Penerapan Media Loose Parts dalam Mengatasi Kejenuhan Anak di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Debra Tara Kania Simon Harun Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia
  • Maria Melita Rahardjo Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2813

Keywords:

media lembar kerja, loose part, kejenuhan di masa pandemi

Abstract

Akibat pandemi Covid-19 ini, membuat pola belajar mengajar yang jauh berbeda dari sebelum pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu perbedaan penggunaan media lembar kerja dan Loose Part dalam memfasilitasi anak belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer hasil pengamatan pembelajaran media Lembar Kerja dan Loose Part. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis tema-tema yang muncul dari penggunaan masing-masing media. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Loose Part dalam kegiatan pembelajaran efektif dalam mengatasi kejenuhan pada anak usia dini. Kejenuhan pada anak usia dini terutama setelah anak lama tidak belajar di sekolah karena pandemi Covid-19. Dan penerapan antara media Lembar Kerja dan Loose Part menunjukkan perilaku anak yang berbeda. Pada media Lembar Kerja, anak cenderung tidak bersemangat, mengantuk, tidak fokus dan tidak bebas berkreativitas. Sedangkan penggunaan media Loose Part menunjukkan anak tampak antusias, berkonsentrasi, dan bebas berkreativitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729-1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961

Azizah, S. N., Munawar, M., & Ds, A. C. (2020). Analisis Metaphorming Melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia Dini Kelompok B Paud Unggulan Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pemdidikan Anak Usia Dini, 9(1), 57-71. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3036

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Kulsum, U. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Loose Parts. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(1), 60-66. https://doi.org/10.33387/cp.v4i1.4046

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635-1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940

Mardianti. (2014). Pengaruh Slow Learner dan Kejenuhan Belajar Terhadap Kesulitan Belajar Fisika Siswa MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 14-27. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i1.1091

Melda, M,. (2021) Pelaksanaan Metode Keterampilan Berbicara Anak Untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Verbal Di Tpa/Kober Permata Bunda Kota Bengkulu. Diploma Thesis, Iain Bengkulu.

Moh Agus Rohman. (2018). Kejenuhan belajar pada siswa di sekolah dasar full day school. Digilib UIN Sunan Ampel Surabaya.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (Vol. 1, Issue 1). In Cakra Books.

Nurhalizah, M. E., & Yuwafik, M. H. (2020). Women ' S Participation in the Terrorist Network in the. Jutnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 15(2), 1-181.

Nurinayah, A. Y., Nurhayati, S., & Wulansuci, G. (2021). Penerapan pembelajaran STEAM. Jurnal Ceria, 4(5), 504-511.

Nurliana, Bachtiar, M. Y., & Ichsan, I. R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bahan Loose Part pada Kelompok B TK Aba Kalosi Kab. Enrekang Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 451-460.

Safitri, D., & Lestariningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40-52. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3645

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Susanti, B. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Videoscribe Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyyah At-Taqwa Pinang Kota Tangerang Tahun 2018. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitan Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 387-396. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.399

Tabi, A. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 190-200. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2244

Ulfa, S. & M. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Wardhani, W. D. L., Misyana, M., Atniati, I., & Septiani, N. (2021). Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts (Bahan Lepasan). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1894-1904. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.694

Downloads

Published

08-07-2022

How to Cite

Simon Harun, D. T. K., & Rahardjo, M. M. (2022). Penerapan Media Loose Parts dalam Mengatasi Kejenuhan Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4919–4929. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2813

Issue

Section

Articles