D., & Yuhasriati (2016). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Rancang Bangun Balok Di Paud It Al Fatih Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–10. https://jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/351

Yaffie. Evania, S. (2019). Pengembangan Kognitif (Sains Pada Anak Usia Dini). Universitas Negeri Malang.

Yaswinda, Y., Yulsyofriend, Y., & Mayar, F. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13–22. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/3744


Refbacks

  • There are currently no refbacks.