Memaknai Kecerdasan melalui Aktivitas Seni: Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini

Author


Deni Setiawan(1Mail), Ita Kris Hardiyani(2), Agvely Aulia(3), Arif Hidayat(4),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3)
Ilmu Hukum, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 270KB]  Language: id
Published : 2022-06-06
Copyright (c) 2022 Deni Setiawan, Ita Kris Hardiyani, Agvely Aulia, Arif Hidayat

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 285 times PDF Downloaded: 106 times

Abstract


Anak usia dini lebih mudah menangkap materi pembelajaran yang diberikan dengan mengimplementasikan prinsip bermain sambil belajar, termasuk melakukan kegiatan kreasi melalui aktivitas seni. Kegiatan berkreasi dengan aktivitas seni  untuk  anak  usia  dini  dalam hal ini adalah kegiatan bernyanyi dan menggambar.  Hasil penelitian  bertujuan  untuk  mendeskripsikan tentang pentingnya kegiatan seni di sekolah untuk kecerdasan majemuk anak. Metode penelitian yang digunakan adalah  melakukan pendekatan  kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, wawancara terstruktur, dan observasi terhadap 4 orang guru, 1 orang kepala  sekolah, dan 104 peserta didik sebagai  sumber data  di  TK  Pertiwi  Jember dan TK Islam 01 Kauman Juwana Pati. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Simpulan penelitian, bahwa aktivitas  seni sangat bermanfaat untuk anak usia dini dan memengaruhi kecerdasan anak dalam proses perkembangannya.

 


Keywords


kegiatan seni; kecerdasan anak; bermain; berkreasi; anak usia dini

References


Abubakar, S. R., & Asni, A. (2019). Kegiatan Membuat Kolase Dengan Pasir Berwarna Dalam Meningkatkan Kemampuan Visual Spasial Anak. Jurnal Smart Paud, 2(1). https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5925

Adenansyah, F. M. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi Belajar Aksara dan Tata Krama Bahasa Jawa untuk SD Kelas 4 Berbasis Android. Jurnal Manajemen Informatika., 10(9).

Andrisyah, A., & Ismiatun, A. N. (2021). The Impact of Distance Learning Implementation in Early Childhood Education Teacher Profesional Competence. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1009

Anggraini, E. S. (2021). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 7(1). https://doi.org/10.24114/jbrue.v7i1.25783

Anhusadar, L. O., & Wulandari, H. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Seni Berbasis Agama Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4622

Ansari, M. I. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Pada Pembelajaran Tajwid Di Rumah Qur'an An-nur Banjarmasin. Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/10.37216/badaa.v1i2.251

Azizah, E. N. (2021). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Kolase Bahan Alam Pada Anak Kelompok A TK Kemala Bhayangkari 54 Ngawi. JJCE (Journal of Childhood Education), 5(1).

Bautista, A., Moreno-Núñez, A., Bull, R., Amsah, F., & Koh, S. F. (2018). Arts-related pedagogies in preschool education: An Asian perspective. Early Childhood Research Quarterly, 45. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2017.12.005

Brown, E. D., & Sax, K. L. (2013). Arts enrichment and preschool emotions for low-income children at risk. Early Childhood Research Quarterly, 28(2). https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2012.08.002

Brown, E. D., Blumenthal, M. A., & Allen, A. A. (2022). The sound of self-regulation: Music program relates to an advantage for children at risk. Early Childhood Research Quarterly, 60, 126-136. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2022.01.002

DA Santosa. (2019). Urgensi Pembelajaran Musik Bagi Anak Usia Dini Didik Ardi Santosa Progdi PG-PAUD Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas IVET. Journal of Chemical Information and Modeling, 26(1).

Dahlia Amalia, & Afifatu Rohmawati. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B Di PAUD Al-Madaniy Gondanglegi-Malang. Juraliansi: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.335

Dorlince, S., & Lady, E. (2015). Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Kecerdasan Visual- Spasial Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Masjid Agung Medan T.a. 2014/2015. Bunga Rampai Usia Emas, 1(1).

Fauzi, C., & Basikin. (2020). The Impact of the Whole Language Approach Towards Children Early Reading and Writing in English. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(1). https://doi.org/10.21009/JPUD.141.07

Fitria, E., Rachmi, T., & Widiasih, A. P. (2020). Penerapan Kegiatan Sentra Seni pada Pembelajaran di PAUD. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1). https://doi.org/10.31000/ceria.v12i1.2859

Fitroh, S. F., & Khasanah, S. M. (2016). Musik Sebagai Stimulus Pada Kecerdasan Emosi Anak (Studi Kasus TK A Di Kelompok Bermain Kasih Ibu). Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(1).

Greene, M. Lou, & Sawilowsky, S. (2018). Integrating the arts into head start classrooms produces positive impacts on kindergarten readiness. Early Childhood Research Quarterly, 45. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.01.003

Gufroni, U., & Setiawan, D. (2020). Development Of Montage-Based Learning Module For Drawing Imaginative Picture Lesson For Grade III Students. Elementary School Teacher, 3(1). https://doi.org/10.15294/est.v3i1.27918

Guler, A. (2012). Art for All Ages: A Lifelong Desire and Hard Work. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 51. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.08.172

Habibie, A. (2017). Pengenalan Aurat Bagi Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam. EARLY Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i2.115

Halimah, L. (2016). Musik Dalam Pembelajaran. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 2(2). https://doi.org/10.17509/eh.v2i2.2763

Hardiyanti, W. D. (2020). Aplikasi bermain berdasarkan kegiatan seni lukis untuk stimulasi kreativitas anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31664

Hasanah, A. (2019). Stimulasi Keterampilan Sosial Untuk Anak Usia Dini. Fascho : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(1).

Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2). https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291

Holili, H. (2018). Membangun Aktualiasi Pembelajaran dengan Teori Kecerdasan Majemuk. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 2(2). https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v2i2.3322

iis Suwanti, D. K. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Bernyanyi Terhadap Perilaku Cuci Tangan Yang Benar. Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan, 11(2).
https://doi.org/10.36474/caring.v3i1.124

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1). https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Karnida, Rodiana, D., & Komala. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi. Jurnal Ceria, 1(4). https://doi.org/10.22460/ceria.v1i4.p16-20

Kisida, B., Bowen, D. H., & Greene, J. P. (2018). Cultivating interest in art: Causal effects of arts exposure during early childhood. Early Childhood Research Quarterly, 45. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2017.12.003

Kusuma, T. C. (2015). Gambaran Tentang Peranan Kegiatan Bernyanyi Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Budi Mulia. Pesona PAUD, (1(1).

Lalely, T. A. (2017). Pengembangan Karakter Kreatif pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Tematik. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 22(2). https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1223

Lawson-Adams, J., Dickinson, D. K., & Donner, J. K. (2022). Sing it or speak it?: the effects of sung and rhythmically spoken songs on preschool children's word learning. Early Childhood Research Quarterly, 58. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.06.008

Lestari, A. A., Mulyana, E. H., & Muiz, D. A. (2020). Analisis Unsur Engineering Pada Pengembangan Pembelajaran STEAM Untuk Anak Usia Dini. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(4). https://doi.org/10.32832/jpg.v1i4.3555

Lukman Hamid, N. N. N. D. (2020). Efektivitas Metode gerak dan lagu untuk meningkatkan kecerdasan Kinestetik pada anak usia dini. Keislaman Dan Pendidikan, 1(1).

Macrides, E., Miliou, O., & Angeli, C. (2021). Programming in early childhood education: A systematic review. International Journal of Child-Computer Interaction. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2021.100396

Maimunah, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Nilai Moral Dan Sosial Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01). https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10508

Muhlisah, M., & Herlina, H. (2021). Peningkatan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Kolase Berbasis Saintifik Di TK Aisyiyah Kota Makassar. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.26858/tematik.v5i2.20289

Mukhlis, N. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1).

Musfiroh, T. (2014). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Hakikat Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelegences). Modul 1. Universitas Terbuka.

Ningrum, F. S., Safrina, R., & Sumadi, T. (2021). Peran Pembelajaran Musik melalui Project Based Learning terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1559

Nuraeni, N. (2014). Strategi Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(2). https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i2.1069

Rosmiati, A. (2014). Teknik Stimulasi dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Lirik Lagu Dolanan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 15(1). https://doi.org/10.24821/resital.v15i1.801

Sarasehan, Y., Buaraheng, S., & Wahyuni, I. W. (2020). Pengembangan Seni Rupa Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Media Playdough. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1). https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.13557

Sari, A. H. (2020). Studi Kasus Strategi Guru dalam Kegiatan Menggambar untuk Pengembangan Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.905

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1). https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161

Setiani, R. E. (2013). Memahami Pola Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(3). https://doi.org/10.24090/insania.v18i3.1472

Setiawan, A. (2017). Problematika Pembelajaran Seni Tari Di TK Candra Kirana Surabaya. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Setiawan, A. (2019). Mengembangkan Nilai Karakter dan Kemampuan 4C Anak Melalui Pendidikan Seni Tari di Masa Revolusi Industri 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(2). https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i2.2958

Setiawan, D., Saadah, S. N., Nugraheni, N., & Busyairi, A. (2021). The big book media drawing for third class elementary school. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management.

Sofiyanti, E. (2016). Peningkatan Kreativitas Bermain Musik Ansambel Dengan Metode Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Tindakan Kelas, 6(3).

Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. (2018). Optimalisasi Peran Orangtua Dalam Mengembangkan Potensi PAUD. ADIWIDYA, II(Nov).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2014). Penelitian Deskriptif Kualitatif. Tripven.

Supena, A., & Hasanah, U. (2020). Teaching Models For Children With Moderate Intellectual Disabilities During Covid-19 Pandemic. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 23(2). https://doi.org/10.24252/lp.2020v23n2i9.

Sutini, A. (2018). Pembelajaran Tari Bagi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10333

Ulfa, A. (2017). Studi Tentang Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 4(2).

Utomo, E & Haenilah, E, Y. (2019). Belajar Melalui Bermain Anak Usia Dini Meretas Pendidikan Berkelanjutan Untuk Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Trend, Issue, Dan Inovasi Pembelajaran Berbasis Sustainable Development, 1(1).

Wahyuningsih. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Melalui Bermain Alat Musik Perkusi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1).

Werdiningtiyas, R. K., & Rahayunita, C. I. (2017). Analisis pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di SDN Gadingkembar 2 Kecamatan Jabung Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 1(1).

Wicaksono, R. Y., & Utomo, U. (2017). Daya Tarik Lagu Bagi Anak Usia Dini : Studi Kasus di TK Pertiwi I Singodutan, Wonogiri. Jurnal Seni Musik, 6(2).

Widjanarko, P. (2016). Pendidikan Seni Bermain dan Bernyanyi Anak Usia Dini. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 1(1).

Wulandari, R. T. (2017). Pembelajaran Olah Gerak Dan Tari Sebagai Sarana Ekspresi Dan Apresiasi Seni Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan.

Yulianti, R. (2016). Pembelajaran tari kreatif untuk meningkatkan pemahaman cinta lingkungan pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1).

Yuningsih, C. R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Seni Rupa Anak Usia Dini Bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Sebelas April, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.