Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik

Suci Aprilyati Ruiyat(1Mail), Yufiarti Yufiarti(2), Karnadi Karnadi(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Suci Aprilyati Ruiyat, Yufiarti -, Karnadi -

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-08-01
Published : 2019-08-13

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B TK Setia Budhi Rangkasbitung dengan bercerita menggunakan komik elektronik tematik. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai Juli 2019, hasil observasi pemasalahan pada anak kelompok B TK Setia Budhi masih kurang dalam berkomunikasi, baik dalam pengucapan kata/huruf, sedikitnya pembedaharaan kosakata anak, serta kurangnya kemampuan anak mengucapkan suatu kalimat dengan lancar, mengakibatkan anak belum dapat mengungkapkan gagasannya secara utuh. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Menerapkan dua siklus dengan 10 pertemuan. Menggunakan instrumen data wawancara, observasi dan dokumentasi selama penelitian untuk reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian didapatkan bahwa penggunaan komik elektronik tematik membantu menjawab permasalahan keterampilan berbicara anak di TK Setia Budhi.


Keywords


Keterampilan berbicara; bercerita; komik elektronik

References


Faisal, Baskoro, G. W., Ridwan, M., & Mardawati. (2017). Peningkatan kualitas pendidikan anak dengan pembangunan komik elektronik. Ikraith-Informatika, 1(2), 24–29.

Handoko. (2018). Gangguan berbicara. 5(2), 1–10. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30820.17285

Hidayah, Y. F., Siswandari, S., & Sudiyanto, S. (2018). Pengembangan Media Komik Digital Akuntansi Pada Materi Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank Untuk Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 239. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i2.588

Mabruri, Z. K., & Aristya, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Melalui Penerapan Strategi Role Playing SD Negeri Ploso 1 Pacitan. Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 112–117.

Metode, P., Erbantuan, S. B., Prabawardani, K., Agung, A., Agung, G., Parmiti, D. P., & Pendidikan, T. (2018). Siswa Kelas V. 9, 152–163.

Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2014). No Title.

Pratiwi, R. R. (2016). Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sdn S4 Bandung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 199–207.

Rahmawati, I. Y. (2017). Media Pembelajaran Komik Sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca pada Pendidikan Anak Usia Dini ( Paud ) Berbasis Nilai Pendidikan Karakter.

Ramliyana, R. (2016). Media Komik Sebagai Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing ( Bipa ). 2(November), 207–218.

Shiel, G., Cregan, Á., Mcgough, A., & Archer, P. (2012). Oral Language in Early Childhood and Primary Education (3-8 years). Educational Research Centre, 14(14), 378. https://doi.org/10.1017/CBO9781139519397

Stiani, Y., Kemampuan, M., Anak, B., Athfal, R., Metode, M., Dengan, B., & Media, M. (2013). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Raudatul Athfal melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Komik.

Syarah, E. S., Yetti, E., & Fridani, L. (2018). Pengembangan Media Komik Elektronik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konservasi Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 231–240. https://doi.org/10.21009/jpud.122.04

Tambunan, P. (2016). Pembelaj aran keterampilan berbicara di sekolah dasar. Saintech, 08(04), 79–87.

Triyono, T., & Dharma, U. W. (2018). Penelitian Tindakan Kelas : Apa Dan Bagaimana Melaksanakannya ? (March). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.26385.12649

Zuhriyah, M. (2017). Storytelling to Improve Students’ Speaking Skill. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 10(1), 119–134. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ENGEDU/article/view/879/753


Article Metrics

 Abstract Views : 111 times
 PDF Downloaded : 56 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.