Peningkatan Bahasa Ekspresif Anak Usia 3-4 Tahun melalui Buku Cerita Little Abid

Author


Ulil Hidayati(1Mail), Ratna Wahyu Pusari(2), Anita Chandra Dewi Sagala(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Semarang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 579KB]

Published : 2024-04-27

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 884 times PDF Downloaded: 287 times

Abstract


Pada anak usia dini bahasa ekpresif perlu ditingkatkan, karena bahasa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tujuan pengambilan data ini untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 3-4 tahun melalui buku cerita Little Abid. Metode yang digunakan penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) membuat perencanaan; (2) melakukan tindakan; (3) mengadakan pengamatan terhadap tindakan; (4) merefleksi hasil pengamatan tindakan. Sebanyak 13 anak menjadi subyek. Perbaikan teknik penyampaian cerita ditunjukkan sebagai berikut: (1) teknik dalam membacakan buku cerita dengan cara yang menyenangkan; (2) menjiwai karakter tokoh dalam cerita; (2) memahami alur cerita; (3) menggunakan mimik muka intonasi dan gerak tubuh; (4) anak-anak dilibatkan dalam bercerita. Hasil pratindakan menunjukkan belum ada anak dengan kriteria capaian baik. Setelah siklus I, data menunjukkan 38,46% dan di akhir siklus II menjadi 92,31%. Buku cerita Little Abid merupakan buku cerita yang berisi cerita sederhana yang mudah dimengerti naka disertai gambar yang menarik sesuai dengan tema. Dengan demikian bercerita menggunakan buku cerita Little Abid dengan baik dan menyenangkan dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.


Keywords


anak usia dini; bahasa ekspresif; buku cerita

References


Afnida, M., Fakhriah, & Fitriani, D. (2016). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak Pada Tk a Di Banda Aceh. 1(1), 53–59. http://www.jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/399/483

Amri, N. A. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 105. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4864

Anggalia, A., & Karmila, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Muca (Moving Mouth Puppet) Pada Kelompok A TK Kemala Bhayangkari 01 Semarang. Paudia, 3(2), 133–159. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v3i2%20Oktober.509

Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 404. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224

Aprinawati, I. (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. 1(1), 12–18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Aris, A., & Kusumaningrum, A. T. (2017). Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita Dengan Membacakan Buku Cerita Bermedia Gambar Pada Anak Pra Sekolah. 2(2). file:///D:/Artikel ku/Jurnal Referensi/1096-3430-1-PB.pdf

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran (Cetakan ke). PT Rajagrafindo Persada.

Cahyani, I. (2018). Pemerolehan Dan Pembelajaran Bahasa Untuk. 2(1), 118–123. https://doi.org/https://doi.org/10.22216/jk.v2i1.3065

Dhieni, N. (2006). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dhieni, N., Fridani, L., Yarmi, G., & Kusniaty, N. (2005). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fadillah, N. N., Dewi, F., & Putri, S. U. (2019). Analisis Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Membaca Nyaring. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgpaudpwk/article/view/1761/1705

Fadlan, A., & Harianto, D. (2019). Efektivitas Metode Bercerita Dalam Perkembangan Bahasa Anak. Smart Kids Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 28–37. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i2.87

Fauziddin, M. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 42. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30

Ferliana, J. M., & Cht, A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Aktif pada Anak Usia Dini (Cetakan I). Luxima.

Gebrina, D., & Ichsan. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak TK. 5(02), 294–303. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3699

Grolig, L. (2020). Shared Storybook Reading and Oral Language Development: A Bioecological Perspective. Frontiers in Psychology, 11(August). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01818

Hastuti, D., & Yuwono, H. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. PUBLIKASI.pdfhttp://eprints.ums.ac.id/72821/1/NASKAH

Hidayah, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita.

Hurlock, B. E. (1978). Perkembangan Anak (Edisi Keenam) Terjemahan oleh Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.

Khoiriyah, & Rachman, A. U. (2018). Bercakap-cakap Sebagai Metode Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Early Childhood Care & Education JECCe, 1, 14–20. https://doi.org/https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.567

Khotimah, K., Mustaji, & Jannah, M. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Dan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 223–235. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.350

Morrison, G. S. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini (Edisi ke-1). Pustaka Pelajar.

Munawaroh, Kristanto, & D.S., A. C. (2018). Upaya Meningkatkan Bahasa Ekspresif Melalui Media Big Book Pada Kelompok B Tk Tunas Bhakti Damar Banyumanik Semarang. 128–138. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v7i1.2479

Ngura, E. T. (2018). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini Di Tk Maria Virgo Kabupaten Ende. 5(1), 6–14. http://ejournal.citrabakti.ac.id/index.php/jipcb/article/view/132/92

Nurkhaula, S., & Dewi, Y. A. S. (2018). Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B RA Riyadlul Jannah Wrati Kejayan Pasuruan. The 3rd Annual International on Islamic International Education. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/equkr

Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (Edisi Keti). Prenadamedia Group.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (n.d.). Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. 5(2), 2134–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Review Buku Little Abid. (n.d.). https://babyologist.com/blog/review-buku-little-abid-n22686

Sadiman, A. S. (2014). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Raja Grafindo Persada.

Santrock. (2007). Perkembangan Anak. PT. Erlangga.

Sardi, N. N., Marhaeni, A. A. I. N., & Jampel, N. (2015). Terhadap Kemampuan Berbahasa Dan Motivasi Anak Kelompok B TK Kunti II Dalung. 1–10. https://media.neliti.com/media/publications/123948-ID-pengaruh-pembelajaran-dengan-teknik-berc.pdf

Sriami, Haryono Emmanuel, S., & Muntommimah, S. (2021). Melior : Implementasi Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak Taman Kanak-Kanak. 1(1), 38–44. https://journal.actual-insight.com/index.php/melior/article/view/555/429

Suharsimi, A., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bina Aksara.

Susanti, M. E. (2018). Upaya Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini Di Tk Assalam 2 Pulau Singkep Bandar Lampung. MELISA DWI ASTUTI.pdfhttp://repository.radenintan.ac.id/5176/1/SKRIPSI

Suwartiningsih, S., Purwadi, P., & Pusari, R. W. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan pada Kelompok B di RA Al Muta’allimin Meteseh Tahun Ajaran 2017/2018. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v7i2.3268

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.). Jakarta.

Yuniati, S., & Rohmadheny, P. S. (2020). Bermain Peran: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 60. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.509


Refbacks

  • There are currently no refbacks.