
Author
Farida Mayar(1), Umi Uzlah(2), Nurhamidah Nurhamidah(3), Rika Rahmawati(4), Desmila Desmila(5

Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(3)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(4)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(5)

Article Analytic |
Published : 2022-06-28
Copyright (c) 2022 Desmila mila Gusman, Farida Mayar, Umi Uzlah, Nurhamidah Nurhamidah, Rika Rahmawati
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 631 times
PDF Downloaded: 1099 times
Abstract
Kreativitas setiap individu harus diciptakan sejak awal, karena sangat mempengaruhi perkembangan eksistensi pencapaian seseorang. Peningkatan kreativitas anak usia dini dapat ditingkatkan dengan lingkungan yang mendukung anak-anak. Lingkungan yang stabil jelas dapat mempengaruhi kemajuan kreativitas anak-anak. Artikel ini membahas tentang pengaruh lingkungan terhadap peningkatan kreativitas anak usia dini. Menggunakan metode penelitian literature dengan menelaah 13 artikel jurnal dari google scholar. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa lingkungan sekitar dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini sangat berpengaruh. Dengan memanfaatkan lingkungan sekitar mampu memberikan pengaruh yang positif untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. Anak yang belajar dari lingkungan sekitar akan mengembangkan kreativitasnya, seperti: anak mampu mendapatkan informasi dari lingkungan sekitar, anak lebih komunikatif, pembelajaran lebih konkrit, menciptakan ide-ide baru, berpikir imajinasi, mampu mengenal dan mencintai lingkungan, mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Dengan kata lain, lingkungan mampu mempengaruhi perkembangan kreativitas anak usia dini.
Keywords
References
Afnita, J. A. U. (2021). Kunci-Kunci Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 75-95. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.7084
Anita Damayanti. (2014). Kreativitas Anak Usia Dini: Menyongsong Era Ekonomi Kreatif 2025. Buah Hati Journal, I(2), 31-42.
Asnawati, & Dkk. (2014). Peningkatan Kreativitas Melalui Metode Bermain dengan Barang Bekas Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(8), 1-10.
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99
Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). "Kebun Buah" Learning Media for Early Childhood Counting Ability Despa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-9.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128
Dere, Z. (2019). Investigating the Creativity of Children in Early Childhood Education Institutions. Universal Journal of Educational Research, 7(3), 652-658. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070302
Ernalis. (2018). Implementasi PAIKEM dalam Penerapan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Di PAUD Dan TK. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1081. https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10319
Istianti, T. (2018). Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Belajar Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10393
Khasanah, I. (2019). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mencetak (Mengecap) Di Kelompok Bermain Paud Subulus Salam Sarirogo Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Kusumawardani, R., Rosidah, L., Wardhani, R. D. K., & Raharja, R. M. (2018). Profil Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 11-16. https://doi.org/10.21009/JIV.1301.2
Miranda, D. (2016). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di KotaPontianak. Jurnal of Prospective Learning, 1(1), 60-67.
Mutmainnah, M. (2019). Lingkungan Dan Perkembangan Anak Usia Dini Dilihat Dari Perspektif Psikologi. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 5(2), 15. https://doi.org/10.22373/equality.v5i2.5586
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif.
Priyanto, S., Pribadi, P., & Hamdi, A. (2014). Game Edukasi "Matching Three" Untuk Anak Usia Dini. Telematika, 7(2). http://dx.doi.org/10.35671/telematika.v7i2.248
Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832-840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691
Rahmat, S. T., & Sum, T. A. (2017). Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(2), 111-123.
St. Syamsudduha, S. S., & Rapi, M. (2012). Penggunaan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 18-31. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a2
Suryana, D., & Desmila. (2022). Mengembangkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Bermain Balok. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8491
Susanti, N. D. (2013). Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar dengan Tema Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.
Tiara, F., Ali, M., & Lukmanulhakim. (2016). Kegiatan Pengembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Primanda Utan. Journal Early Childhood: jurnal Pendidikan, 5(2) 1-9.
Tsai, K. C. (2012). Play, Imagination, and Creativity: A Brief Literature Review. Journal of Education and Learning, 1(2), 15-20. https://doi.org/10.5539/jel.v1n2p15
Widyasanti, N. P. (2021). Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dimasa Pandemi. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 74-83. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i1.287
Yusmantara, U. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Pemahaman Konsep Dan Pengembangan Sikap Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2), 1-13. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2808
Refbacks
- There are currently no refbacks.