Pengembangan Blog Literasi Membaca untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar

Author


Ela Irnanda(1), Otang kurniaman(2), Eva Astuti Mulyani(3Mail),
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Riau, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 449KB]

Published : 2022-07-18

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 695 times PDF Downloaded: 440 times

Abstract


Dari hasil penelitian PISA dan hasil studi PIRLS menyebutkan bahwa indonesia pada tahun 2012 memiliki budaya literasi dan tingkat kemampuan literasi membaca yang rendah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media blog literasi membaca pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III Sekolah Dasar serta mengetahui kelayakan dari media. penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Developmet (R&D) dengan model FOUR-D. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, uji coba produk. Kelayakan media pembelajaran blog literasi membaca diperoleh dari hasil validasi dan uji coba media. Hasil validasi ahli materi dan validasi ahli media pembelajaran memperoleh kategori sangat layak. Uji coba yang digunakan yaitu pretest-postest pada 18 orang siswa dan mendapatkan respon siswa dengan kategori sangat baik. adanya evaluasi didalam blog untuk siswa memudahkan untuk mengukur kemampuan literasi siswa. Maka hasil penelitian pengembangan ini menyatakan bahwa media blog literasi membaca untuk siswa kelas III Sekolah Dasar sangat layak digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


media; blog; literasi membaca

References


Abbas, W. (2012). Model Inovasi Blog Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Teknik Mesin, 5(4), 1-12. https://doi.org/10.1093/itnow/bwn071

Ade Hendriyani. (2018). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner Increasing. Penelitian Pendidikan, 17(3), 1-18. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9617

Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 524-532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1056

Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Current Research In Education: Conference Series Jounal, 1(1), 1-12.

Arief, A. (2013). Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Online. Jurnal As-Salam, IV(2), 41-52.

Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25-35. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.20

Halimah, Sumiyadi, Mulyati, Y., & Damaianti, V. S. (2020). Critical Literacy Approach in the teaching of literary appreciation using Indonesian short stories. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(1), 84-94. https://doi.org/10.17509/ijal.v10i1.24992

Helaluddin. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal PENDAIS, I(1), 44-55. https://doi.org/10.29240/estetik.v1i2.582

Khairunisa, S. D., Amirullah, G., & Ninawati, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(2), 49-56. https://doi.org/10.22236/jipd.v4i2.80

Krismanto, W., Khalik, A., & Sayidiman. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey , Question , Read , Recite , Review ( Sq3r ) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 46 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 5(3), 234-242. https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1616

Kurniawati, N., Maolida, E. H., & Anjaniputra, A. G. (2018). The praxis of digital literacy in the EFL classroom: Digital-immigrant vs digital-native teacher. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 8(1), 28-37. https://doi.org/10.17509/ijal.v8i1.11459

Noor, N. M. (2011). Reading habits and preferences of EFL post graduates: A case study. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.17509/ijal.v1i1.95

Pahlevi, M. R. (20015). Implementasi Pendekatan Ilmiah Dalam Pengajaran Menulis. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 15-26

Parwodiwiyono, S. (2020). Kaitan Akses Internet dan Penyelesaian Tugas Sekolah Berdasarkan Regresi Kuantil Menuju Masyarakat 5.0. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 342-350. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.283

Puspita, A. M. I. (2018). The Effect of Contextual-Based Thematic Teaching Materials towards Student Learning Activity. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), 47-52.
https://doi.org/10.22236/jipd.v3i2.70

Ridwan. (2020). Pengembangan Media Blog Berbantuan Quizstar Sebagai Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMK. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 36-49.
https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.22

Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihatini. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333-9339.

Sartono. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Di Sekolah. Jurnal Transformatika, 12(1), 120-134.

Setyaningsih, E. (2019). Bringing critical literacy into tertiary EFL reading class. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 9(2), 297-307. https://doi.org/10.17509/ijal.v9i2.20220

Sudarsono, B., & Otomotif, P. T. (2017). Pengembangan Pembelajaran Menggunakan Media Blog Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK Negeri 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 09(02), 157-164.

Sulasmianti, N. (2018). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 22(2), 143-158. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.365

Sunanih, S. (2017). Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian Dari Pengembangan Bahasa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 38-46. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i1.89

Vera Yuli Erviana. (2016). Development of STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Integrated Encyclopedia as Enrichment for Students in Elementary Schools. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 27-34.

Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kwangsan, 4(2), 67-80.
https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n2.p67--80

Westhisi, S. M. (2019). Metode Fonik Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1), 1-15.

Wibowo, H. (2017). Peranan Blog Guru Sebagai Media Interaktif Guru Dengan Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Edu-Sains, 6(2), 37-41.
https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v6i2.6876

Yuliasari, A., Holilulloh, & Yanzi, H. (2014). Peranan Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi IV(2), 1-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.