Pengaruh Perilaku Over Protective Orang Tua Terhadap Kemampuan Penyesuaian Diri Anak

Author


Sutafti Sutafti(1Mail), Harun Al Rasyid(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 296KB]  Language: id
Published : 2022-04-15
Copyright (c) 2022 Sutafti Sutafti

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 719 times PDF Downloaded: 241 times

Abstract


Kemampuan penyesuaian diri anak sejak usia dini perlu dikembangkan agar anak memiliki kemandirian. Oleh karena itu, orang tua diharapkan tidak berperilaku over protective kepada anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahuan dan menganalisis pengaruh perilaku over perotective orang tua terhadap kemampuan penyesuaian diri anak. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel penelitian sebanyak 72 orang tua siswa kelompok B TK ABA Kebondalem Lor Prambanan Klaten. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, sehingga semua siswa dijadikan sampel penelitian Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perilaku over protective orang tua berpengaruh signifikan terhadap kemampuan penyesuaian diri anak, yang dibuktikan oleh hasil uji t sebesar -6,481 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 (tingkat kesalahan 5%).


Keywords


perilaku over protective orang tua; kemampuan penyesuaian diri anak; anak usia dini

References


Agustiani, H. (2016). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Refika Aditama.

Amin, M., Kristiana, D., dan Fadlillah, M. (2021). Pengaruh Kelekatan Aman Anak pada Ibu terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 127-134. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.504

Andriyani, J. (2016). Korelasi Peran Keluarga Terhadap Penyesuaian Diri Remaja. Jurnal Al-Bayan, 22(34), 43-52.

Ardiyana, R. D., dan Akbar, Z. (2019). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Intrinsik dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 494-505. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.253

Arifiyanti, N. (2019). Relationship between Authoritative Parenting Style and Preschool ' s Prosocial Behavior. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 311-319. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.166

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan. Remaja rosdakarya.

Fono, Y. M., Fridani, L., dan Meilani, S. M. (2019). Kemandirian dan Kedisplinan Anak yang Diasuh oleh Orangtua Pengganti. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 537-547. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.245

Hadi, S. (2016). Statistik. ANDI Yogyakarta.

Harlina, D., Novitasari, V., Sari, M. N., Aziz, R. A. M., dan Rianti, E. (2017). Sikap Over Protective Orangtua Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Penelitian Guru Indonesia - JPGI, 2(2), 1-8.

Kartono, K. (2015). Psikologi Remaja. Mandar Maju.

Khasanah, B. L., dan Fauziah, P. (2021). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909-922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627

Kusumawardani, C. T., dan Fauziah, P. (2021). Pola Asuh Orangtua Tentara Nasional Indonesia pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1024-1034. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.620

Latan, H., & Temalagi, S. (2013). Analisis multivariate. Alfabeta.

Mardliyah, S., Yulianingsih, W., Surya, L., dan Putri, R. (2021). Sekolah Keluarga : Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576-590. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665

Nuraeni, L., dan Nurunnisa, R. (2020). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20-29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Prastowo, Y. S. T. (2018). Hubungan Antara Perilaku Over Protective Orang Tua Terhadap Penyesuaian Diri Remaja. Fakultas Psikologi, Universitas Widya Dharma Klaten, 1-8.

Primayana, K. H., Yulia, P., dan Dewi, A. (2021). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Intensitas Penggunaan Gawai pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 710-718. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.697

Purnama, S., dan Hidayati, L. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Hikayat Indraputra. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 520-542. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.391

Ramadhani, P. R., dan Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1011-1020. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502

Rohita. (2021). Pengenalan Covid-19 pada Anak Usia Prasekolah : Analisis pada Pelaksanaan Peran Orangtua di Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 315-326. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.528

Sobur, A. (2013). Psikologi Umum Dalam Lintas Sejarah. Pustaka Setia.

Soenarto, dan Hartono, A. (2015). Perkembangan Peserta Didik. Rineka Cipta.

Sofiani, I. K., dan Sumarni, T. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766-777. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.

Sukamto, R. N., dan Fauziah, P. (2021). Identifikasi Pola Asuh Orangtua di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 923-930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.638

Susanti, A., dan Widuri, E. L. (2013). Penyesuaian Diri pada Anak Taman Kanak-Kanak. Empathy, Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1), 16-30.

Utami, F., dan Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777-1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985

Wulandari, A., dan Suparno. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 862-872. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448

Yusuf, S. (2019). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. R. Rosdakarya.

Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam perpektif Teori dan Praktik. UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.