Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Intrinsik dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini

Rachma Dwi Ardiyana(1Mail), Zarina Akbar(2), Karnadi Karnadi(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 RACHMA DWI ARDIYANA

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.253

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-07-26
Published : 2019-07-31

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara keterlibatan orang tua dan motivasi intrinsik dengan kepercayaan diri. Metode yang digunakan adalah survei dengan studi korelasional dengan melibatkan 100 orang sampel. Ada tiga instrumen yang mengukur keperayaan diri anak (rel..875), keterlibatan orang tua (rel .962), dan motivasi intrinsik (rel .82). Data telah dianalisis oleh ANOVA dua arah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada korelasi positif dan signifikan antara variabel-variabel tersebut, meskipun sudah dikontrol oleh korelasi orde kedua, masih signifikan di antara mereka. Karena itu dapat disimpulkan bahwa jika kepercayaan diri anak akan ditingkatkan, maka keterlibatan orang tua dan motivasi intrinsik harus dipertimbangkan.


Keywords


keterlibatan orang tua; motivasi intrinsik; kepercayaan diri anak

References


A.M. Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Amini, M. (2015). Profil keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia Tk. Jurnal Ilmiah Visi PPTK PAUDNI. 10( 1), 9- 20.

Arts and Social Sciences Journal:, Ubale AZ, Abdurrahman T and Abdullah AH (2015), “A Relationship between Parental Involvement and Intrinsic Motivation on Learning Islamic Education”.

Carole Ames dan Madhab Khoju and Thomas Watkins (2013), “School/Family/Community partnersihps”, kappanmagazine.org; hal.81

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Ella Kurniawat, Muswardi Rosra, Diah Utaminingsih (2017)

Ghufron, Nur, dan Risnawita, Rini, teori-Teori Psikologi.(Jogjakarta;Ar-Ruzz Media.2011). Hal:33

Goleman, Daniel. 2006. Emotional Intelligence/Kecerdasan Emosiona – Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12 No.1: 83.

Iswidharmanjaya, Derry dan Enterprise, Jubilee. 2014. Satu Hari Menjadi LebihPercaya Diri. Jakarta: Gramedia.

John G. Borkowski, Sharon Landesman Ramey, Maria Bristol –Power, ‘2002,”Parenting and the Child’s World: Influeence on academi, intellectual, and soial-emotional development”

Jurnal Psikologi Canada oleh Maria A. Rogers, Jennifer Theule and Bruce A.Ryan, et all (2009) dalam Judulnya : “Parental Involment and Childrens School Achievement “

Lauster, P. (2003). Tes Kepribadian (alih bahasa: D.H. Gulo). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Longkutoy, dkk. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Siswa SMP Kristen Ranotongkor Kabupaten Minahasa. Diunduh pada tanggal 25 Juni 2016 dari ejournal.unsrat.ac.id

Mariela PavaLache, Felicia-Antonia Tirdia (2014) dengan judul “ Patental Involvement And Intrinsic Motivation With Primary School Students “

Midori Otani (2017), “Relationships between Parental Involvement and Academic Achievement among Elementary and Middle School Students”, Osaka School of International Public Policy, Osaka University, 1–31 Machikaneyama, Toyonaka, Osaka 560–0043, JAPAN.

Modassir, Atika & Singh, Tripti. 2008. “Relationship of Emotional Intelligence with Transformational Leadership and Organizational Citizenship Behavior”. International Journal of Leadership Studies, Vol. 4 Iss. 1, 2008, pp. 3-21

Mohammadi, Azam dan Davarabina, Mehran. (2015). The effect cooperative learning techniques on reading comprehension ability of Iranian EFL learners. Internarional J. soc. Sci & Education, 5(3), 223-934, ISSN: 22234934

Noni Rozaini, Sandra Dwi Anti ( 2017) yang berjudul Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar

Padavick, J.F. (2009). Parental involvement with learning and increased student achievement. Education Proquest Dissertations and Theses.

Parsons, R. D., Hinson, S. L., & Sardo-Brown, D. (2001). Educational psychology: Apractitioner, researcher model of teaching. Singapore: Thomson Learning.

Porter, L. (Amini, M. (2014). Parental involvement for early childhood education in kinder garden. Dalam Adriani, V. (ed). Proceeding of International Conference of Early Childhood Education (ICECE) 1 (hlm. 172-177). Bandung: Prodi PG PAUD, FIP Universitas Pendidikan Indonesia.

Rizka Ayu Meidiastuti, Kriswandani, Inawati Budiono (2014) , motivasi belajar dan kepercayaan diri siswa terhadap pelajaran matematika masih kurang dan hasil belajar siswa masih rendah.

Santrock, John W., (2008). Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Schunk, D.H., Pintrich, P.R., & Meece, J.L., (2010). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications Third Edition. New Jersey: Pearson Education.

Schunk, Daleh H., (2012). Teori-teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setiawan, Pongky. 2014. Siapa Takut Tampil Percaya Diri?. Yogyakarta: Parasmu.

Siti Bariroh (2018),” The Influence of Parents' Involvement on Children with Special Needs' Motivation and Learning Achievement”.

Slavin, R.E. (2009). Educational Psychology; Theory and Practice. (9th ed). Merrill/Pearson (2011). Psikologi Pendidikan,Teori dan Praktik. (Terj. Samosir,M). Edisi Kesembilan. Jakarta: Indeks.

Slavin, Robert E., (2011). Psikologi Pendidikan Teori Dan Praktek Edisi Kesembilan Jilid 1, Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyiono,2014. Metode peneitian Kuantitatif kualitatid dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Sugiyono, Yuliani. 2011, “Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT.Indeks

Undang-Undang Republik Indonesia, No. 20, Tahun 2003, Tentang sistem pendidikan nasional.

Vanaja, Y., & Geetha, D. (2017). A study on locus of control and self confidence high school students. Internasional Journal of Research Granthaalayah, ISSN 2350-0530(O); ISSN 2394-3629(P), 5(7).

White & Coleman. (2000). Early childhood education: Building a philosophy for teaching. New Jersey: Prentice-Hall. Inc


Article Metrics

 Abstract Views : 53 times
 PDF Downloaded : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.