Implementasi Asesmen Otentik pada Pembelajaran di Masa Covid-19 dalam Mengoptimalkan Tumbuh- Kembang Anak Usia Dini

Author


I Wayan Karta(1Mail), I Made Suwasa Astawa(2), Baiq Nada Buahana(3), Filsa Era Sativa(4),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mataram, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mataram, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mataram, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Mataram, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 264KB]  Language: id
Published : 2022-07-19
Copyright (c) 2022 I Wayan Karta

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 152 times PDF Downloaded: 80 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi asesmen otentik pada pembelajaran dimasa covid-19 dalam mengoptimalkan tumbuh-kembang anak. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menerapkan teknik sampel kluster porpusive sampling. Partisipan pada penelitian ini terdiri dari 80 anak, dan 30 orang penyelenggara pendidikan anak usia dini (6 guru, 6 kepala sekolah dan 6 lembaga administrasi, 6 anggota masyarakat, dan 6 pemegang kebijakan). Instrumen pengumpul data, adalah wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumen. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan ordinal. Ditemukan guru, kepala sekolah, tenaga administrasi, anggota masyarakat, dan pemegang kebijakan pendidikan berpartisipasi secara positif pada implementasi asesmen otentik dalam pembelajaran dimasa covid-19 sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Implementasi asesmen otentik pada pembelajaran dimasa covid-19 dapat mengoptimalkan tumbuh-kembang anak usia dini, terutama aspek pisik-motorik, kognitif, dan agama/moral.


Keywords


asesment otentik; pembelajaran; tumbuh kembang anak

References


Afif, N., & Qowwim, A. N. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Anak Usia Dini. El Athfal Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1, 57-63.

Aprianti, N., & Sugito, S. (2022). Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Literature Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2785-2794. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1663

Binsa, U. H., & Handayani, I. N. (2020). Implementasi Asessmen Otentik dalam Mengembangkan Multiple Intelligences di TKIT Baitussalam Prambanan. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(1), 52. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i1.414

Crain, W. P. Y. S. (2007). Theories of Development, Concepts and Applications Third Edition (Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi) (Pertama). Pustaka Pelajar.

Dale H. Schunk, Paul R. Pintrich, J. L. M. D. E. T. (2012). Motivasi dalam Pendidikan Teori, Penelitian, dan Aplikasi (Edisi Ketiga). PT Indeks.

Dewi, I. D. A. L., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Instrumen Asesmen Untuk Mengukur Perkembangan Fisik Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 416.

Ermawati, S., & Taufiq, H. (2017). Penilaian Autentik dan Relevansinya dengan Kualitas Hasil Pembelajaran (Persepsi Dosen dan Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 92-103.

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Hartati, S., & Zulminiati, Z. (2020). Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1035-1044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521

Hindrasti, N. E. K., Amelia, T., & Nofiana, M. (2020). Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Asesmen Autentik Keterampilan Abad ke-21 untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi. Pedagogi Hayati, 4(2), 79-86.

Indriani, L. K. 2Ali W. M. 3. (2021). Strategi Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Di Masa Pendemi COVID-19. J-SANAK: Jurnal Kajian Anak, 3(1), 38-47. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v3i01.1510

Jamaluddin, M., & Faroh, N. (2019). Muhammad Jamaluddin , Nailil Faroh Math Didactic : Jurnal Pendidikan Matematika Pengembangan Asesmen Autentik Berupa Penilaian Proyek. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 227-236. https://doi.org/10.33654/math.v5i3.729

Karta, I Wayan, Dadi Stiadi, Ismail, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FKIP Unram.

Marhaeni, A. A. I. N., & Kusuma, I. P. I. (2017). Analisis Implementasi Asesmen Autentik pada Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMA di Bali. Seminar Nasional Riset Inovatif 2017, 555-561.

Muri, Y. A. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Prenada Media Group.

Nisrokha. (2018). Authentic Assessment (Penilaian Otentik). Jurnal Madaniyah, 08(2), 209-229.

Olson, B. R. H. &Matthew H. D. B. T. W. B. S. (2010). Theories Of Learning (Teori Belajar) (Edisi Ketujuh). Kencana Prenada Media Group.

Panji Yudha, R. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Otentik Tes Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 9-20. https://doi.org/10.31943/mathline.v4i1.101

Permendikbud. (2018). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud. (2014). Tentang Standar PAUD Memuat Standar PAUD dan No 146 Tentang Kurikulum PAUD. Kemdikbud.

Philpott, S. C., & Muthukrishna, N. (2019). The practice of partnerships: A case study of the disabled children's action group, South Africa. South African Journal of Childhood Education, 9(1), 1-11. https://doi.org/10.4102/sajce.v9i1.729

Prihantoro, A. (2021). Kegagalan Pelaksanaan Asesmen Autentik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Dan Menengah. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(1), 29 - 54. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v11i1.688

Purwanti, E., Sulistyorini, S., Sismulyasih, N., Trimurtini, Ansori, I., & Marjuni. (2021). Asesmen Otentik Berbasis Teknologi Plickers Bagi Siswa Sd Masa Pandemi Covid-19. Sarwahita, 18(01), 1-10. https://doi.org/10.21009/sarwahita.181.1

Rasmini, N. W., & Karta, I. W. (2021). Analysis of the Impact of Storytelling Methods on Early Childhood Religion and Moral Development. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1147-1157. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1719

Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25-34.

Salim, L., Apriyanti, P., Andriani, T. A., & Hikmawan, R. (2021). Solusi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Era. Conference Series Journal, 01(01), 1-6.

Septiani, W. E., & Yeni, I. (2021). Stimulasi lagu dalam pengembangan seni anak usia dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 96-106. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.498

Suryana, D., Khairma, F. S., Sari, N. E., Lina, Mayar, F., & Satria, S. (2020). Star of The Week Programs Based on Peer Relationship for Children Social Emotional Development. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 288-302. https://doi.org/10.21009/JPUD.142.07

Wahidah, F. A. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. Jurnal Pendidikan, 4(1), 44-62.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626


Refbacks

  • There are currently no refbacks.