Abstract


Rendahnya kehadiran guru laki-laki di ranah pendidikan anak usia dini menjadi permasalahan penting bagi perkembangan anak usia dini terkhusus dalam hal perkembangan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat laki-laki memilih profesi guru PAUD. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PAUD laki-laki di Indonesia, sedangkan sampel penelitian adalah sampel tersedia sebanyak lima orang guru PAUD laki-laki dengan status di satuan PAUD dan lama mengajar yang berbeda. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara untuk memperoleh informasi mengenai faktor minat laki-laki memilih profesi guru PAUD. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan metode coding melalui tahapan open coding, axial coding dan selective coding. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat laki-laki memilih profesi guru PAUD dapat dilihat melalui tiga sudut pandang. Penelitian ini memberikan informasi kebaharuan prihal pentingnya kehadiran guru laki-laki bagi anak usia dini ditengah rendahnya kehadiran guru PAUD laki-laki di Indonesia, dengan diketahuinya faktor minat guru laki-laki memilih profesi guru PAUD akan mampu memberikan stimulus dan bahan pengambilan kebijakan bagi pemangku kebijakan untuk meningkatkan kehadiran guru PAUD laki-laki.


Keywords


guru laki-laki; minat; pendidikan anak usia dini.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.