Author
Nabila Selviera Yasmin(1), Farida Mayar(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-12-31
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 1482 times PDF Downloaded: 380 timesAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sangat pentingnya meningkatkan kemampuan seni pada anak usia dini secara tepat dan optimal, agar tidak mempengaruhi aspek perkembangan yang lainnya, karena aspek perkembangan pada anak usia dini dapat saling mempengaruhi satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau untuk mengetahui gambaran-gambaran tentang kemampuan seni pada anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan mewarnai. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan sumber–sumber data primer yang terdiri dari jurnal dan buku yang sesuai dengan peneliti. Penelitian ini berfokus tentang kemampuan seni pada anak usia 5-6 tahun yang dapat berkembang secara optimal melalui kegiatan mewarnai. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan kegiatan mewarnai dapat mengoptimalkan kemampuan seni pada anak usia 5-6 tahun, seperti kegiatan mewarnai dengan menggunakan metode 3 dimensi melalui pembelajaran proyek, teknik graffito, dan masih banyak lagi, sehingga bisa sesuai dengan tema, dan materi yang ingin di sampaikan kepada anak.
Keywords
References
Ana Sari, I. O., & ’Aziz, H. (2018). Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan 3M (Mewarnai, Menggunting, Menempel) dengan Metode Demonstrasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 191–204. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-05
Antara, P. A. (2015). Pengembangan Bakat Seni Anak Pada Taman Kanak-Kanak. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(1), 29–34. https://doi.org/10.21009/jiv.1001.4
Astuti, F. (2011). Menggali dan Mengembangkan Potensi Kreativitas Seni pada Anak Usia Dini. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 14(1). https://doi.org/10.24036/komposisi.v14i1.3950
Azizah, A., & Mayar, F. (2019). Peran Pendidik dan Orang Tua dalam Mengembangkan Kemampuan Seni Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1440–1444.
Citrowati, Endang & Mayar, F. (2019). Strategi Pengembangan Bakat Seni Anak Usia Dini. Pendidikan Tambusai, 3(6), 1207–1211. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.343
Fachrurrazi, Ahmad & Setyaningsih, A. (2019). Mengembangkan Kemampuan Kreativitas Mewarnai Pada Peserta Didik Usia Dini Dengan Kegiatan Finger Painting. Buana Pendidikan: Jurnal FKIP Unipa Surabaya, 27, 24–34. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/1787
Hardianti, S. Y., Sugito, S., & Misgiya, M. (2019). Analisis Kreativitas Gambar Anak Dalam Mewarnai Bergradasi Dengan Menggunakan Oil Pastel Di Sanggar Lukis Qalam Jihad Pematangsiantar. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(2), 337.
Huliyah, M. (2016). Pengembangan Seni Pada Anak. As -Sibyan Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(2), 149–164.
Kurnia, I. (2020). Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B di Pendidikan Anak Usia Dini Bukit Selanjut Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 67. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.8986
Kusumastuti, E. (2004). Pendidikan Seni Tari Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Tadika Puri Cabang Erlangga Semarang Sebagai Proses Ahli Budaya. Harmonia Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 1, 1–16. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/826
Larasati, L. D., Kurniah, N., & D., D. (2016). Peningkatan Kreativitas Dalam Kegiatan Mewarnai Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 62–66.
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Kencana.
Margono, S. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. Rineka Cipta.
Mayar, Farida. Suryana, Dadan. Purnomo, Eko. Kamal, M, N. (2020). Peluang Wirausaha Baru Dalam Kreativitas Menggunting Berantai Di Taman Kanak Anugrah Sayang Ibu Di Kampuang Jua Kecamatan Sungai Limau. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 09(1), 1–5. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gorga/article/view/17212
Nurwita, S. (2020). Meningkatkan Perkembangan Seni Anak Menggunakan Media Smart Hafiz Di Paud Aiza Kabupaten Kepahiang. Early Childhood Research and Practice, 1(01), 34–37.
Permendikbud. (2013). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Nomor 137 Tahun 2013.
Pertiwi, D. M., & Mayar, F. (2020). Pengaruh Kegiatan Menggambar Bebas Teknik Grafitto Terhadap Seni Rupa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak AISYIYAH V Padang. Pendidikan Tambusai, 4(1), 39–44. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.424
Rahmawati, Badriah. Ratnasari, Eka, M. S. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd), 1(1), 73–79. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/article/view/2476
Rohani, Ade, Een. Islami Citra, Charisma. Ilman, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Kreativitas Mewarnai Gambar Melalui Penggunaan Metode Pemberian Tugas. Pelita Paud, 2(1), 118–132. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.198
Rohmah, N., & Shofiyuddin, M. (2018). Keefektifan Media Mewarnai 3 Dimensi melalui Pembelajaran Proyek bagi Anak Usia Dini. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(2), 42. https://doi.org/10.31331/sece.v1i2.687
Sandy Ramdhani, Suhirman Suhirman, Yul Alfian Hadi, Mu. H. (2020). Maracas, Alat Musik Untuk Mengembangkan Kemampuan Seni Anak Usia Dini. Seni Pertunjukan, 2(2), 2.
Sari Tiara Indah, Darmawani Evia, Novianti, R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Pada Anak Kelompok B Di Tk Aisyiyah 2 Palembang. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4042
Seniwati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Pada Kelompok B Tk Pgri 02 Padamara. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 1(September), 129–140. https://doi.org/10.36088/pandawa.v1i1.431
Septiriani, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Permainan Meniup Cat Poster dapat Meningkatkan Perkembangan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1091–1100. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/572
Slamet, S. (2020). Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini melalui Kegiatan Mewarnai dan Hafalan Al Quran. Warta LPM, 24(1), 59–68. https://doi.org/10.23917/warta.v24i1.9917
Sofyan, H. (2015). Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. CV. Infomedika.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks.
Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori & Praktik Pembelajaran). UNPCPRESS.
Suryana, D., & Linda, S. (2020). Pengaruh Stencil Print dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1400–1401.
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Bumi Aksara.
Syamsuddin, H. (2014). Brain Game Untuk Balita Inspirasi Permainan Sederhana Untuk Menstimulasi Kecerdasan, Kreativitas, dan Bakat Anak. Media Pressindo.
Warnida, W. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai di Kelompok B1 TK Berkah Kota Jambi Tahun 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 132. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.133
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.