Abstract


Anak usia dini lebih mudah menangkap materi pembelajaran yang diberikan dengan mengimplementasikan prinsip bermain sambil belajar, termasuk melakukan kegiatan kreasi melalui aktivitas seni. Kegiatan berkreasi dengan aktivitas seni  untuk  anak  usia  dini  dalam hal ini adalah kegiatan bernyanyi dan menggambar.  Hasil penelitian  bertujuan  untuk  mendeskripsikan tentang pentingnya kegiatan seni di sekolah untuk kecerdasan majemuk anak. Metode penelitian yang digunakan adalah  melakukan pendekatan  kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, wawancara terstruktur, dan observasi terhadap 4 orang guru, 1 orang kepala  sekolah, dan 104 peserta didik sebagai  sumber data  di  TK  Pertiwi  Jember dan TK Islam 01 Kauman Juwana Pati. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Simpulan penelitian, bahwa aktivitas  seni sangat bermanfaat untuk anak usia dini dan memengaruhi kecerdasan anak dalam proses perkembangannya.

 


Keywords


kegiatan seni; kecerdasan anak; bermain; berkreasi; anak usia dini