Pra Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Author


Retno Widyaningrum(1Mail),
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 559KB]  Language: id
Published : 2022-07-25
Copyright (c) 2022 Retno Widyaningrum

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 252 times PDF Downloaded: 155 times

Abstract


Upaya peningkatan mutu pendidikan harus dilaksanakan dalam berbagai aspek seperti perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Salah satu konsep evaluasi yang ditawarkan adalah Asesmen Kompetensi Minimal atau AKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Konsep Pra AKM di PAUD meliputi pra literasi membaca dan pra literasi numerasi, dengan menggunakan indikator asesmen pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research. Data penelitian berupa informasi dari buku-buku referensi baik hardcopy maupun softcopy yang bisa dipertangungjawabkan. Teknik analisa data menggunakan analisis isi. Hasis analisis data menunjukkan bahwa bentuk-bentuk pra AKM merupakan asesmen yang diberikan kepada anak usia dini dengan prinsip tetap bermain dan menyenangkan, sehingga anak tidak merasa dilakukan evaluasi. Dengan konsep-konsep kasus realitas akan memberikan pemahaman kepada peserta didik.


Keywords


asesmen kompetensi minimal; literasi; paud

References


Amalia, A., Baharun, H., Rahman, F., & Maryam, S. (2022). Enhancement School Competitiveness Through A Literacy Culture Based on Local Wisdom. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2325-2333. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2094

Baharun, H., Hefniy, Fauzi, A., Faridy, & Fatmasari, R. (2019). National assessment management based on information and communication technology and its effect on emotional intelligence learners. Journal of Physics: Conference Series, 1175, 012225. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012225

Baharun, H., Wahid, A. H., Qodriyah, K., Wahyuni, S., & Fatmawati, F. (2022). Building a Literacy Culture Based on Local Wisdom through Women's Leadership. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2533-2543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2044

Cahyana, A. (2020). Prospek AKM dan Survei Karakter: Memperkuat Basis Praliterasi dan Pranumerasi Usia Dini. BAN PAUD Dan PNF. https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/berita/prospek-akm-dan-survei-karakter-memperkuat-basis-praliterasi-dan-pranumerasi-usia-dini

Clough, P., & Nutbrown, C. (2019). Exploring the place of arts-based approaches in early childhood education research. Journal of Early Childhood Research, 17(1), 3-13. https://doi.org/10.1177/1476718X19834220

Damayantie, A. R. (2015). Literasi dari Era ke Era. Sasindo: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 03(01), 1-10.

Griffin, P., & Nix, P. (1991). Educational Assessment and Reporting. Harcout Brace Javanovich, Publisher.

Haerudin, H. (2019). Pengaruh Literasinumerasi Terhadap Perubahan Karakter Siswa. Prosiding Sesiomadika, 1(1a), Article 1a. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2123

Hani, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran pada PAUD. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 07(01), 51-56.

Kemendikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Kemendikbud. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Latif, M., Zubaidah, R., & Afandi, M. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Prenada Media Group.

Maemonah, A. O. (2020). Filsafat Pendidikan Maria Montessori Dengan Teori Belajar Progresivisme Dalam Pendidikan AUD. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 64-88.

Magdalena, I., Nur Fauzi, H., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 02(02), 244-257.

Mardapi, D. (2017). Pengukuran, penilaian dan evaluasi pendidikan. Parama Publishing.

Mastikawati, M., & et al. (2022). Strengthening Early Childhood Learning Outcomes through Authentic Assessment of Students. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 06(04), 4547-4556.

Nugraha, A. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. JILSI Foundation.

Pangesti, F. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 2018.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/frontpage/detail

Sari, R. P., & Ahmad. (2019). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Maknawi.

Solihin, L., Bakti, U., Indah, P., & Noviatri. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tambur, S. (2019). PISA study: Estonian pupils are the best in Europe. Estonian World. https://estonianworld.com/knowledge/pisa-study-estonian-pupils-are-the-best-in-europe

Tju, M., & Murniarti, E. (2021). Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110-116.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.