Analisis Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Seluruh Indonesia

Author


Nani Rohmani(1Mail),
Widyaiswara Ahli Madya Balai Diklat Keagaman Bandung Jawa Barat, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 483KB]

Published : 2020-08-01

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 2146 times PDF Downloaded: 2206 times

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun. Perbandingan Pendidikan usia dini di Indonesia ternyata 55,4% masih terbatas di perkotaan dan 44,6 % di pedesaan karena masih tergantung pada partisipasi dan kemudahan orang tua untuk mencapai sekolah anak-anaknya. Sementara di pedesaan pendidikan usia dini ini kurang partisipasinya dari masyarakat dikarenakan pengetahuan akan pentingnya pendidikan usia dini sangat minim informasi dan sosialisasi tergantung pada pemangku kebijakan setiap provinsi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran anak yang mengikuti PAUD dengan pengolahan data Angka Partisipasi Kasar (APK) dari Badan Pusat Statistik (BPS) dengan menghitung rata-rata dan rasio kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa sebaran di setiap provinsi di Indonesia tidak merata. Provinsi yang melampaui rata-rata nasional adalah Provinsi DI Yogyakarta dan terendah adalah Papua. Sedangkan rasio kenaikan dan penurunan APK anak yang mengikuti PAUD adalah 90% dari seluruh di Indonesia, hanya dua provinsi yaitu Kepulauan Riau dan DKI Jakarta yang mengalami penurunan rasio.


Keywords


angka partisipasi kasar; pendidikan anak usia dini; sebaran

References


Anas, A. Y., Riana, A. W., & Apsari, N. C. (2015). Desa Dan Kota Dalam Potret Pendidikan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 418422. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.13592

Hajati, K. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1), 1724. https://doi.org/10.31605/ijes.v1i1.133

Hermoyo, P. R. (2014). Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan. Jurnal Pedagogi, 1(1), 112.

Istiqomah Anny, Sukidin, & Pudjo, S. (2018). Analisis Partisipasi Pendidikan pada Masyarakat Miskin Dusun Gumuk Limo Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12, 227235. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8553

Kartakusumah, Y. (2018). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Angka Partisipasi Kasar (APK) pada Pendidikan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak. In Tugas Akhir,Skripsi,Tesis,Disertasi (S2) (p. 4). Universitas Pendidikan Indonesia.

Kartikowati, E. (2019). Implementasi Strategi Trilogi Mendidik Anak Usia Dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(1), 6878.

Latief, J. A., Awalunisah, S., Km, J. S., Palu, K., & Tengah, S. (2019). Analisis Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Anak Usia Dini di Sulawesi Tengah. Bomba: Jurnal Pembangunan Daerah, 1(2), 6573.

Mahbub, M., Purnamawati, D., Maslamah, Sopakua, S., & Fauziddin, M. (2020). Educational data mining with clustering technique on the distribution of civil servant teachers in Indonesia. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 20972103. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201171

Musnar, I. (2016). Pembelajaran Terpadu pada Siswa Miskin Pendidikan Usia Dini di Pekanbaru Jurnal PAUD Tambusai. PGPAUD STK.

Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Depdiknas. https://doi.org/10.35362/rie280958

Nengsi, A. W. (2019). Analisis Problematika Anak Usia 3-5 Tahun Belum Mendapatkan Pendidikan di PAUD. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(2), 300. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i2.2273

Nurlaili. (2018). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. 2(1), 242250.

Nurmadiah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 3(1), 128. https://doi.org/10.28944/afkar.v3i1.101

Permono, H. (2013). Peran Orangtua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/3994

Rahmawati, N. A. (2015). Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini dengan Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Tawanreja, Bareng, Klaten. Jurnal Involusi Kebidanan, 5(15), 7. http://jurnal.stikesmukla.ac.id/index.php/involusi/article/view/196

Rohman, A. A., & Karimah, S. (2010). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar. January, 95108.

Sri Lestari, E. (2015). Analisis Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Semarang. Skripsi, 117.

Sumarni, S. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam (Maemonah (ed.); Vol. 6, Issue 2). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016 Penerbit Kurnia Kalam Semesta, Yogyakarta. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3195

Suryana, D. D. M. P. (2007). Dasar-Dasar Pendidikan TK. Hakikat Anak Usia Dini, 1, 165.

Widiyawati Purnamasari, W. (2013). Studi Perbandingan Pengembangan Layanan PAUD di Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes dan di Kecamatan Bukalamba Kabupaten Brebes. Indonesian Journal of Early Childhood, 2(2), 5057.

Wulandari, R., Ichsan, B., & Romadhon, Y. A. (2017). Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia Dini Di Kecamatan Peterongan Jombang. Biomedika, 8(1), 4753. https://doi.org/10.23917/biomedika.v8i1.2900

Yasbiati, Y., Nugraha, D., Rahman, T., Nur, L., Nurzaman, I., & Tajmiati, A. (2018). Pengembangan Program Bina Keluarga Balita Holistik Integratif (BKBHI) untuk Meningkatkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di PAUD Kober Ceria. Prosiding Pengabmas, 1(1), 5762.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.