Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kode QR Dengan Insersi Budaya Lokal

Authors

  • Lestari Christine Hura Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Ahmad Samawi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Wuri Astuti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.2791

Keywords:

buku cerita, kode qr, budaya lokal

Abstract

Era digitalisasi saat ini sangat mempengaruhi aspek sosial emosional anak, hal ini di akibatkan karena berkurangnya kesempatan belajar anak dengan lingkungan. Artikel ini bertujuan menghasilkan sumber belajar berupa buku cerita bergambar yang memanfaatkan budaya lokal untuk menstimulasi sosial emosional anak usia 5-6 tahun  berbasis kode QR. Penelitian ini menggunakan metode  Research and Development dengan modifikasi model ADDIE. Penilaian produk melibatkan  ahli dan pengguna (Guru & Anak). Pengumpulan data validasi produk oleh ahli dan pengguna (Guru) menggunakan angket, sedangkan pengumpulan data pada uji coba produk yang dilaksanakan kepada 18 anak di KB & TK Lab UM pada tanggal 19 hingga 20 April 2022 menggunakan lembar observasi. Hasil uji validasi dan uji coba produk kemudian di analisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif yang dikembangkan oleh Akbar. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan mampu merangsang kegiatan belajar anak dalam menstimulasi sosial emosional melalui inovasi sumber belajar yang menarik, efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ananda, (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif pada Anak KB. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/3

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2019). Model Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif di Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 33-46. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/2356

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Fatawa Publishing.

Damanhuri, Z., Tasripin, N., Baharudin, N. S., Hazwani, N., Wahi, A., Syazwanie, N., & Zamal, M. (2022). Ekspresi Emosi Positif Ibu Bapa Mempengaruhi Masalah Tingkah. Jurnal ILMI, 93-104. http://www.unimel.edu.my/journal/index.php/JILMI/article/view/1030

Dhida, T. T. (2021). The Effect of Animation Video Learning Media on Social Emotional Development of Early Children: A Literature Review. Early Childhood Education and Development Journal, 47-58. https://jurnal.uns.ac.id/ecedj/article/view/50182

Elias, M. J., Zins, J. E., & Weissberg, R. P. (2000). Promoting social and emotional learning: Guidelines for educators. Adolescence, 35(137), 221..

Firmansyah, G., & Hariyanto, D. (2019). The use of QR code on educational domain: A research and development on teaching material. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(2), 265–278. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i2.13467

Gerlach, V. S., & Elly, D. P. (1980). Teaching and Media a Systematic Approach. New-Jersey: Prentice-Hall.

Guslinda. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/4c2hx

Gutchess, A. H., & Indeck, A. (2009). Cultural Influences on Memory. Progress Brain Research, 137-150.

Hidayat, H., Aulia, N., Tania, N., & G, T. S. (2021). Pengembanan Kreativitas Anak Usia Dini Mealui Media Pembelajaran Teknik Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 27–34. https://doi.org/10.24903/jw.v6i1.620

Jabbar, A. I., & Felicia, P. (2015). Gameplay Engagement and Learning in Game-Based. Review of Educational Research, 740-779. https://doi.org/10.3102/0034654315577210

Jannah, S. R., Yusuf, M., Choirudin, Darmayanti, R., & Ningtyas, D. P. (2023). The Effect of Instructional Media and Interpersonal Intelligence on Early Reading Skills. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1346-1353. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3515

Kasinathan, V., Abdul Rahman, N., & Che Abdul Rani, M. (2014). Approaching Digital Natives with QR Code Technology in Edutainment. International Journal of Education and Research, 2(4), 169–178. https://www.ijern.com/journal/April-2014/16.pdf

Khadijah, K., Arlina, A., Hardianti, R. W., & Maisarah, M. (2021). Model Pembelajaran Bank Street dan Sentra, serta Pengaruhnya terhadap Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1960–1972. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1054

KOMINFO. (2014). Siaran Pers No. 17/PIH/KOMINFO/2/2014 tentang Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. Website Resmi Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI.

Kompasiana.com. (2019, October 23). Dampak Penggunaan Gadget pada Interaksi Suami-istri. KOMPASIANA. https://www.kompasiana.com/rahmanisajuliana/5db043b0097f3604920cbbc2/dampak-penggunaan-gadget-pada-interaksi-suami-istri

Kumyati. (2013). Keefektifan Bahan Ajar Cerita Terpadu dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1-8. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/751

Kurniati, A., Kudus, I., Marwah, M., & Hartati, H. (2020). Pembelajaran Kearifan Lokal Pakaian Adat Suku Buton bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1101–1112. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.737

Kusna, S. L. (2019). Buku Pendamping untuk Pendidik PAUD dalam Mengenalkan Kearifan Lokal Bojonegoro. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 95–113. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.215

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940

Magdalena. P. d. (2021). Tulisan Bersama Tentang Media Pembelajaran SD. CV Jejak (Jejak Publisher).

Masahiro Hara Engineer Denso Penemu QR Code Pengganti Barcode Dalam Industri. (2020, September 30). wilter.co.id. https://wilter.co.id/masahiro-hara-engineer-denso-penemu-qr-code-pengganti-barcode-dalam-industri

Miftaf. (2015). Peran dan Fungsi Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Untuk PAUD. Teknodik, 1-11. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/145

Muslih. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT pada Lembaga Pendidikan Non-Formal TPQ. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 215-234.

Nur, H. (2021). Teachers and Students’ Perception Using Quick Response (QR) Program in EFL Teaching and Learning [Masters, IAIN Parepare]. http://repository.iainpare.ac.id/2137

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 103-111. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/595

Pakpahan, A. F. dkk., (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Permendikbud No 137 Tahun 2014. (2014). BSNP. https://bsnp-indonesia.org/permendikbud-no-137-tahun-2014-3

Pratiwi, A., & Ayriza, Y. (2018). Improvement of Interpersonal and Intrapersonal. Psychological Research and Intervention. https://journal.uny.ac.id/index.php/pri/article/view/21192

Rivai;, N. S. A. (2013). Media Pengajaran (Jakarta) [Text]. Sinar Baru Algensindo Offset. http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=4862

Rusman, K. D., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru (1st ed). Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, I. B., Darmada, I. M., & Suarta, I. M. (2022). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Bernuansa Budaya Lokal untuk Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan CItra Bakti, 308-320. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/673

Setyawan, F. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 92-98. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3490

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Sukatin, Q. Y. H. (2020). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 156–171. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7311

Supriyatno, H. (n.d.). Lunturnya Budaya Tradisional di Era Digital. Harian Bhirawa Online. Retrieved May 21, 2022. https://www.harianbhirawa.co.id/lunturnya-budaya-tradisional-di-era-digital

Suyadi, S., & Selvi, I. D. (2019). Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 373–382. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.345

Syafdaningsih, S., & Pratiwi, W. (2022). Pengembangan Video Cerita Anak Tema Budaya Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4199–4209. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2336

Symons, D. K., Peterson, C. C., Salughter, V., Roche, J., & Doyle, F. (2005). Theory of Mind and Mental State Discourse During Book Reading and Story-Telling Tasks. British Journal of Development Psychology, 81-102. https://bpspsychub.onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1348/026151004x21080

Tan, K. H., & Chee, K. (2021). Exploring the Motivation of Pupils towards the Implementation of QR Codes in Pronunciation Learning. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 10, 204. https://doi.org/10.36941/ajis-2021-0018

Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484–493. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170

Tridhonanto, A., & Agency, B. (2009). Melejitkan Kecerdasan Emosi (EQ) Buah Hati. Elex Media Komputindo.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI]. (n.d.). Retrieved January 3, 2022. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Wang, Q., & Fivush, R. (2005). Mother-Child Conversations of Emotionally Salient Events: Exploring the Fungtions of Emotional Reminiscing in European American and Chinese Families. Social Development, 473-495. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1467-9507.2005.00312.x

Wijayanti, R., & Fauziah, P. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304-1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452–462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Zins, J. E., & Elias, M. J. (2007). Promoting social and emotional learning : guidelines for educators. Journal of Educational and Psychological Consultation, 233-255. https://eric.ed.gov/?id=ED414020

Downloads

Published

04-07-2023

How to Cite

Hura, L. C., Samawi, A., & Astuti, W. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kode QR Dengan Insersi Budaya Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3692–3712. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.2791

Issue

Section

Articles