Pengembangan Media Video Pembelajaran Sentra Tema Alam Semesta Subtema Gejala Alam

Author


Siti Guspita Wati(1Mail), Ayu Mustika Sari(2), Agus Saputra(3), Estuhono Estuhono(4), Lika Apreasta(5), Rahmadani Rahmadani(6),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia(3)
Pendidikan Fisika, Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dharmas Indonesia, Indonesia(6)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2022-04-01

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 942 times PDF Downloaded: 407 times

Abstract


Materi pembelajaran dengan tema gejala alam menjadi problem guru karena materi yang disampaikan bersifat abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media video pembelajaran sentra, serta menghasilkan media video pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan kuesioner. Prosedur pengembangan ini mengacu pada pengembangan model ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa uji validitas oleh 3 orang expert dikategorikan sangat valid, uji praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru dikategorikan sangat praktis, sedangkan efektifitas dilakukan oleh 7 orang anak dengan kategori efektif dan 2 orang anak dengan kategori tidak efektif. Media video pembelajaran dapat dijadikan sebagai bentuk alternatif bagi guru dalam penggunaan media belajar. Media video pembelajaran dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi. Selain itu, media video pembelajaran yang dikembangkan didesain secara menarik dan menyenangkan supaya anak mudah mengingat materi pembelajaran


Keywords


media video; media pembelajaran; anak usia dini

References


Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319

Ardipal, A. (2021). Pemanfaatan Lagu Anak-Anak Sebagai Media Pengembangan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Paud Cahaya Hati Kabupaten Solok Selatan. Imaji, 18(2), 30037. https://doi.org/10.21831/imaji.v18i2.30037

Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). "Kebun Buah" Learning Media for Early Childhood Counting Ability Despa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128

Ekyana, L., Fauziddin, M., & Arifiyanti, N. (2021). Parents' Perception: Early Childhood Social Behaviour During Physical Distancing in the Covid-19 Pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 258-280. https://doi.org/10.21009/JPUD.152.04

Guerra, P., & Figueroa, I. (2018). Action-research and early childhood teachers in Chile: analysis of a teacher professional development experience. Early Years, 38(4), 396-410. https://doi.org/10.1080/09575146.2017.1288088

Iswanto, D., & Sukamto, A. S. (2016). Rancang Bangun Game Edukasi Hero of Borneo Berbasis Android. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), 1(1).

Juannita, E., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. 6(4), 3300-3313. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2198

Katitia, D. M. O. (2015). Teacher Education Preparation Program for the 21st Century. Which Way Forward for Kenya?. Journal of Education and Practice, 6(24), 57-64.

Kuss, D. J., Griffiths, M. D., Binder, J. F., & Street, B. (2013). Metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. 1-19. https://doi.org/10.1016/S0924-9338(13)75828-0

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 1(1), 28-43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Lee, K. W., & James, C. C. (2018). Exploring a Transformative Teacher Professional Development Model to Engender Technology Integration in the 21st Century ESL Language Classrooms. International Journal of Computer-Assisted Language Learning and Teaching, 8(4), 13-31. https://doi.org/10.4018/IJCALLT.2018100102

Munawaroh, H., Widiyani, A. Y. E., & Muntaqo, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Alam Semesta pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1164-1172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.619

Nama, G. F., Pamungkas, A. D., Septama, H. D., & Mardina. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Koleksi Permainan Aksara Lampung ( Koper Apung ) Berbasis Android Menggunakan Design and Development of Educatinal Game " Koleksi Permainan Aksara Lampung ( Koper Apung )" Based on Android Using Scrum. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(4). https://doi.org/10.25126/jtiik.2019641096

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570-3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Purnomo, A., Hartono, R., Hartatik, H., Riasti, B. K., & Hidayah, I. N. (2016). Pengembangan Aplikasi Info Lagu Nusantara Berbasis Android Untuk Melestarikan Warisan Budaya Indonesia. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 527. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.764

Sari, N. E., & Suryana, D. (2019). Thematic Pop-Up Book as a Learning Media for Early Childhood Language Development. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 43-57. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPUD.131.04

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900-908. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601

Yuniarni, D. (2012). Character Education in Early Childhood. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(1), 29-42. https://doi.org/10.26418/jvip.v7i1.333

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331

Zatulifa, M., Riswandi, Fitriawan, H., & Akla. (2018). Application Based Android As A Development Of English Learning Media. IOSR Journal of Research & Method in Education, 8(4), 66-72.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.