Author
Moh. Wardi(1), Fandi Fandi(2), Ismail Ismail(3), Supandi Supandi(4),
Pendidikan Agama Islam, Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien, Sumenep, Indonesia(1)
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan, Indonesia(2)
Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat, Pamekasan, Indonesia(3)
Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Madura, Pamekasan, Indonesia(4)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-01-07
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 410 times PDF Downloaded: 167 timesAbstract
Kompetensi pengawas yang serumpun atau satu disiplin keahlian di bidang RA di Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan hanya memiliki empat (4) orang SDM pengawas, Kekurangan SDM pengawas ini mengakibatkan distribusi dan intensitas kunjungan pengawas menjadi minim dan memenuhi kendala pada masing-masing madrasah binaan. Tujuan penelitian ini memperoleh solusi alternatif upaya Kementerian Agama dalam percepatan kesediaan dan distribusi pemerataan SDM Pengawas serta peningkatan kompetensi ketenagaan pengawas di Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini meliputi 11 Pengawas RA aktif di Kementerian Agama Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama Tersedianya tenaga SDM Pengawas RA dengan menyesuaikan kebutuhan jumlah lembaga jenjang RA Kabupaten Pamekasan. Kedua, Distribusi dan pemerataan SDM Pengawas RA sesuai jumlah lembaga RA di Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan. Ketiga, Peningkatan mutu SDM Pengawas pada jenjang RA melalui e-monev Sistem Informasi Akademik Manajerial (SIAM) RA di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Pamekasan.
Keywords
References
Arevalo, J. A., Mitchell, S. F., Rands, G., & Starik, M. (2020). Guest Editors’ Introduction to the Special Issue: Sustainability in Management Education. Journal of Management Education, 44(6), 683–698. https://doi.org/10.1177/1052562920962832
Baharun, H., Hefniy, H., Silviani, S., Maarif, M. A., & Wibowo, A. (2021). Knowledge Sharing Management: Strategy for Improving the Quality of Human Resources. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 129–139. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1831
Creswell, J. W. (2002). Research Design: Qualitatitif, Quantitatif, dan Mixed Methods Approaches, Terj. Nur Khabibah. KIK Press.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research, trans. Dariyanto and et. al. Student Library.
Dunan, H. (2017). Upaya Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Dalam Pembinaan Kinerja Pengawas PAI di Kemeterian Agama Kabupaten Kaur. Al-Bahtsu, 2(1), 61–72. https://doi.org/10.32729/edukasi.v1i3.382
Hasan, M. I. (2002). Metode Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia.
Hasyim, F., & Wijaya, A. (2019). Peningkatan Mutu Akreditasi Perguruan Tinggi Menggunakan Sistem Manajemen Dokumen Elektronik (Electronic Document Management System). NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications), 4(2), 79. https://doi.org/10.36564/njca.v4i2.127
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622
Idrus, A. Al, Karnan, K., & Setiadi, D. (2019). Analisis Kesiapan Akreditasi Berbasis SAPTO Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(2), 211–216. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.32
Israpil. (2019). Mengukur Kompetensi Pengawas Madrasah di Kota Kendari. Educandum, 5(1), 157–179. https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/220
Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R., & Hadi, Y. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177-186. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529
Kusbudiah, Y. (2018). Peningkatan Kompetensi Kepala Raudlatul Athfal (RA) Dalam Mengembangkan Pembelajaran Melalui Mata Diklat Pengembangan Kompetensi Supervisi. Tatar Pasundan Jurnal Diklat Keagamaan, XII(32), 23–31. https://doi.org/10.38075/tp.v12i32.51
Lestari, I., & Pratama, M. (2020). Pemanfaatan TIK Sebagai Media Pembelajaran dan Sumber Belajar oleh Guru TIK. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(2), 95–102. https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i2.2634
Lilis, L., Fiyul, A. Y., & Yurna. (2021). Manajerial Supervisi Akademik Pengawas, Kepala dan Guru Sekolah Dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Pedagogik di Raudlatul Athfal. Jurnal El-Audi, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.56223/elaudi.v2i1.22
Misyana, Sumantri, M. S., Dhieni, N., & Karnadi. (2022). Guru Profesional: Mengintegrasikan Informations And Communication Technologies (ICT) dalam Pembelajaran PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 945–951. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1606
Moleong, L. . (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT .Remaja Rosdakarya. PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Muhadjir, N. (2002). Metodologi Keilmuan: Paradigma Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Rake Sarasin.
Nuraeni, R., & Irawan, I. (2021). Implementation of Scientific Integration Concept Monitoring and Evaluation on the Pesantren Learning Curriculum. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 86–95. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i2.2186
Nurbani, N., Koriaty, S., & Puspitasari, H. (2019). Pengembangan Modul Elektronik Mata Kuliah Sistem Digital Untuk Program Studi Pendidikan Tik. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 8(1), 52. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1007
Nurdiansyah, N. M., & Hudriyah, H. (2021). Policy and Implementation of Education Management Based on Madrasah. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 14–27. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1416
Purnomo, B., Wahyudi, A., & Suprayitno. (2016). Analisis pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan budaya kerja terhadap kinerja pegawai kantor pertanahan kabupaten kebumen dengan motivasi sebagai variabel moderasi. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 10(1), 106–118. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/1253
Puspitasari, E., Novianti, R., & Zulkifli, N. (2022). Pengembangan Sistem Penilaian Pembelajaran PAUD melalui Aplikasi SAKA. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1346–1356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1726
Rasmani, E. U. E., Rahmawati, A., Palupi, W., Jumiatmoko, Zuhro, N. S., & Fitrianingtyas, A. (2021). Manajemen Soft skills Guru dalam Menguatkan Mutu Pembelajaran di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 886–893. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1584
Rivaie, W. (2018). Optimalisasi Peran Pengawas Sekolah dan Esensi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 3(1), 89–95. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/lp3m/article/view/37804
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.
Salim, S., & Hasanah, E. (2021). Principal Leadership in Developing Al-Qur’an Learning Management. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 83–94. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i1.1673
Sanyal, C., & Rigg, C. (2021). Integrating Mindfulness Into Leadership Development. Journal of Management Education, 45(2), 243–264. https://doi.org/10.1177/1052562920934040
Sudarti, & Diana. (2021). Analisis pemanfaatan tik calon guru pendidikan anak usia dini dalam pengembangan media pembelajaran. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 10(1), 17–20. https://doi.org/10.29406/jpk.v10i1.2819
Sudibyo, L. (2011). Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Widyatama, 20(2), 175–185. http://ejurnal.veteranbantara.ac.id/index.php/widyatama/article/view/113
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Suhirman. (2015). Pemanfaatan Teknologi Multimedia Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Madania: Jurnal Kajian Keislaman. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/madania/article/view/36
Sunhaji, S. (2017). Between Social Humanism and Social Mobilization: The Dual Role of Madrasah in the Landscape of Indonesian Islamic Education. Journal of Indonesian Islam, 11(1), 125–144. https://doi.org/10.15642/JIIS.2017.11.1.125-144
Wahyudin, U. R. (2022). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 652–663. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1357
Wardi, M. (2013). Problematika pendidikan islam dan solusi alternatifnya (Perspektif Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis). Tadris, 8(1), 54–70. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/tadris/article/view/383
Wiyani, N. A. (2011). Transformasi Menuju Madrasah Bermutu Terpadu. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(2), 205–217. https://doi.org/10.24090/insania.v16i2.1588
Yanuarti, R., & Rusman, R. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) oleh guru di sekolah penerima Universal Service Obligation (USO). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 69–83. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i2.19441
Yuliyati, E. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Total Quality Management Di Smk Muhammadiyah Prambanan. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 24–35. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.967
Refbacks
- There are currently no refbacks.