Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak

Author


Safuri Musa(1), Sri Nurhayati(2Mail), Reny Jabar(3), Deddy Sulaimawan(4), Mohammad Fauziddin(5),
Pendidikan Masyarakat, Universitas Singaperbangsa, Indonesia(1)
Pendidikan Masyarakat, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi, Indonesia(2)
Badan Narkotika Nasional, Indonesia(3)
Manajemen Informatika, Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Dian Cipta Cendekia, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 359KB]  Language: id
Published : 2022-04-30
Copyright (c) 2022 Safuri Musa, Sri Nurhayati, Reny Jabar, Deddy Sulaimawan, Mohammad Fauziddin

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 525 times PDF Downloaded: 324 times

Abstract


Kepala sekolah bertanggung jawab secara penuh dalam perannya sebagai pemimpin pada upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tantangan dan upaya kepala sekolah pendidikan anak usia dini dalam memotivasi para guru menjadi guru penggerak menuju sekolah penggerak yang berkualitas. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam serta observasi pada 15 kepala sekolah pendidikan anak usia dini di Jawa Barat, diperkuat dengan studi literatur dan dokumentasi. Temuan penelitian mencakup 12 Upaya yang telah dilakukan kepala sekolah PAUD dalam mengembangkan lembaga menuju sekolah penggerak. Tantangan dalam mengembangkan lembaga PAUD menuju Sekolah Penggerak mencakup 12 hal yang saling terkait dan perlu diatasi bersama dengan seluruh pihak yang terkait, dan Kepala Sekolah selama ini telah melakukan 7 upaya penting dalam rangka memupuk Semangat Guru PAUD untuk mengikuti Program Sekolah Penggerak

Keywords


sekolah penggerak; guru penggerak; tantangan dan upaya kepala sekolah paud

References


Abdullah, M. (2018). Pengaruh Fasilitas Sekolah Dan Motivasi Guru Terhadap Efektivitas Proses Mengajar Di Madrasah Aliayah DDI Bontang. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 6(2), 165-175.

Adhani, D. N., Hanifah, N., & Imro'atun Hasanah. (2017). Meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan bermain warna. Trunojoyo, 4(1), 64-75.
https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i1.3569

Afni, N., & Jumahir, J. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Musawa: Journal for Gender Studies, 12(1), 108-139. https://doi.org/10.24239/msw.v12i1.591

Agus Sumitra, & Meida Panjaitan. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Metode Karyawisata. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 35-42. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3342

Agustin, I. N. N., & Supriyanto, A. (2021). Permasalahan Pendidikan Di Indonesa. Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan, UNM, 122-128.

Aminah, A., Nurhayati, S., & ... (2020). Implementasi Literasi Dini Melalui Permainan Arisan Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(1), 38-47. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/6041

Apriati, Y., & Widaty, C. (2021). Kerjasama Orang Tua dan Sekolah dalam Mewujudkan Harmoni pada Paud Rumah Belajar Senyum di Banjarmasin. Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi, 11(10), 1023-1034. https://repo-dosen.ulm.ac.id/handle/123456789/20505

Arnodah, I. W. (2013). Teacher improvement through peer teacher evaluation in Kenyan schools. European Journal of Training and Development, 37(7), 635-645. https://doi.org/10.1108/EJTD-10-2012-0047

Bailah. (2022). Tantangan Kepala Sekolah Penggerak Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Paradigma Baru. Jurnal Prajaiswara, 2(2), 249-267. https://doi.org/10.55351/prajaiswara.v2i2.22

Budiman, F. (2017). Pengaruh Motivasi Mengajar Guru dan Keterampilan Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Kota Bukittinggi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 2(2), 1-12. https://doi.org/10.26740/jepk.v1n1.p79-90

Djafar, H., & Nurhafizah. (2018). Pengaruh motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru dan pegawai di smk muhammadiyah 3 makassar. Jurnal Idaarah, 2(36), 24-36.
https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5064

Fadlilah, A. N., Na'imah, N., Suryawidarti, M. S., & Nyamiatik, N. (2021). Strategi Reward And Punishment Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Guru PAUD. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 88. https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p88

Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1).
https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.458

Hardiansyah, & Aryani, M. (2016). Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator. Jurnal Visionary, 1(1), 43-52.

Hsieh, J. Y., Liao, P. W., & Lee, Y. H. (2022). Teacher Motivation and Relationship Within School Contexts as Drivers of Urban Teacher Efficacy in Taipei City. Asia-Pacific Education Researcher, 31(1), 23-37. https://doi.org/10.1007/s40299-020-00535-9

Izzuddin, I. (2020). Peran Pengawas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. SINAU : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 6(2), 73-86. https://doi.org/10.37842/sinau.v6i2.39

Jumiati, W. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Global. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 05(2), 129-150. http://194.31.53.129/index.php/JurnalGender/article/view/4554

Kemendikbud RI. (2021a). Program Sekolah Penggerak 2021. Kemendikbud. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/02/Paparan-Program-Sekolah-Penggerak.pdf

Kemendikbud RI. (2021b). Sekolah Penggerak.

Kurniawan, R. Y. (2016). Identifikasi permasalahan pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan mutu dan profesionalisme guru. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, 2016, 1415-1420.

Kusuma, L. P., & Sutanto, J. E. (2018). Peranan Kerjasama Tim Dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Zolid Agung Perkasa. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(4), 8. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/754

Lazaridou, A., & Iordanides, G. (2011). The Principar's Role in Achieving School Effectiveness. Isea, 39(3), 3-20.

Mariana, D. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Sekolah Penggerak dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10228-10233.

Marwati. (2020). Pemanfaatan Limbah Botol Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Di Kelompok A TKIT Al Fidaa. Jurnal Ceria, Vol. 3 No.(2), 151-159.

Mulyasa, E. (2007). Manajemen berbasis sekolah : Konsep, strategi dan implementasi.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah.

Murni, R. (2017). Upaya Kepala Sekolah Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Sd Melalui Penerapan Model Kepemimpinan Visioner. Manajer Pendidikan, 10(1), 20-25.

Murwaningsih, T. (2004). Peranan Persatuan Guru Republik Indonesia (Pgri) Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Guru "COPE," 1(1), 9-17.

Ngatmiyatun, B. (2021). Peningkatan Kemampuan Penggunaan Microsoft Office 365 Melalui Pelatihan Dan Simulasi Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 77-85. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1279

Noviati, N. P., & Zipi, N. P. (2013). Pengaruh Pelatihan Outbound Terhadap Peningkatan Kohesivitas Tim Tenaga Kependidikan. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 5(2). https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss2.art9

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(1), 52-57. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.661

Nurhayati, S. (2021a). Parental Involvement in Early Childhood Education for Family Empowerment in The Digital Age. Jurnal Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 10(1), 54-62.

Nurhayati, S. (2021b). Pendidikan Masyarakat menghadapi Digitalisasi. El Markazi.

Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2017). Studi Kompetensi Guru PAUD dalam Melakukan Asesmen Pembelajaran dan Perkembangan Anak Usia Dini di Kota Cimahi. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 109-120. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17699

Nurinayah, A. Y., Nurhayati, S., & Wulansuci, G. (2021). Penerapan Pembelajaran Steam Melalui Metode Proyek Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Pelita. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(5), 504-511.

Patimah, R. S., & Nurhayati, S. (2020). Manajemen Lembaga Taman Kanak-Kanak Berprestasi Dalam Rangka Mencetak Anak Usia Dini yang Unggul dan Berkarakter. Jurnal COMM-EDU, 1480(1), 7-19. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i1.3296

Permatasari, A. N., Inten, D. N., & Mulyani, D. (2017). Literasi Dini Dengan Teknik Bercerita. FamilyEdu, 3(1), 20-28.

Perrenoud, O., & Tulowitzki, P. (2021). Images of Educational Leadership in Switzerland. In R. Normand, L. Moos, M. Liu, & P. Tulowitzki (Eds.), Educational Governance Research (Vol. 16, pp. 123-138). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-74497-7_7

Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak di Nganjuk. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 120-126. https://doi.org/10.46772/jamu.v2i02.625

Rasheed, E. O., Yu, J., Hale, S., & Booth, N. (2020). The Impact of External and Internal Sources of Motivation on Young Women's Interest in Construction-Related Careers: An Exploratory Study. International Journal of Construction Education and Research, 00(00), 1-20. https://doi.org/10.1080/15578771.2020.1826610

Ritonga, R., Hamid, A., Harahap, A. M., & Harahap, R. (2022). Penguatan Kompetensi Sosial-Emosional Bagi Kepala Sekolah. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(March), 309-315.

Sadiah, N., Nurhayati, S., & Rakhman, A. (2021). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembela-Jaran Information And Communication Technology (ICT). CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(5).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109-119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Satriawan, W., Santika, I. D., Naim, A., Tarbiyah, F., Raya, B., Selatan, L., Timur, L., Bakoman, A., & Panggung, P. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume, 11(1), 1-12.

Sharp, K., Jarvis, J. M., & McMillan, J. M. (2020). Leadership for differentiated instruction: teachers' engagement with on-site professional learning at an Australian secondary school. In International Journal of Inclusive Education (Vol. 24, Issue 8, pp. 901-920). Taylor & Francis. https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1492639

Sijabat, O. P., Manao, M. M., Situmorang, A. R., Hutauruk, A., & Panjaitan, S. (2022). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 130-144. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.404

Singerin, S. (2021). Collaboration-Based Academic Supervision Model with Peer Evaluation Approach to Improve Pedagogical Competence and Quality of School Performance: The Role of Principal's Motivation as Moderation Variables. International Journal of Elementary Education, 5(2), 268. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34073

Stancescu, I., Draghicescu, L. M., & Santi, E. A. (2016). A Science Teachers' Perspective Related to the Students' Motivation for Learning. January 2017, 615-622. https://doi.org/10.15405/epsbs.2016.12.76

Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 1 (2014).

Subangun, S. (2018). Penerapan Evaluasi Diri Sekolah Dasar Model Emi Di Kabupaten Ponorogo Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), 81. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.113

Suryadi, A. D. (2021). Analisis Kerjasama Orangtua Dengan Guru Paud Terhadap Efektivitas Pembelajaran Online. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD …, 9(1).

Syafrina, R., Nashori, F., & Rachmahana, R. S. (2013). Pengaruh Pelatihan Outbond Terhadap Peningkatan Tim Kerja Guru Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 5(1), 43-58. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss1.art3

Werang, B. R., Irianto, O., & Asmaningrum, H. P. (2019). Pengaruh Motivasi dan Semangat Kerja terhadap Kinerja Guru SD di Distrik Mindiptana, Papua. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 093-103. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1467

Wong, C. P., & Ng, D. (2021). The roles of school leaders in developing future-ready learners: the case of Singapore. International Journal of Educational Management, 35(1), 249-269. https://doi.org/10.1108/IJEM-06-2020-0283

WorldPopulationReview.com. (2014). World Population Review. World Population Review.Com. http://worldpopulationreview.com/continents/africa-population

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 41-47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515


Refbacks

  • There are currently no refbacks.