Pedoman Literasi Digital Guru untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini

Author


Indah Sri Anggita(1Mail), Hibana Yusuf(2), Naimah Naimah(3), Khamim Zarkasih Putro(4),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 313KB]  Language: id
Published : 2022-06-20
Copyright (c) 2022 Indah Sri Anggita

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 530 times PDF Downloaded: 228 times

Abstract


Salah satu implikasi dari lemahnya literasi digital guru yaitu menurunya standar pencapaian kompentsi anak pada sektor kemampuan kognitif. Tujuan dalam penelitian ini adalah: meneliti literasi digital guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak di RA. Metode Penelitian yang digunakan menggunakna pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah satu orang kepala sekolah, tiga orang guru kelas Tk A dan B, dengan 23 peserta didik. Teknik analisis data berupa induktif, meliputi tiga tahap yaitu redukasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan, adapun teknik validity menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi literasi digital guru untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Literasi digital guru dilakukan untuk meningkatkan standar pencapaian anak sesuai dengan kemendikbud 137. Ketiga implikasi literasi digital guru di RA  adalah yaitu guru mampu meningkatkan mutu pendidikan pada saat pembelajaran daring.


Keywords


literasi; digital kognitif anak; anak usia dini

References


Abdullah, M. A. (1995). Dimensi Epistemologis-Metodologis Pendidikan Islam. Jurnal filsafat.

Fatmawati, N. I. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Madani Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan (Vol. 11, Issue 2, pp. 119-138). http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/1602

Fauziddin, M., Suryanti, & Wiryanto. (2022). Community-Based Education and Regional Culture , Has It Been Put into Practice ? AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 1069-1078. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.2067

Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57-62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Habibah, U., Hasibuan, R., & Setyowati, S. (2021). Keefektifan Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan Mengungkapkan Bahasa Anak. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 81-91. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1427

Janer Simarmata, T., Sihotang, J. I., Karim, A., Purba, R. A., Hazriani, M. E. K., Gustian, D., Siregar, M. N. H., Fadhilla, Y., & Jamaludin. (2021). Kerangka Literasi Digital. Yayasan Kita Menulis.

Kahfi, A. (2021). Dampak pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 terhadap perkembangan kognitif anak. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 14-23. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/219

Kurnia, N. (2019). Literasi Digital Keluarga Teori dan Praktik Pendampingan Orang Tua dalam Berinternet. Gadjah Mada University.

Mudjono. Dimyati. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan. http://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/literasi-DIGITAL.pdf

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Permendikbud. (2014). Standar Nasional PAUD Nomor 137 tahun 2014. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prayoga, A., & Muryanti, E. (2021). Peran Guru Dalam Pengenalan Literasi Digital Pada Anak Usia Dini Pada Masa Covid-19 Di Tk Se-Kecamatan Pauh Duo. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 11-22. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/7538

Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp sebagai Media Literasi Digital Siswa. Jurnal Varidika, 1(1), 52-57. https://doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8904

Salehudin, M. (2020). Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 106-115. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/10259

Suryati. (2022). Wawancara Bersama Kepala Sekolah di RA Nurul Yaqin Kampar RIAU. Data Penelitian

Wardhana, W. S. (2020). Strategi pengembangan kompetensi guru secara mandiri di era literasi digital. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 4(1), 424-431. http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA/article/view/3704

Yulpita. (2022). Wawancara Bersama Guru Kelas di RA Nurul Yaqin Kampar. Data Penelitian

Zabidi, M. N., & Tamam, A. B. (2021). Keefektifan Upaya Meningkatkan Literasi Digital Pada Pesantren Rakyat Di Al-Amin Sumber Pucung Malang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 48-58. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.44


Refbacks

  • There are currently no refbacks.