Abstract


Sehubungan dengan kebijakan penerapan pembelajaran jarak jauh sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 menjadikan guru harus mampu mempersiapkan pengelolaan kelas dengan sebaik mungkin pada pembelajaran seni. Tujuan dari penelitian yaitu mendeskripsikan keterampilan guru melakukan pengelolaan kelas saat pembelajaran seni selama pandemi ini. Penelitian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik untuk pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di TK Islam SAFA tahun ajaran baru 2021/2022 berlangsung melalui tiga program pembelajaran yaitu pembelajaran online, pembelajaran tatap muka, dan program kunjungan. Guru sudah memiliki keterampilan mengelola kelas, perihal ini ditunjukkan dengan membuat lingkungan belajar yang nyaman, mendisiplinkan anak, menyediakan media yang merangsang minat dan perhatian anak, menata meja dan kursi untuk menciptakan suasana kelas yang baru, memulai pelajaran dengan materi yang menyenangkan dapat membantu mengembangkan seni pada anak usia dini di kelas TK Islam SAFA.


Keywords


Keterampilan guru; pengelolaan kelas; pembelajaran seni; covid 19; anak usia dini