Abstract


Akibat pandemi Covid-19 ini, membuat pola belajar mengajar yang jauh berbeda dari sebelum pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu perbedaan penggunaan media lembar kerja dan Loose Part dalam memfasilitasi anak belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer hasil pengamatan pembelajaran media Lembar Kerja dan Loose Part. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis tema-tema yang muncul dari penggunaan masing-masing media. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Loose Part dalam kegiatan pembelajaran efektif dalam mengatasi kejenuhan pada anak usia dini. Kejenuhan pada anak usia dini terutama setelah anak lama tidak belajar di sekolah karena pandemi Covid-19. Dan penerapan antara media Lembar Kerja dan Loose Part menunjukkan perilaku anak yang berbeda. Pada media Lembar Kerja, anak cenderung tidak bersemangat, mengantuk, tidak fokus dan tidak bebas berkreativitas. Sedangkan penggunaan media Loose Part menunjukkan anak tampak antusias, berkonsentrasi, dan bebas berkreativitas

Keywords


media lembar kerja; loose part; kejenuhan di masa pandemi