
Author
Indah Sri Anggita(1

Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(4)

Article Analytic |
Published : 2022-06-20
Copyright (c) 2022 Indah Sri Anggita
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 530 times
PDF Downloaded: 228 times
Abstract
Salah satu implikasi dari lemahnya literasi digital guru yaitu menurunya standar pencapaian kompentsi anak pada sektor kemampuan kognitif. Tujuan dalam penelitian ini adalah: meneliti literasi digital guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di RA. Metode Penelitian yang digunakan menggunakna pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah satu orang kepala sekolah, tiga orang guru kelas Tk A dan B, dengan 23 peserta didik. Teknik analisis data berupa induktif, meliputi tiga tahap yaitu redukasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan, adapun teknik validity menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi literasi digital guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Literasi digital guru dilakukan untuk meningkatkan standar pencapaian anak sesuai dengan kemendikbud 137. Ketiga implikasi literasi digital guru di RA adalah yaitu guru mampu meningkatkan mutu pendidikan pada saat pembelajaran daring.
Keywords
References
Abdullah, M. A. (1995). Dimensi Epistemologis-Metodologis Pendidikan Islam. Jurnal filsafat.
Fatmawati, N. I. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Madani Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan (Vol. 11, Issue 2, pp. 119-138). http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/1602
Fauziddin, M., Suryanti, & Wiryanto. (2022). Community-Based Education and Regional Culture , Has It Been Put into Practice ? AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 1069-1078. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.2067
Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57-62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Habibah, U., Hasibuan, R., & Setyowati, S. (2021). Keefektifan Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan Mengungkapkan Bahasa Anak. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 81-91. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1427
Janer Simarmata, T., Sihotang, J. I., Karim, A., Purba, R. A., Hazriani, M. E. K., Gustian, D., Siregar, M. N. H., Fadhilla, Y., & Jamaludin. (2021). Kerangka Literasi Digital. Yayasan Kita Menulis.
Kahfi, A. (2021). Dampak pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 terhadap perkembangan kognitif anak. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 14-23. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/219
Kurnia, N. (2019). Literasi Digital Keluarga Teori dan Praktik Pendampingan Orang Tua dalam Berinternet. Gadjah Mada University.
Mudjono. Dimyati. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/literasi-DIGITAL.pdf
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Permendikbud. (2014). Standar Nasional PAUD Nomor 137 tahun 2014. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Prayoga, A., & Muryanti, E. (2021). Peran Guru Dalam Pengenalan Literasi Digital Pada Anak Usia Dini Pada Masa Covid-19 Di Tk Se-Kecamatan Pauh Duo. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 11-22. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/7538
Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp sebagai Media Literasi Digital Siswa. Jurnal Varidika, 1(1), 52-57. https://doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8904
Salehudin, M. (2020). Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 106-115. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/10259
Suryati. (2022). Wawancara Bersama Kepala Sekolah di RA Nurul Yaqin Kampar RIAU. Data Penelitian
Wardhana, W. S. (2020). Strategi pengembangan kompetensi guru secara mandiri di era literasi digital. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 4(1), 424-431. http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA/article/view/3704
Yulpita. (2022). Wawancara Bersama Guru Kelas di RA Nurul Yaqin Kampar. Data Penelitian
Zabidi, M. N., & Tamam, A. B. (2021). Keefektifan Upaya Meningkatkan Literasi Digital Pada Pesantren Rakyat Di Al-Amin Sumber Pucung Malang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 48-58. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.44
Refbacks
- There are currently no refbacks.