Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan

Author


Yenda Puspita(1Mail), Farida Hanum(2), Arif Rohman(3), Fitriana Fitriana(4), Yundri Akhyar(5),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah, Indonesia(4)
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 259KB]  Language: id
Published : 2022-07-06
Copyright (c) 2022 yenda Yenda Puspita, farida farida hanum, Arif arifrohman, fitriana ana, Yundri Akhyar Akhyar

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 171 times PDF Downloaded: 74 times

Abstract


Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa pada anak, yaitu; orang tua, lingkungan, teman sebaya, dan aktivitas komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisa terhadap pemerolehan bahasa anak usia 2 tahun 5 bulan dalam aspek sintaksis dan pembentukan bentuk-bentuk kalimat. Menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara dengan teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode padan referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa anak 2 tahun 5 bulan dari lingkungan keluarga berupa kalimat deklaratif yang digunakan untuk menyampaikan berita faktual. Jenis kalimat yang diungkapkan berupa penjelasan pada lawan bicara. Ada banyak variasi pola kalimat dan ada pula bahasa fungsional yang diekspresikan tanpa pola yang jelas. Ini artinya bahwa perkembangan bahasa anak usia dini sangat dipengaruhi oleh lingkungan, terutama lingkungan keluarga dan kerabat terdekat, yaitu orang tua dan saudara-saudara serta dukungan terhadap bahasa.


Keywords


pemerolehan bahasa; bahasa pertama; sintaksis

References


Adelia Hardini dan Tri Suminar. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (Studi kasus di kelompok bermain pelangi bangsa pemalang). Junal Untirta, 3(1). https://doi.org/10.30870/e-plus.v3i1.3511

Assingkily, M. S., & Hardiyati, M. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2), 19-31. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5210

Azzahroh, P., Sari, R. J., & Lubis, R. (2021). Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini di Wilayah Puskesmas Kunciran Kota Tangerang Tahun 2020. Journal for Quality in Women's Health, 4(1), 46-55. https://jqwh.org/index.php/JQWH/article/view/104

Chairunnisa, C. (2018). Pemerolehan Bahasa Pada Bayi Dan Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 125-137. https://doi.org/10.17509/cd.v9i2.13964

Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik. Lentera, XVIII(1), 63-75.

Hastuti, E. W., & Kusumaningtyas, L. E. (2018). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Pesan Berantai. Jurnal Audi, 2(2), 91-97. https://doi.org/10.33061/ad.v2i2.1974

Hinestroza, D. (2018). Kidung Interaktif" Transmisi Nilai-Nilai Budaya Bali Dalam Ranah Modern: Studi Seni Magegitan Lewat Radio Di Buleleng. Jurnal IKADBUDI, 7, 1-25.

Kurniasari, A. D., Nasucha, Y., Al-Ma'ruf, A. I., & Sabardila, A. (2021a). Pemerolehan Bentuk Bahasa Anak di Lingkungan Keluarga Terdidik Perkotaan. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 73-82. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.28293

Kurniasari, A. D., Nasucha, Y., Al-Ma'ruf, A. I., & Sabardila, A. (2021b). Pemerolehan Bentuk Bahasa Anak Di Lingkungan Keluarga Terdidik Perkotaan. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 73-82. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.28293

Kusuma, A. B. (2018). Pemerolehan Bahasa Pertama Sebagai Dasar Pembelajaran Bahasa Kedua (Kajian Psikolinguistik). Al-Manar, 5(2). https://doi.org/10.36668/jal.v5i2.10

Leo, A. (2021). Model Integratif Stres Keluarga yang Mendasari Perkembangan Kosakata Bahasa Spanyol dan Inggris pada Anak-anak Amerika Meksiko: Efek Unik dari Kesulitan Keuangan dan Sosial Budaya. ERIC, v57 n11.

Lexi, J., & M.A., M. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin, 54-68.

Ma, W., Zhou, P., Golinkoff, R. M., Lee, J., & Hirsh-Pasek, K. (2019). Syntactic cues to the noun and verb distinction in Mandarin child-directed speech. First Language, 39(4), 433-461. https://doi.org/10.1177/0142723719845175

Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum, 1(2), 41-52. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4

Mohammed, A. A. (2019). International Journal of Education and Social Science Research. International Journal of Education and Social Science Research, 2(05), 35-47.

Noorman Haryadi, R. (2020). Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris SMA. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 1(2), 14-30. https://doi.org/10.51805/jmbk.v1i2.15

Nugraheni, L., & Ahsin, M. N. (2021). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini di Desa Hadiwarno Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 375-381. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1025

Nur Tanfidiyah, & Ferdian Utama. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9-18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02

Papalia, D. E., & Feldman, R. D. (2017). Menyelami Perkembangan Manusia Buku 2.

Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134-2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121

Rosi Wulandari, G. (2020). Pemerolehan Bahasa: Kajian Aspek Fonologi Pada Anak Usia 2-2,3 Tahun. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 129-136. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5084

Salnita, Y. E. A. A. (2019). Language Acquisition for Early Childhood Language Acquisition for Early Childhood. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31227/osf.io/brekw

Sari, S. amelia. (2017). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Studi Pendidikan Dan Keislaman, 549(01), 40-42.

Solehan. (2011). Pendidikan bahasa Indonesia. Universitas & Terbuka (eds.).

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta

Sundari, H., & Febriyanti, R. H. (2020). Syntactical Development on Second Language Writing: A Case of L2 Child Learner on Immersion Experience Abroad. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 4(2), 245. https://doi.org/10.21093/ijeltal.v4i2.469

Wilian, S. (2010). Pemertahanan Bahasa Dan Kestabilan Kedwibahasaan Pada Penutur Bahasa Sasak Di Lombok. Linguistik Indonesia, 1, 23-39.

Yogatama, A. (2011). Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 3 Tahun Ditinjau Dari Sudut Pandang Morfosintaksis. Jurnal Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusatraan, Dan Budaya, 1(1), 67-77.

Yusuf‎, E. B. (2016). Perkembangan dan Pemerolehan Bahasa Anak‎. Yin Yang: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 11(01), 50. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/yinyang/article/view/826

Zhang, D., Wang, Z., & Elliott, R. (2018). A case study of the sentence final particle "BA" 's pragmatic functions in chinese-speaking children. Southeast Asia Early Childhood Journal, 7, 60-77. https://doi.org/10.37134/saecj.vol7.7.2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.