Analisis Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini

Author


Adolf Bastian(1Mail), Reswita Reswita(2), Azlin Atika Putri(3),
Manajemen, Universitas Lancang Kuning, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 190KB]  Language: id
Published : 2022-08-31
Copyright (c) 2022 Adolf Bastian, Reswita Reswita, Azlin Atika Putri

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 66 times PDF Downloaded: 30 times

Abstract


Pandemi Covid-19 masih melanda hingga saat sekarang dan belum bisa dipastikan kapan akan berakhir. Hal ini memberikan dampak pada semua sektor kehidupan manusia termasuk bidang pendidikan. Sebelumnya Pemerintah sudah menetapkan kebijakan pembelajaran jarak jauh namun di tahun 2021 bulan Juli pembelajaran tatap muka sudah diperbolehkan bagi sekolah yang sudah memenuhi kriteria untuk melakukan proses pembelajaran secara offline. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat kesiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di PAUD Kasih Ibu Rumbai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan hasil penelitian bahwa lembaga PAUD Kasih Ibu Rumbai layak dilaksanakan pembelajaran tatap muka dengan tingkat kesiapan 64%yang termasuk dalam kriteria Cukup Baik


Keywords


kesiapan pembelajaran; pembelajaran tatap muka; lembaga paud

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(5), 395-402.
https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Alwiyah, D., & Imaniyati, N. (2018). Keterampilan mengajar guru dan kesiapan belajar siswa sebagai determinan terbatasap hasil belajar siswa. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 17(1), 95-103. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9767

Arifiyanti, N., & Prasetyo, I. (2018). Personal Hygiene Learning in Preschool Classroom. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 7(2), 117-124.

Arifudin, O., Sofyan, Y., Sadarman, B., & Tanjung, R. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237-242.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. PT Rineka Cipta.

Arini, S., & Kurniawati, F. (2020). Sikap guru terbatasap anak usia dini dengan autism spectrum disorder. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 639-648. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.410

Brandon, N. J., Millar, J. K., Korth, C., Sive, H., Singh, K. K., & Sawa, A. (2009). Understanding the role of DISC1 in psychiatric disease and during normal development. Journal of Neuroscience, 29(41), 12768-12775. https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.3355-09.2009

Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis evaluasi kinerja pendidik paud di PAUD Al azhar bukittinggi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051-1059. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465

Hanifa, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Kolaboratif Bagi Guru Kelas V di Dabin II Unit Pendidikan Kecamatan Gedangan. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 195-211. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.939

Korth, B. B., Erickson, L., & Hall, K. M. (2009). Defining Teacher Educator through the Eyes of Classroom Teachers. Professional Educator, 33(1), n1.

Limbong, O. P., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Smk Negeri 2 Toraja Utara Pada Masa Pandemi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 37-45. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i1.3265

Pudyastuti, A. T., & Budiningsih, C. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning pada Guru PAUD Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1667-1675. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.873

Safitri, H. I., & Harun, H. (2020). Membiasakan pola hidup sehat dan bersih pada anak usia dini selama pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 385-394. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.542

Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900-912. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Alfabeta.

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Tanjung, R. (2020). Peran orang tua dalam pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 64-73. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.18

Tiara, D. R., & Pratiwi, E. (2020). Mengukur Kesiapan Guru Sebagai Dasar Pembelajaran Daring Di Lembaga PAUD. Jurnal Golden Age, 4(02), 362-368. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2624

Zubaidi, M. (2020). Hubungan Profesionalisme Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini dengan Efektivitas Pembelajaran PAUD di Kota Gorontalo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1060-1067. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.505


Refbacks

  • There are currently no refbacks.