Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang

Wicka Yunita Dwi Utami(1Mail), Martini Jamaris(2), Sri Martini Meilanie(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Wicka Yunita Dwi Utami

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-08-06
Published : 2019-10-04

Abstract


Penelitian ini bertujuan memberikan informasi mengenai evaluasi pengelolaan lembaga PAUD di Taman Kanak-Kanak dan Raudatul Athfal di Kabupaten Serang dengan menggunakan model evaluasi CIPP (context, input, process, product). Penelitian ini berfokus kepada komponen konteks yaitu kurikulum; komponen input yaitu struktur organisasi, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan; komponen proses yaitu perencanaan pembelajaran, sarana dan prasarana, dan pembiayaan; dan komponen produk yaitu pengawasan dan tindak lanjut. Menggunakan desain penelitian kualitatif. Setelah data kualitatif didapat untuk melihat kepastian proses evaluasi, maka data kualitatif diolah atau dianalisis ke dalam kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah TKS Al-Hidayah dan RA Darur Rohmat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan perlu meningkatkan kompetensi yang dimiliki serta kepedulian dari pengawas atau pembina lembaga dan instansi terkait dalam mengawasi dan membina lembaga untuk peningkatan mutu pendidikan


Keywords


evaluasi program; pengelolaan paud; lembaga paud

References


Adiwirahayu, A., & Suminar, S. (2012). Strategi Optimalisasi Pengelolaan PAUD Nonformal dalam mewujudkan Prinsip Pendidikan yang mudah murah dan Bermutu di Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10, 5.

Anhusadar, L. O., & Islamiyah, I. (2019). Taman Layak Anak Usia Dini di Kota Kendari. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan (kedua). Jakarta: Bumi Aksara.

Atmodiwiro, S. (2000). Manejemen Pendidikan Indonesia (p. 5). p. 5. Jakarta: Ardadizya Jaya.

Carol, G. (2007). Developmentally Appropriate Practice (p. 71). p. 71. Canada: Thomson Delmar Learning.

Fleer, M. (1996). Models of Supervision in Early Childhood Programs: Implications for Training. Early Childhood Education Journal, 23(August). https://doi.org/10.1007/BF02353336

Gunawan, G. (2007). Persepsi Guru terhadap Supervisi Pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya di SMA Negeri se-pokja 3 Kab. Sleman. 136(1), 23–42. https://doi.org/10.1007/s00393-018-0552-0

Kasrani. (2016). Evaluasi Program Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Manajemen Pendidikan, 25 (2)(1998), 233–243.

Kemendikbud, R. I. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Kodarni. (2016). Kualitas Manajemen Kurikulym PAUD IT Cerliana Kota Pekanbaru. Jakarta: UPT Perpustakaan UNJ.

Megasari, R. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran. Administrasi Pendidikan, 2(1), 1–13.

Mendikbud, & Indonesia, R. (2014). Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan. Scholaria, 5, 13. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Murray, J. W. and N. (1990). Children and Movement Physical Education in the Elementary School (p. 139). p. 139. United Statef of America: Wm. C. Brown Communcations, Inc.

Mursyid, M. (2016). The Application of Beyond Centers and Circle Time Approach. Islamic Early Childhood Education P-ISSN:, 1(1), 81–90.

Novan, A. W. M. P. . (2015). Manajemen PAUD Bermutu (p. 77). p. 77. Yogyakarta: Gava Media.

Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2019). No Title.

Profile BAN P Banten. (n.d.). Banten: BAN PAUD dan PNF Provinsi Banten.

Ridho, R., Markhamah, & Darsinah. (2015). Pengelolaan pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) di kb “cerdas” kecamatan sukorejo kabupaten kendal. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(3), 59–69.

Rifai, S. D. H. dan A. (2014). Penyelengaraan Program di POS PAUD Cinta Ibu di Desa Pangempon Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Journal Unnes, NFECE 3 (2, 62.

Sulusi maizu dan Indah Prabawati. (2016). Implementasi Kebijakan POS PAUD Terpadu Khadijah Kelurahan Kejawanputih Tambak Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya. 01 Nomor 0, 9.

Suyatni, S., Suib, M., & Syukri, M. (2015). Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini pada Kelompok Bermain. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa, 4(8), 11.


Article Metrics

 Abstract Views : 157 times
 PDF Downloaded : 38 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.