An Application of Multimodal Text-Based Literacy Activities in Enhancing Early Children’s Literacy

Author


Endang Fatmawati(1), Nanda Saputra(2), Magdalena Ngongo(3), Ridwin Purba(4), Herman Herman(5Mail),
Informasi dan Humas, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Bahasa Indonesia, STIT Al-Hilal Sigli, Aceh, Indonesia(2)
Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Kristen Artha Wacana, Kupang, Indonesia(3)
Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Simalungun, Pematangsiantar, Indonesia(4)
Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 201KB]  Language: en
Published : 2022-07-19
Copyright (c) 2022 Endang Fatmawati, Nanda Saputra, Magdalena Ngongo, Ridwin Purba, Herman Herman

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 395 times PDF Downloaded: 78 times

Abstract


Salah satu program pengembangan yang sangat penting dalam pendidikan anak usia dini adalah pengembangan bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kegiatan literasi denngan menggunakan Kegiatan Literasi Berbasis Teks Multimodal untuk anak usia dini di salah satu sekolah TK di Pematangsiantar. Metode deskriptif kualitatif diterapkan dalam penelitian ini. Sumber data penelitian ini adalah anak usia dini sebanyak 26 siswa. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data. Triangulasi teknik dan triangulasi sumber digunakan dalam analisis data. Proses interpretasi data yang terkumpul menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengalami peningkatan kenyamanan lingkungan belajar peserta didik dengan persentase peningkatan rata-rata sebesar 15,8% sehingga kegiatan literasi berbasis multimodal ini layak untuk dikembangkan dan dilaksanakan pada anak usia dini. Para peneliti juga menyarankan agar pihak sekolah memahami pentingnya membangun lingkungan literasi yang baik di dalam kelas dalam mendukung penerapan literasi berbasis multimodal untuk perkembangan kemampuan literasi anak


Keywords


literacy; multimodal; early childhood

References


Ahmad, F. (2018) Media Literasi Sekolah : Teori Dan Praktik. Pilar Nusantara.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2017) Multimodal Analysis. Dee Publish.

Culache, O., & Obadă, D. R. (2014). Multimodality as a Premise for Inducing Online Flow on a Brand Website: A Social Semiotic Approach. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 261-268. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.08.227

Herman, H., Purba, R., Sijabat, P. A., Saputra, N., Muhammadiah, M., & Thao, N. V. (2022). Investigating the Realization of Speech Function in a Speech through Systemic Functional Linguistics Perspective. Script Journal: Journal of Linguistics and English Teaching, 7(01), 31-41.

Herman, H., Sherly, S., Sinaga, Y. K., Sinurat, B., Sihombing, P. S. R., Panjaitan, M. B., Purba, L., Sinaga, J. A. B., Marpaung, T. I., and Tannuary, A. (2022). Socialization of the implementation of digital literacy for educators and students in the digital era in Pematangsiantar city. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 5(6), 1683-1689. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i6.5864

Herman., Purba, R., Thao, N. V., & Purba, A. (2020). Using Genre-based Approach to Overcome Students' Difficulties in Writing. Journal of Education and E-Learning Research, 7(4), 464-470. https://doi.org/10.20448/journal.509.2020.74.464.470

Hutabarat, E., Herman, Silalahi, D.E., and Sihombing, P. S. R. (2020). An Analysis of Ideational Metafunction on News Jakarta Post about Some Good Covid-19 Related News. VELES Voices of English Language Education Society, 4(2), 142-151. https://doi.org/10.29408/veles.v4i2.2526

Murica (2018). Interactive and multimodal pedagogy: A case study of how teachers and students use interactive whiteboard technology in primary science, Australian Journal of Education, 58(1), pp. 74-88. https://doi.org/10.1177/0004944113517834

Nasution, T., Afrianti, D., Tukiyo, Sulistyani, and Herman. (2022). Critical Discourse Analysis in the Classroom: A Critical Language Awareness on Early Children's Critical Thinking. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4992-5002.

Ngongo, M., Maromon, E., Loba, D., and Herman. (2022). A systemic functional linguistics analysis of text transitivity of Mathew Gospel, New Testament of Kupang Malay. World Journal of English Language, 12(5), 188-201. https://doi.org/10.5430/wjel.v12n5p188

Ngongo, M., Purba, R., Thao N, V., & Herman. (2022). An Application of Compositional Metafunctions in Improving Children's Ability to Learn English Through Images. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(3), 1177-1188. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i3.202214

Patriana, W. D., Sutama, S. and Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah, Jurnal Basicedu, 5(5), pp. 3413-3430. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302

Pendidikan, D. K. (2021). Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2 Modul Literasi Numerasi.pdf.

Purnaningwulan, R. D. (2015). Analisis Multimodal iklan Shampoo. Commonline Departemen Komunikasi., 4.

Purnomosari, E., Indrawati, I., and Pirunika, S. (2022). Penerapan literasi pada anak usia 5-6 tahun sebagai upaya persiapan masuk ke jenjang SD/MI. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3381-3390.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2348

Sari, S. (2020). Analisis Multimodal. Journal Of Reflection : Ekonomic, Accounting, Management Business, 3, pp. 291-300.

Sihombing, P. S. R., Herman., & Saputra, N. (2022). How to teach English conversation? An implementation of a multimodal discourse analysis through images. English Review: Journal of English Education, 10(2), 431-438.

Simanjuntak, M.M., Saputra, N., Afrianti, D., Mulyadi, J. and Herman. (2022). Implementing Multimodal Literacy to Improve Students' Ability in Literacy for Classroom Practice. Sarcouncil Journal of Education and Sociology, 1(4), 1-5

Sinambela, P., Siregar, R., Tambunan, T. A., Pandiangan, O. M. B., Sianipar, D. A., Herman, and Sigiro, M. (2022). Implementasi gerakan belajar dalam meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan. Jurma : Jurnal Program Mahasiswa Kreatif, 6(1), 178-187.

Tirtaatmaja, D. I., Tampi, J. R. E. and Punuindoong, A. Y. (2019). Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza pada PT. Hasjrat Abadi Tendean Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 90. https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23704.90-95

Toharudin, U., dkk (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik, Humaniora.

Zukhrufurrohmah, Z. and Putri, O. R. U. (2021). Pendampingan Pengembangan Instrumen Berciri Literasi Numerasi dalam Menyiapkan AKM pada Guru SD. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(2), 249-260.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.