Studi Kelayakan Pengembangan Layanan Media Pembelajaran Berbasis TIK Terintegrasi untuk PAUD

Author


Mohamad Miftah(1Mail),
Bappeda, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 866KB]

Published : 2023-01-05

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 573 times PDF Downloaded: 395 times

Abstract


Pemilihan media yang tepat dan sesuai sasaran pengguna menjadi dasar dan pertimbangan bagi para guru. Untuk itu, guru hendaknya dapat memahami prinsip dan jenis media bagi anak. Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui aspek penilaian media pembelajaran pembelajaran berbasis TIK terintegrasi dan menganalisis hasil uji kelayakan produk menjadi perhatian tersendiri bagi para guru dan pengembang. Penelitian ini adalah menggunakan desain penelitian dan pengembangan pendidikan. Hasil penelitian berupa model media pembelajaran berbasis TIK terintegrasi berupa aplikasi portal Jateng Belajar dan modul pemanfaatannya dinyatakan sangat layak. Kebaruan model ini diantaranya; kelengkapan layanan, terintegrasi, komprehensif, kompatibel baik diakses melalui komputer maupun smartphone, konten yang variatif, dan memuat Learning Management System (LMS) yang mudah dimanfaatkan


Keywords


guru paud; studi kelayakan; media pembelajaran tik terintegrasi

References


Beach, P. (2017). Self-directed online learning: A theoretical model for understanding elementary teachers’ online learning experiences. Teaching and Teacher Education, 61, 60–72. https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.10.007

Chaeruman, U. A. (2019). Mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (tik) ke dalam proses pembelajaran: apa, mengapa dan bagaimana? Jurnal Teknodik, 046–059. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.536

Fazriyah, N., Cartono, C., & Awangga, R. M. (2020). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Quizizz di Sekolah Dasar Kota Bandung. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2). https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5429

Irwandi, I. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Materi Rukun Iman Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 49 Kota Banda Aceh. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7144

Khilda Shopia, & Ifan Iskandar. (2019). Designing Ict Competences-Integrated Syllabuses Of Practical Key Teaching Competence For English Language Education Study Program. Ijlecr - International Journal Of Language Education And Culture Review, 5(1), 56–65. https://doi.org/10.21009/ijlecr.051.06

Koesnandar, A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sesuai Kurikulum 2013. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 33. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p33--61

Lawrence, J. E., & Tar, U. A. (2018). Factors that influence teachers’ adoption and integration of ICT in teaching/learning process. Educational Media International, 55(1), 79–105. https://doi.org/10.1080/09523987.2018.1439712

Mahdum, M., Hadriana, H., & Safriyanti, M. (2019). Exploring Teacher Perceptions and Motivations to ICT Use in Learning Activities in Indonesia. Journal of Information Technology Education: Research, 18, 293–317. https://doi.org/10.28945/4366

Mayer, R. E. (2019). Computer Games in Education. In Annual Review of Psychology (Vol. 70, pp. 531–549). https://doi.org/10.1146/annurev-psych-010418-102744

Mumpuni, A., & Nurpratiwiningsih, L. (2018). The development of a web-based learning to improveof a creative writing abilityof pgsd students. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(2). https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.20009

Nikmatussaidah, N. (2020). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2). https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v1i2.169

Palomino, M. del C. P. (2017). Teacher Training in the Use of ICT for Inclusion: Differences between Early Childhood and Primary Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237, 144–149. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.055

Purnawati, & Iskandar, I. (2019). Designing Ict Competences-Integrated Syllabuses Of Grammar Courses For English Language Education Study Program. Ijlecr - International Journal Of Language Education And Culture Review, 5(2), 104–115. https://doi.org/10.21009/IJLECR.052.12

Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61–69. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437

Sofiya, A., Yulianto, B., & Hendratno, H. (2018). The Development of Sparkol Videoscribe Based Internet Learning Media in Improving Writing Skills of Indonesian Language for Elementary School Students. Proceedings of the 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018). https://doi.org/10.2991/icei-18.2018.24

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. In Metode Penelitian Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. CV. Alfabeta.

Tiara, D., & Syukron, A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Anak Berbasis Website Pada Rumah Pintar Indonesia (Rpi) Yogyakarta. Bianglala Informatika, 7(2), 130–136. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/view/6691

Wibawa, B., & Paidi, P. (2019). The Development Of Blended Learning Based On Handphone For Computer System Subject On Xi Grade Of SMKN 1 Bengkulu City. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(3), 497–502. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7373

Xiao, Y., Liu, Y., & Hu, J. (2019). Regression Analysis of ICT Impact Factors on Early Adolescents’ Reading Proficiency in Five High-Performing Countries. Frontiers in Psychology, 10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01646

Yaumi, M. (2017). Media Pembelajaran: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya bagi Anak Millennial. Seminar Nasional Tentang Pemanfaatan Media Bagi Anak Milenial. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11788


Refbacks

  • There are currently no refbacks.