Studi Eksplorasi Bentuk-Bentuk Gejala Disleksia pada Anak

Author


Laili Etika Rahmawati(1Mail), Eko Purnomo(2), Dani Anwar Hadi(3), Murfiah Dewi Wulandari(4), Arif Wiyat Purnanto(5),
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 272KB]  Language: id
Published : 2022-03-27
Copyright (c) 2022 Laili Etika Rahmawati, Eko Purnomo, Dani Anwar Hadi, Murfiah Dewi Wulandari, Arif Wiyat Purnanto

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 805 times PDF Downloaded: 434 times

Abstract


Anak-anak bergejala disleksia perlu diidentifikasi sedini mungkin, gejala-gejala yang dimilikinya harus diketahui sejak dini supaya tidak berdampak buruk pada perkembangan sosial dan emosionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi eksplorasi bentuk-bentuk gejala disleksia pada anak SD kelas awal. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah dasar yang berada di wilayah Kabupaten Karanganyar (Sekolah X), Kabupaten Sukoharjo (Sekolah Y), dan Kota Surakarta (Sekolah Z). Objek dalam penelitian ini sebanyak 120 siswa kelas awal dan 12 guru pendamping beserta kepala sekolah. Berdasarkan objek yang dipilih ditemukan 9 siswa yang bergejala disleksia. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dilanjutkan dengan studi terpumpun.  Instrumen penelitian ini menggunakan pertanyaan yang diadaptasi dari Thompson (2010). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Dari hasil penelitian, ditemukan gejala disleksia terkait perilaku, membaca, mengeja, tulisan tangan, teknik penulisan, dan pemahaman tanda baca yang keseluruhannya siswa bergejala disleksia memiliki hambatan perihal kemampuan membaca, menulis, dan mengeja.  


Keywords


gejala; disleksia; membaca

References


Aryani, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1128-1137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.645

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33

Casalis, S. (2014). Written spelling in French children with dyslexia. In B. Arfe, J. Dockrell, & V. Berninger (Eds.), Writing development and instruction in children with hearing, speech and oral difficulties (pp. 201- 213). NY: Oxford University Press.
https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780199827282.003.0015

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. United States of America.

De Beer, J., Engels, J., Heerkens, Y., & van der Klink, J. (2014). Factors influencing work participation of adults with developmental dyslexia: A systemic review. BMC Public Health, 14(77), 1-22. https://doi.org/10.1186/1471-2458-14-77

Dewi, Kristiantini, (2015) DISLEKSIA. In: Proseding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia.

Flick, U., Steinke, I., & Kardoff, E. (2017). Buku Induk Penelitian Kualitatif, Paradigma, Teori, Metode, Prosedur, dan Praktik. Cantrik Pustaka.

Habibi, M. (2015). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish.

Haifa, N., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Pengenalan Ciri Anak Pengidap Disleksia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 21-32.

Hermijanto, Olivia Bobby., dan Vica Valentina. (2016). Disleksia: Bukan Bodoh, Bukan Malas, Tetapi Berbakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hidayah, R. (2010). Kemampuan Baca-Tulis Siswa Disleksia. Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Fakultas Humaniora Dan Budaya UIN Malang, 7(1), 34. https://doi.org/10.18860/ling.v4i1.586

Idris, R. (2017). Mengatasi kesulitan belajar dengan pendekatan psikologi kognitif. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(2), 152-172.
https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a3

Irdamurni, I., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., & Taufan, J. (2018). Meningkatkan Kemampuan Guru pada Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 29-32. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.516

Jamshed, S. (2014). Qualitative research method-interviewing and observation. Journal of Basic and Clinical Pharmacy, 5(4), 87. https://doi.org/10.4103/0976-0105.141942

Kurnia, R., Guslinda, G., & Safriyanti, M. (2020). Meningkatkan Perkembangan Membaca Melalui Buku Cerita Rakyat Melayu pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 803-812. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.457

Lidwina, S. (2012). Disleksia berpengaruh pada kemampuan membaca dan menulis. JURNAL STIE SEMARANG (EDISI ELEKTRONIK), 4(3), 09-18.

Lindgren, M., Jensen, J., Dalteg, A., Meurling, A. W., Ingvar, D. H., & Levander, S. (2010). Dyslexia and AD/HD among Swedish prison inmates. Journal of Scandinavian Studies in Criminology and Crime Prevention, 3(1), 84-95. https://doi.org/10.1080/140438502762467227

Livingston, E. M., Siegel, L. S., & Ribary, U. (2018). Developmental dyslexia: Emotional impact and consequences. Australian Journal of Learning Difficulties, 23(2), 107-135.
https://doi.org/10.1080/19404158.2018.1479975

Loeziana, L. (2017). Urgensi Mengenal Ciri Disleksia. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 42-58.

MacCullagh, L., Bosanquet, A., & Badcock, N. A. (2017). University students with dyslexia: A qualitative exploratory study of learning practices, challenges and strategies. Dyslexia, 23(1), 3-23. https://doi.org/10.1002/dys.1544

Mahsun. (2019). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2022). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779-792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361

Martanti, F. (2018). Metode Struktural Analitik Sintetik dalam Pembelajaran Anak Disleksia. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 17-28. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.127

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook Edition 3. United States of America. https://doi.org/10.1192/bjp.111.479.1009-a

Moelong, Lexy. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muniksu, I. M. S., & Muliani, N. M. (2021). Mengenal Siswa Disleksia Sejak Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 24-33. https://doi.org/10.25078/aw.v6i1.2083

Plisson, A., Daigle, D., & Montésinos-Gelet, I. (2013). The spelling skills of French-speaking dyslexic children. [article]. Dyslexia (10769242), 19(2), 76-91. https://doi.org/10.1002/dys.1454

Quémart, P., & Casalis, S. (2017). Morphology and spelling in French students with dyslexia: the case of silent final letters. Annals of dyslexia, 67(1), 85-98.
https://doi.org/10.1007/s11881-016-0133-3

Rahim, Farida. (2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmatika, P., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 548-560.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.260

Rofiah, N. H. (2015). Proses identifikasi: Mengenal anak kesulitan belajar tipe disleksia bagi guru sekolah dasar inklusi. INKLUSI Journal of Disability Studies, 2(1), 109-124.
https://doi.org/10.14421/ijds.020110

Saadah, Varia Nihayatus dan Nurul Hidayah. (2013). "Pengaruh Permainan Scrabble Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Disleksia". Jurnal Fakultas Psikologi, 1(1), 39-52. https://www.neliti.com/publications/241886/pengaruh-permainan-scrabble-terhadap-peningkatan-kemampuan-membaca-anak-disleksi

Samsudin. (2019). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kepribadian Di Era Disrupsi. STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi, 30(01), 148-165.
https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i1.666

Snowling, M. J., Hulme, C., & Nation, K. (2020). Defining and Understanding Dyslexia: Past, Present and Future. Oxford Review of Education, 46(4), 501-513.
https://doi.org/10.1080/03054985.2020.1765756

Snowling, Margaret J.; Hulme, Charles; Nation, Kate (2020). Defining and understanding dyslexia: past, present and future. Oxford Review of Education, 46(4), 501-513. https://doi.org/10.1080/03054985.2020.1765756

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabetas.

Supena, A., & Muawwanah, U. (2021). Penggunaan Kartu Huruf sebagai Media Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 98-104.
https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.120

Syahroni, Iza., Wasilatur, R., dan Eva Latipah. (2021). Ciri-Ciri Disleksia Pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 8(2), 62-77. https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1326

Thackray, D., & Roberts, L. (2017). Exploring the clinical decision-making used by experienced cardiorespiratory physiotherapists: A mixed method qualitative design of simulation, video recording and think aloud techniques. Nurse Education Today, 49, 96-105.
https://doi.org/10.1016/j.nedt.2016.11.003

Widodo, A., Indraswati, D., & Royana, A. (2020). Analisis penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di sekolsh dasar. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan KeIslaman, 11(1), 1-21. https://doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3457

Widyorini, Endang., dan Julia, M. T. (2017). Disleksia Deteksi Diagnosis Penanganan di Sekolah dan di Rumah. Jakarta: Prenada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.