Permainan Lokal Budaya Serawai: Pengembangan Modul Karakter Sosio-Emosi Anak Usia Dini

Author


Zahratul Qalbi(1Mail), Anna Ayu Herawati(2), Annisa Arrumaisyah Daulay(3), Ahmad Syaf Ya Habibi(4), Rafhi Febryan Putera(5),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bengkulu, Indonesia(1)
Bimbingan Konseling, Universitas Bengkulu, Indonesia(2)
Bimbingan Konseling Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia(3)
Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 405KB]

Published : 2022-12-22

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 311 times PDF Downloaded: 156 times

Abstract


Permainan lokal merupakan salah satu bagian dari keanekaragaman budaya. Setiap daerah atau suku di Indonesia memiliki permainan rakyat tersendiri yang menunjukkan khas daerah, begitu juga masyarakat Serawai Provinsi Bengkulu. Jika ditelaah lebih jauh, Sebagian besar permainan lokal budaya mengandung sebuah arti dan nilai kehidupan yang berpengaruh untuk perkembangan sosio-emosi anak dikarenakan terkesan menarik dan sesuai bagi anak-anak. Penelitian pengembangan dilakukan untuk menciptakan modul perkembangan karakter sosio-emosi anak yang layak secara isi dan tampilan serta tingkat kegunaannya. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 Sekolah Dasar 43 Seluma dan 2 orang ahli validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul permainan lokal budaya Serawai untuk karakter sosio-emosi anak usia dini valid secara isi dan tampilan. Kebermanfaatan dan ketertarikan siswa dalam menggunakan modul permainan lokal budaya Serawai tergolong pada kategori sangat baik.


Keywords


permainan lokal budaya; karakter sosio-emosi; anak usia dini

References


Adi, B. S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Pembentuk Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375

Aqobah, Q. J., Ali, M., Decheline, G., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 5(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/9253

Andi, P. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Pres.

Apriani, A. N., & Sari, I. P. (2020). Penguatan Karakter Nasionalisme Generasi Alphamelalui Living Values Education Program (LVEP). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(2), 67–79. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).67-79

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006.

Dihamri, D. (2016). Kearifan Lokal Suku Serawai Di Kabupaten Bengkulu Selatan. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 1(2), 82–92. https://journals.unihaz.ac.id/index.php/georafflesia/article/view/151

Dos Reis, T. A. (2018). Study On The Alpha Generation And The Reflections Of Its Behavior In The Organizational Environment. Quest Journals J Res Humanit Soc Sci, 6, 9–19. https://www.questjournals.org/jrhss/papers/vol6-issue1/C610919.pdf

Hadi, S. (2011). Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 15(2), 228. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/104

Halmar, M. (2021). Metode Komprehensif Dalam Pendidikan Karakter. Majalah Ilmiah Sultan Agung, 50(128), 100–115. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/majalahilmiahsultanagung/article/view/75

Haris, I. (2016). Kearifan Lokal Permainan Tradisional Cublak-Cublak Suweng Sebagai Media Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 1(1). https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/1204

Idhawati, D. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Yang Terkandung Dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. IAIN SALATIGA. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/2225

Listyorini, P. A. (2020). Pola Asuh Wanita Karir Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Usia Dini Di Desa Kupangan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo (Doctoral Dissertation, IAIN Purwokerto). http://repository.iainpurwokerto.ac.id/7048

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2011). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v1i1.261

Marzuqi, A., & Sihkabuden, S. (2016). The Development Of Science Learning Module For Childrent With Hearing Impairment. Urnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 3(1), 72–76. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/4345

Nuridayu, N., Kiya, A., & Wahyuni, I. W. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Gerakan Binatang. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 107–120. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v5i2.2701

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103–111. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

Rogers Whitehead, C. (2020). Generation Alpha. In Becoming A Digital Parent. https://doi.org/10.4324/9780367824280

Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development (Tiga Belas). Erlangga.

Seran, E., & Kurniati, E. (2019). Identifikasi Permainan Tradisional Busa No Manu Dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Edusentris, 6(1), 1–12. http://ejournal.sps.upi.edu/index.php/edusentris/article/view/449

Suharjana, F. (2011). Pengembangan Pembelajaran Senam Melalui Bermain Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3479

Sujadi, E. (2019). Penerapan Play Therapy Dengan Menggunakan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosio Emosional. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(1), 14–24. https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i1.892

Utamy, D., Afiati, E., & Conia, P. D. D. (2021). Pengembangan Modul Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Kolaboratif Untuk Meningkatkan Perilaku Empati Anak Usia Dini. Equivalent: Jurnal Ilmiah Sosial Teknik, 3(2), 73-91. https://doi.org/10.46799/jequi.v3i2.44

Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional Untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED: Journal Of Early Childhood Education And Development, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567

Wulansari, B. Y. (2017). Pelestarian Seni Budaya Dan Permainan Tradisional Melalui Tema Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1). https://doi.org/10.24269/jin.v2n1.2017.pp1-11

Yanti, D. W., & Sari, R. P. (2019). Peningkatan Keterampilan Sosial Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Bengkulu. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i2.3508

Zaini, A. (2015). Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Thufula, 3(3), 130–131. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489


Refbacks

  • There are currently no refbacks.