
Author
Ulil Hidayati(1

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas PGRI Semarang, Indonesia(3)

Published : 2024-04-27
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 884 times
PDF Downloaded: 287 times
Abstract
Pada anak usia dini bahasa ekpresif perlu ditingkatkan, karena bahasa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tujuan pengambilan data ini untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 3-4 tahun melalui buku cerita Little Abid. Metode yang digunakan penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) membuat perencanaan; (2) melakukan tindakan; (3) mengadakan pengamatan terhadap tindakan; (4) merefleksi hasil pengamatan tindakan. Sebanyak 13 anak menjadi subyek. Perbaikan teknik penyampaian cerita ditunjukkan sebagai berikut: (1) teknik dalam membacakan buku cerita dengan cara yang menyenangkan; (2) menjiwai karakter tokoh dalam cerita; (2) memahami alur cerita; (3) menggunakan mimik muka intonasi dan gerak tubuh; (4) anak-anak dilibatkan dalam bercerita. Hasil pratindakan menunjukkan belum ada anak dengan kriteria capaian baik. Setelah siklus I, data menunjukkan 38,46% dan di akhir siklus II menjadi 92,31%. Buku cerita Little Abid merupakan buku cerita yang berisi cerita sederhana yang mudah dimengerti naka disertai gambar yang menarik sesuai dengan tema. Dengan demikian bercerita menggunakan buku cerita Little Abid dengan baik dan menyenangkan dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.
Keywords
References
Afnida, M., Fakhriah, & Fitriani, D. (2016). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak Pada Tk a Di Banda Aceh. 1(1), 53–59. http://www.jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/399/483
Amri, N. A. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 105. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4864
Anggalia, A., & Karmila, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Muca (Moving Mouth Puppet) Pada Kelompok A TK Kemala Bhayangkari 01 Semarang. Paudia, 3(2), 133–159. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v3i2%20Oktober.509
Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 404. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224
Aprinawati, I. (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. 1(1), 12–18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33
Aris, A., & Kusumaningrum, A. T. (2017). Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita Dengan Membacakan Buku Cerita Bermedia Gambar Pada Anak Pra Sekolah. 2(2). file:///D:/Artikel ku/Jurnal Referensi/1096-3430-1-PB.pdf
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran (Cetakan ke). PT Rajagrafindo Persada.
Cahyani, I. (2018). Pemerolehan Dan Pembelajaran Bahasa Untuk. 2(1), 118–123. https://doi.org/https://doi.org/10.22216/jk.v2i1.3065
Dhieni, N. (2006). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Dhieni, N., Fridani, L., Yarmi, G., & Kusniaty, N. (2005). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Fadillah, N. N., Dewi, F., & Putri, S. U. (2019). Analisis Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun melalui Kegiatan Membaca Nyaring. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgpaudpwk/article/view/1761/1705
Fadlan, A., & Harianto, D. (2019). Efektivitas Metode Bercerita Dalam Perkembangan Bahasa Anak. Smart Kids Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 28–37. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i2.87
Fauziddin, M. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 42. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30
Ferliana, J. M., & Cht, A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Aktif pada Anak Usia Dini (Cetakan I). Luxima.
Gebrina, D., & Ichsan. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak TK. 5(02), 294–303. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3699
Grolig, L. (2020). Shared Storybook Reading and Oral Language Development: A Bioecological Perspective. Frontiers in Psychology, 11(August). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01818
Hastuti, D., & Yuwono, H. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. PUBLIKASI.pdfhttp://eprints.ums.ac.id/72821/1/NASKAH
Hidayah, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita.
Hurlock, B. E. (1978). Perkembangan Anak (Edisi Keenam) Terjemahan oleh Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.
Khoiriyah, & Rachman, A. U. (2018). Bercakap-cakap Sebagai Metode Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Early Childhood Care & Education JECCe, 1, 14–20. https://doi.org/https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.567
Khotimah, K., Mustaji, & Jannah, M. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Dan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 223–235. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.350
Morrison, G. S. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini (Edisi ke-1). Pustaka Pelajar.
Munawaroh, Kristanto, & D.S., A. C. (2018). Upaya Meningkatkan Bahasa Ekspresif Melalui Media Big Book Pada Kelompok B Tk Tunas Bhakti Damar Banyumanik Semarang. 128–138. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v7i1.2479
Ngura, E. T. (2018). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini Di Tk Maria Virgo Kabupaten Ende. 5(1), 6–14. http://ejournal.citrabakti.ac.id/index.php/jipcb/article/view/132/92
Nurkhaula, S., & Dewi, Y. A. S. (2018). Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B RA Riyadlul Jannah Wrati Kejayan Pasuruan. The 3rd Annual International on Islamic International Education. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/equkr
Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini (Edisi Keti). Prenadamedia Group.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (n.d.). Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.
Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. 5(2), 2134–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Review Buku Little Abid. (n.d.). https://babyologist.com/blog/review-buku-little-abid-n22686
Sadiman, A. S. (2014). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Raja Grafindo Persada.
Santrock. (2007). Perkembangan Anak. PT. Erlangga.
Sardi, N. N., Marhaeni, A. A. I. N., & Jampel, N. (2015). Terhadap Kemampuan Berbahasa Dan Motivasi Anak Kelompok B TK Kunti II Dalung. 1–10. https://media.neliti.com/media/publications/123948-ID-pengaruh-pembelajaran-dengan-teknik-berc.pdf
Sriami, Haryono Emmanuel, S., & Muntommimah, S. (2021). Melior : Implementasi Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak Taman Kanak-Kanak. 1(1), 38–44. https://journal.actual-insight.com/index.php/melior/article/view/555/429
Suharsimi, A., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bina Aksara.
Susanti, M. E. (2018). Upaya Dalam Mengembangkan Bahasa Ekspresif Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini Di Tk Assalam 2 Pulau Singkep Bandar Lampung. MELISA DWI ASTUTI.pdfhttp://repository.radenintan.ac.id/5176/1/SKRIPSI
Suwartiningsih, S., Purwadi, P., & Pusari, R. W. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan pada Kelompok B di RA Al Muta’allimin Meteseh Tahun Ajaran 2017/2018. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v7i2.3268
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.). Jakarta.
Yuniati, S., & Rohmadheny, P. S. (2020). Bermain Peran: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 60. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.509
Refbacks
- There are currently no refbacks.