Author
Dara Gebrina Rezieka(1), Erni Munastiwi(2), Na’imah Na’imah(3), Asyiful Munar(4), Aknes Aulia(5), Abda Billa Faza Muhammadkan Bastian(6),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(4)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(5)
Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin, Indonesia(6) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 541KB]
Published : 2022-05-07
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 1483 times PDF Downloaded: 1554 timesAbstract
Proses pengembangan diri anak harus mendapat perhatian khusus untuk dikembangkan. Salah satunya perkembangan motorik halus anak. Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan motorik halus pada anak usia dini melalui kegiatan mozaik. Melalui metode deskriptif kualitatif peneliti ingin menganalisis secara induktif tentang dilakukan motorik halus pada anak usia dini dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara untuk menemukan temuan akhir hasil penelitian yang bermakna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan tiga rangkaian kegiatan mozaik, secara bertahap keseluruhan anak usia dini mampu menggunakan jari jemarinya dengan terampil. Intruksi kognitif anak mampu direfleksikan melalui fungsi jari jemari anak, yang menunjukkan peningkatan motorik halus. Peningkatan motorik halus juga ditunjukkan pada kemampuan otot-otot kecil yang mampu menggerak dan mengolah benda-benda kecil. Meskipun, jari jemari yang paling meningkat adalah ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah
Keywords
References
Bhatia, P., Davis, A., & Shamas-Brandt, E. (2015). Educational Gymnastics: The Effectiveness of Montessori Practical Life Activities in Developing Fine Motor Skills in Kindergartners. Early Education and Development, 26(4), 594-607. https://doi.org/10.1080/10409289.2015.995454
Claudia, S., Widiastuti, A. A., & Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years Old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 143-148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.97
Darmiatun, S., & Mayar, F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1), 247-257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327
Dea Hasna, K. (2021). Analisis Kemampuan Motorik Halus pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 173. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1259
Elihami, E., & Suparman, S. (2019). Improving the Skills of Children Mozaik Through Meronce in Medina. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 29-32.
Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 23-31. https://doi.org/10.24903/jw.v5i1.427
Fauziddin, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik Pada Anak Kekompok B DI TK Perdana Bangkinang Kota. Journal of Studies in Early Childhood Education, 1-12. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.581
Fitriyah, Q. F., Purnama, S., Febrianta, Y., Suismanto, S., & 'Aziz, H. (2021). Pengembangan Media Busy Book dalam Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 719-727. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.789
Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2022). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 56-70. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205
Juli Maini Sitepu, S. R. J. (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik Di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, Vol 8, No. https://doi.org/10.30596/intiqad.v8i2.729
Kadkhodayan, A., Jiang, X., & Menon, C. (2016). Continuous Prediction of Finger Movements Using Force Myography. Journal of Medical and Biological Engineering, 36(4), 594-604. https://doi.org/10.1007/s40846-016-0151-y
Kuraedah, S., & Anhusadar, L. O. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 211-223. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299
Mardiana, M., & Ilyas, S. N. (2021). Pengaruh Kegiatan Bermain Kreasi Mozaik Dengan Wallpaper Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 53-61.
Maulaya, A. Q., & Nurmala, S. (2021). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus pada Anak Melalui Metode Mewarnai dan Kolase di Rw.15 Kelurahan Margasari. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(34), 70–77. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/489
Munar, A., Hibana, H., & Surahman, S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 1-9. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10691
Nur Asia Rahim, Muhammad Akil Musi, R. (2020). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Nusa Makassar. Tematik: Pemikiran Dan Penelitian Anak Usia Dini, 6(April), 16.
https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14434
Nurkamelia. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini ( Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ) STPPA Tercapai di RA. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112-136. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064
Nurwita, S. (2019). Pemanfaatan Media Puzzle dalam Mengembangkan Motorik Halus di PAUD Aiza di Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 803-810.
Pabunga, D. B., & , Afifah Nur Hidayah, W. O. R. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menempel Menggunakan Serbuk Bahan Alam di Kelompok B TK Islam Syaidul Muslimin Kendari. Jurnal Smart PAUD, 2(1). https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5923
Pitaloka, V., Ineu, N., Umar, U. (2015). Pengembangan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui balls, Melody. 5(2), 81-88.
Putra, M. R. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Me-Lalui Kegiatan Menggunting Terbimbing di PAUD Al Fatih Kota Lubuklinggau Tahun 2017. JURNAL AUDI : Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 2(1), 50–55. https://doi.org/10.33061/ad.v2i1.1686
Qomariah, Leny Marlina, L. O. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mozaik Pada Siswa Kelompok B. JECE (Journal of Early Childhood Education), 2(1), 37-48. https://doi.org/10.15408/jece.v2i1.14336
Rahim, N. A., Musi, M. A., & Rusmayadi, R. (2020). Pengaruh Kegiatan Mozaik terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak pada Kelompok B Taman Kanak-kanak Nusa Makassar. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).
https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14434
Rohmah, S. K., & Gading, I. K. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Bermain Plastisin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1). https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.15740
Sari, I. O. A., & Hafidh 'Aziz. (2018). Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan 3M (Mewarnai, Menggunting, Menempel) dengan Metode Demonstrasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 191-204. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-05
Sari, S. K., & Ismet, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Gambar Cetak Geometri Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(1), 151. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.275
Windawati, E. ., Kustiawan, U. ., & Astuti, W. . (2021). Analisis Kegiatan Stimulasi Motorik Kasar untuk Anak Usia 5-6 Tahun pada Film Upin Ipin. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(7), 535–543. https://doi.org/10.17977/um065v1i72021p535-543
Sidabutar, R. R., & Siahaan, H. (2019). Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Media Daun dalam Kegiatan Pembelajaran. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 39-47. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i1.930
Sitepu, J. M., & Janita, S. R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik Di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 73-83. https://doi.org/10.30596/intiqad.v8i2.729
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukmawati, A., Rahman, T., & Giyartini, R. (2021). Media mozaik Untuk Memfasilitasi Asilitasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Agepedia, 5(2), 246-252.
Wahyudi, I. N., & Nurjaman, I. (2018). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun. Ceria : Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Din 7(2). https://doi.org/10.31000/ceria.v7i1.560
Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347
Yunita, A., Fatimah, A., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menganyam. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 5-6.
Refbacks
- There are currently no refbacks.