Desain Kegiatan Printing (Mencetak) Berbasis Bahan Alam dalam Meningkatkan Kreativitas Anak

Author


Aat Maratun Sholehah(1Mail), Hibana Hibana(2), Na'imah Na'imah(3), Aulia Rahma(4),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 604KB]  Language: id
Published : 2022-07-15
Copyright (c) 2022 Aat Maratun Sholehah, Hibana Hibana, Na'imah Na'imah, Aulia Rahma

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 124 times PDF Downloaded: 42 times

Abstract


Kegiatan baru yang ditunjang oleh sebuah alat dan bahan akan menjadikan proses belajar yang menarik dan menyenangkan. Anak merasa jenuh akibat dari penggunaan LKA yang terus menerus menjadikan suatu kegiatan itu membosankan dan tidak merangsang perkembangan yang seharusnya terstimulasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan desain kegiatan printing berbasis bahan alam dalam meningkatkan kreativitas anak. Metode kualitatif deskriptif analitik dipilih dalam pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan yang menunjukkan hasil bahwasanya bahan alam memiliki potensi untuk menunjang suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas. Strategi meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan mencetak berbasis bahan alam meliputi: mencetak menggunakan buah belimbing, pelepah pisang, sinar matahari, sisir dan sikat, lilin, kuas dan cat air dan mencetak (berkreasi) menggunakan biji-bijian, sehingga dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kreativitas anak dapat dilakukan melalui kegiatan printing (mencetak) berbasis bahan alam dengan desain yang telah di uraikan.


Keywords


kreativitas; mencetak; bahan alam; anak usia dini

References


Adi Supriyenti. (2013). Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Melalui Kegiatan Mencetak Dengan Bahan Alam Di PAUD Aisyiyah Lansano Pesisir Selatan. SPEKTRUM PLS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 15-32. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i2.2387

Afnilaswati, Desi Mariani, Erniwati, Junaida Sari Hasibuan, W. F. (2020). Peningkatan Kreativitas Anak TK Pada Masa Covid-19 Melalui Permainan Kolase Dengan Menggunakan Bahan Alam. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.3025

AslamialL, A. S. &. (2011). Strategi Pembetaiaran Anax Usia Dini. COMDES.

Augustivo Rivda, F. R. Y. (2020). Pengaruh Mencetak Bonggol Jagung Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 482-487.

Debeturu, B., & Wijayaningsih, E. L. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 239. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.180

Diana, R. R. (2006). Setiap Anak Cerdas! Setiap Anak Kreatif! Menghidupkan Keberbakatan dan Kreativitas Anak. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(2), 485.

Fauziah, N. (2013). Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Ilmiah Visi, 8(1), 23 - 30. https://doi.org/10.21009/JIV.0801.4

Fauziddin, M. (2016). Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Unit Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Curcilla, 1(3), 2. https://doi.org/10.22216/JCC.2016.v2i3.1277

Guerra, M., & Zuccoli, F. (2012). Finished and Unfinished Objects: Supporting Children's Creativity Through Materials. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 51, 721-727. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.08.231

Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204-222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291

Husna, H. P. (2017). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 15(2), 46-56. https://doi.org/10.24114/jkss.v15i2.8774

Ihsan Maulana, F. M. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di Era Revolusi 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 45(45), 95-98.

Iksan Farida, R. W. dan U. A. (2020). Peran Kegiatan Mengecap Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 138-147. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2109

Kurnia, S. D. (2015). Pengaruh Kegiatan Painting Dan Keterampilan Motorik Halus Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Seni Lukis. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2),

Nurmadiah. (2015). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Al-Afkar, volume III, 1-28.
https://doi.org/10.28944/afkar.v3i1.101

Oktari, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 50.

Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1170

Tatik Ariyanti. (2007). Pentingnya Pendidikan Anak Usia ini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. 7(3), 213-221.

Utami Munandar. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (p. 10). Jakarta: Rineka Cipta.

Vika Arlita. (2017). Menigkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Mencetak Dari Bahan Alam. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 71-78. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i1.4645

Wulansari, B. Y., & Sugito, S. (2016). Pengembangan model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan kualitas proses belajar anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 16. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.7919

Yeni Rachmawati, E. K. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak (p. 13). Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.