- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2841Keywords:
kesiapan pembelajaran, pembelajaran tatap muka, lembaga paudAbstract
Pandemi Covid-19 masih melanda hingga saat sekarang dan belum bisa dipastikan kapan akan berakhir. Hal ini memberikan dampak pada semua sektor kehidupan manusia termasuk bidang pendidikan. Sebelumnya Pemerintah sudah menetapkan kebijakan pembelajaran jarak jauh namun di tahun 2021 bulan Juli pembelajaran tatap muka sudah diperbolehkan bagi sekolah yang sudah memenuhi kriteria untuk melakukan proses pembelajaran secara offline. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat kesiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di PAUD Kasih Ibu Rumbai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan hasil penelitian bahwa lembaga PAUD Kasih Ibu Rumbai layak dilaksanakan pembelajaran tatap muka dengan tingkat kesiapan enam puluh empat persen yang termasuk dalam kriteria Cukup Baik
Downloads
References
Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(5), 395-402.
https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Alwiyah, D., & Imaniyati, N. (2018). Keterampilan mengajar guru dan kesiapan belajar siswa sebagai determinan terbatasap hasil belajar siswa. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 17(1), 95-103. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9767
Arifiyanti, N., & Prasetyo, I. (2018). Personal Hygiene Learning in Preschool Classroom. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 7(2), 117-124.
Arifudin, O., Sofyan, Y., Sadarman, B., & Tanjung, R. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237-242.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. PT Rineka Cipta.
Arini, S., & Kurniawati, F. (2020). Sikap guru terbatasap anak usia dini dengan autism spectrum disorder. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 639-648. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.410
Brandon, N. J., Millar, J. K., Korth, C., Sive, H., Singh, K. K., & Sawa, A. (2009). Understanding the role of DISC1 in psychiatric disease and during normal development. Journal of Neuroscience, 29(41), 12768-12775. https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.3355-09.2009
Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis evaluasi kinerja pendidik paud di PAUD Al azhar bukittinggi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051-1059. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465
Hanifa, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Kolaboratif Bagi Guru Kelas V di Dabin II Unit Pendidikan Kecamatan Gedangan. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 195-211. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.939
Korth, B. B., Erickson, L., & Hall, K. M. (2009). Defining Teacher Educator through the Eyes of Classroom Teachers. Professional Educator, 33(1), n1.
Limbong, O. P., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Smk Negeri 2 Toraja Utara Pada Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 37-45. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i1.3265
Pudyastuti, A. T., & Budiningsih, C. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1667-1675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873
Safitri, H. I., & Harun, H. (2020). Membiasakan pola hidup sehat dan bersih pada anak usia dini selama pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 385-394. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.542
Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900-912. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Alfabeta.
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Tanjung, R. (2020). Peran orang tua dalam pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 64-73. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.18
Tiara, D. R., & Pratiwi, E. (2020). Mengukur Kesiapan Guru Sebagai Dasar Pembelajaran Daring Di Lembaga PAUD. Jurnal Golden Age, 4(02), 362-368. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2624
Zubaidi, M. (2020). Hubungan Profesionalisme Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini dengan Efektivitas Pembelajaran PAUD di Kota Gorontalo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1060-1067. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.505