Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika melalui Permainan Bingo

Petronela Joan Patricia Suripatty(1Mail), Nadiroh Nadiroh(2), Yuliani Nurani(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Petronela Joan patricia Suripatty

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.282

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-08-21
Published : 2019-10-10

Abstract


Penelitian tindakan ini bertujuan untuk menggambarkan proses dan hasil dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika anak kelompok B Kelompok Bermain Mawar FKIP Unpatti melalui permainan bingo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan model Kemmis dan Taggart, yang meliputi perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B Kelompok Bermain Mawar FKIP Unpatti yang berjumlah 15 orang anak. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari delapan pertemuan pada setiap siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan logika matematika  anak mengalami peningkatan setelah diterapkan permainan bingo. Skor kecerdasan logika matematika anak pada pra siklus sebesar 51,93% siklus I sebesar 63,93%, dan siklus II sebesar 74,26%. Hasil tersebut memberikan implikasi bahwa kecerdasan logika matematika anak dapat ditingkatkan melalui permainan bingo.


Keywords


kecerdasan logika matematika; permainan bingo; anak usia dini

References


Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligences in the Classroom, 4th Edition. Ascd.

Bennet, S., Priest, A.-M., & Macpherson, C. (1999). Learning about online learning: An approach to staff development for university teachers. Australasian Journal of Educational Technology, 15(3). https://doi.org/10.14742/ajet.1858

Bennett, W. J., Finn Jr, C. E., & Cribb Jr, J. T. E. (1999). The Educated Child: A Parent’s Guide from Preschool through Eighth Grade. https://doi.org/10.14742/ajet.1858

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Gardner, H., & Moran, S. (2006). The science of multiple intelligences theory: A response to Lynn Waterhouse. Educational Psychologist, 41(4), 227–232.

Hoerr, T. R. (2000). Becoming a multiple intelligences school. ASCD.

Jackman, H. L. (2012). Early Childhood Education. USA: Wadsworth.

Kannan, K., Bhamidipaty, A., & Narendra, N. C. (2011). Design Time Validation of Service Orientation Principles Using Design Diagrams. 2011 Annual SRII Global Conference, 795–804. https://doi.org/10.1109/SRII.2011.87

Morrison, K. (2012). School Leadership and Complexity Theory. https://doi.org/10.4324/9780203603512

Nelson, K. (1998). Language in cognitive development: The emergence of the mediated mind. Cambridge University Press.

Niroo, M., Nejhad, G. H. H., & Haghani, M. (2012). The Effect of Gardner Theory Application on Mathematical/Logical Intelligence and Student’s Mathematical Functioning Relationship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47, 2169–2175. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.967

Oktaviani, T., Sulistya, D. E. R., & Kiswoyo, K. (2019). Penerapan Pembelajaran Aktif Dengan Metode Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mimbar Ilmu, 24(1), 47–52. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17409

PAUD, S. N. (2014). Permendikbud No. 137 Th. 2014 .

Robinson, K. H., & Ferfolja, T. (2008). Playing it up, playing it down, playing it safe: Queering teacher education. Teaching and Teacher Education, 24(4), 846–858. https://doi.org/10.1016/j.tate.2007.11.004

Santrock, J. W. (2011). Child development ([13]^ th ed.). New York, NY: McGraw-Hill.

Setiyawan, H. (2018). Metode Permainan Bingo Matematik pada Materi Operasi Hitung Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. MATEMATIKA DAN PEMBELAJARAN, 6(2), 101. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.662

Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2010). Bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: Indeks, 76.


Article Metrics

 Abstract Views : 59 times
 PDF Downloaded : 9 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.