Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Gender

Author


Adolf Bastian(1), Yesi Novitasari(2Mail),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 325KB]  Language: id
Published : 2022-05-22
Copyright (c) 2022 Adolf Bastian, Yesi Novitasari

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 528 times PDF Downloaded: 864 times

Abstract


Melaksanakan pendidikan berperspektif gender pada anak usia dini diperlukan perencanaan sebagai langkah awal untuk memberikan arah yang tepat dalam pelaksanaan proses pembelajaran di PAUD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini mencakup TK se-kecamatan Marpoyan Damai. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 30 guru TK yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyusunan kurikulum berperspektif gender pada pendidikan anak usia dini dapat dipersentasekan  48, 83 %  dengan kategori tidak baik, dan  pelaksanaan kurikulum berperspektif gender pada pendidikan anak usia dini dapat dipersentasekan  60,17 %  dengan kategori baik. Dengan kata lain meskipun dalam penyusunan kurikulum belum menunjukkan perspektif gender, namun dalam pelaksanaan pembelajaran di pendidikan anak usia dini sudah berjalan baik. Sehingga selanjutnya guru di PAUD Marpoyan Damai harus menyesuaikan antara kurikulum yang disusun, dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan.


Keywords


curriculum; gender; early childhood education

References


Ampera, D. (2012). Kajian Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan di Sekolah Dasar Mitra PPL PGSD. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 9(2), 229-246.

Dewi, S. . (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Responsif Gender di PAUD Ainina Mejobo Kudus. Jurnal Thufula PGRA STAIN Kudus, 1(1), 127-135.
https://doi.org/10.21043/thufula.v1i1.4249

Fauziddin, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.47

Fibrianto, A. S. (2018). Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Organisasi Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta Tahun 2016. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(1). https://doi.org/10.20961/jas.v5i1.18422

Harewood, A. M. (2014). Exploring gender definition in recent sociological scholarship [The State University of New Brunswick]. In ProQuest Dissertations and Theses (Issue May).

Kurnia, S. D. (2018). Implementasi Kesetaraan Gender Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Sekolah. Jurnal An-Nisa', 11(2), 501-510. https://doi.org/10.30863/annisa.v11i2.335

Lupi, N. Z. N. (2017). Problematika Penerapan Kurikulum 2013 pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Bululawang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(1), 31. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i1.3563

Marzuki. (2008). Studi Tentang Kesetaraan Gender dalam Berbagai Aspek. Studi Tentang Kesetaraan Gender Dalam Berbagai Aspek. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dr-marzuki-mag/dr-marzuki-mag-studi-tentang-kesetaraan-gender-dalam-berbagai-aspek.pdf

Muafiah, E., & Fadly, W. (2019). Pengasuhan Anak Usia Dini Berperspektif Gender Dalam Hubungannya Terhadap Pemilihan Permainan Dan Aktivitas Keagamaan Untuk Anak. PALASTREN Jurnal Studi Gender, 12(1), 1. https://doi.org/10.21043/palastren.v12i1.3188

Novitasari, Y. (2017). Development of child activity sheet by using the scientific approach at ethnic subtheme to introduce Indonesian cultural variety. In Proceeding the 1st International Conference on Education Innovation, 116-120.

Pujisatuti, T. (2014). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Identitas Gender Anak. Syi'ar, 14(1), 53-61.

Putri, R. D. (2019). Budaya Adil Gender Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 48. https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2802

Roziqoh, & Suparno. (2014). Pendidikan Berperspektif Gender pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 86-100.
https://doi.org/10.21831/jppm.v1i1.2359

Shobahiya, M. (2012). Pembelajaran Perspektif Gender dalam Islam untuk Anak Usia Dini. Jurnal Suhup, 24(1), 39-50.

Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro'ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suhllpti, R. (2016). Gender Dan Permasalahannya. Buletin Psikologi, 3(1), 44-50.

Sujiono, Y. N. (2013). Metode Pengembangan Kognitif. Penerbit Universitas Terbuka, 1-35. http://repository.ut.ac.id/4687/2/PAUD4101-TM.pdf

Utomo, S. S., & Ekowati, U. (2019). Pendidikan Responsif Gender Bagi Anak Usia Dini. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 3(2), 51. https://doi.org/10.20961/habitus.v3i2.35716

Wahyudi Ekajati. (2021). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi. Pendidikan. https://bdkbandung.kemenag.go.id/berita/peran-orang-tua-dalam-pmbelajaran-pada-masa-pandemi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.