Perilaku Religius Anak Usia 5-6 Tahun pada PAUD Model Karakter

Ifina Trimuliana(1Mail), Nurbiana Dhieni(2), Hapidin Hapidin(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 ifina trimuliana, ifina trimuliana

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.251

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-07-24
Published : 2019-08-21

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku religius, proses terbentuknya perilaku religius dan peran lingkungan dalam membentuk perilaku religius anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Ar-rahman Motik Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menemukan bahwa bentuk perilaku religius anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Ar-rahman Motik  Jakarta adalah anak  terbiasa mengucap dan membalas salam, anak hafal doa dan surat-surat pendek, hafalan bacaan serta gerakan sholat, berinfaq, berbagi sesama teman, mendokan kedua orang tua dan sesama muslim


Keywords


perilaku religius; pendidikan karakter; anak usia dini

References


Brainerd, E., & Menon, N. (2019). Religion and Health in Early Childhood : Evidence from South Asia Religion and Health in Early Childhood : Evidence. 41(3), 439–463.

Fadlillah, M. (2016). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Gunawan, R. (2017). The Role of Character Education for Early Children in Early Childhood Education Programs in Happy Kids Bogor Indonesia. 66(Yicemap), 23–26.

Hasanah, F. (2018). Implementation Of Islamic Religious Education Through Cultivating Religious Culture in SMP 21 Malang City. 6(2), 273–292.

Hemming, P. J. (n.d.). Childhood , Youth , and Religious Identity : Mapping the Terrain. 1–18. https://doi.org/10.1007/978-981-4585-91-0

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106

Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126

Kuswardani, H. (2015). Karakter Religius Anak Di Daerah Pesisir.

Morisson. (2016). Pendidkan Anak Usia Dini Saat Ini. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mubasyaroh, M. (2016). Model of Religious Study and Moral Values in TK Putra Harapan Nalumsari Jepara. Ta’dib, 21(2), 191. https://doi.org/10.19109/td.v21i2.1029

Mulyasa. (2014). Manajemen Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mutakin, T. Z., & Rusmana, I. M. (2014). Kota Tangsel memiliki motto. 1(3), 361–373.

Nadlifah. (2015). Revitalisasi Pendidikan Karakter Di Paud Terpadu Aisyiah Nur’aini Yogyakarta. 1(2).

Nashikhah, M. (2016). Peranan Soft Skill Dalam Menumbuhkan Karakter Anak TPA Ma ’ rifatun Nashikhah. 01(1), 33–39.

Nurhalim, K., & Artikel, I. (2017). Pola Penanaman Nilai Nilai Moral Religius di TK It Arofahh 3 Bade Klego Boyolali. 3(1), 53–59.

Rosmiati, A. (2014). Teknik Stimulasi dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Lirik Lagu Dolanan. 15(1), 71–82.

Sabi’ati, A. (2016). Membangun Karakter AUD Dalam Pembangunan Nilai Agama Dan Moral di RA Masyithoh Pabelan Kabupaten Semarang. 2(1), 1–14.

Shoshani, A. (2018). Young children ’ s character strengths and emotional well-being : Development of the Character Strengths Inventory for Early Childhood. The Journal of Positive Psychology, 9760(January), 1–17. https://doi.org/10.1080/17439760.2018.1424925

Yin, R. K. (2014). Case Study Research: Design and Methods (5th ed.). USA: SAGE


Article Metrics

 Abstract Views : 133 times
 PDF Downloaded : 80 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.